spot_img
Latest Phone

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...
Beranda blog Halaman 107

Kesan Pertama Peminat Teknologi untuk Galaxy S25 Series, Paling Lengkap!

0

Telko.id – Samsung baru saja memperkenalkan Galaxy S25 Series dalam ajang Galaxy Unpacked 2025 di San Jose, California, Amerika Serikat, tidak hanya hadir dengan desain premium, Galaxy S25 Series membawa terobosan besar melalui fitur Galaxy AI yang semakin canggih.

Hal ini memberikan kesan pertama yang luar biasa bagi para peminat teknologi dunia, termasuk Dedy Irvan dari Jagat Review dan Malvin Nathaniel dari Best Indo Tech yang telah mengikuti perkembangan seri Galaxy Samsung dan juga Galaxy AI.

“Menghadirkan inovasi AI yang memahami kebutuhan pengguna secara real-time adalah cara Samsung untuk memberikan pengalaman teknologi yang lebih bermakna dan relevan bagi kehidupan sehari-hari,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Menurut Ilham, dengan Galaxy AI terbaru, pengguna dapat menikmati kemampuan personalisasi yang lebih mendalam, termasuk fitur kamera canggih yang mampu mengoptimalkan setiap momen, baik siang maupun malam, hanya dengan satu sentuhan.

Baca juga : Samsung Galaxy S25 Series, Hadirkan Standar Smartphone AI Sejati

Lantas, seperti apa first impression Dedy dan Malvin terhadap Galaxy S25 Series? Simak penuturannya berikut ini:

Galaxy AI Mengerti kamu Lebih dari Sebelumnya

Galaxy S25 Series menghadirkan pengalaman AI revolusioner yang tidak sekadar merespons perintah. Dengan Galaxy AI terbarukan yang lebih canggih dan intuitif, Galaxy S25 Series kini semakin cerdas dalam memahami kebutuhan pengguna sehingga dapat memberikan solusi yang tepat secara instan.

Keunggulan ini salah satunya terbukti dari fitur AI Select dan Audio Eraser yang benar-benar menyempurnakan pengalaman pengguna dalam memanfaatkan mobile AI, baik saat menjalani kegiatan sehari-hari maupun ketika traveling.

Hal ini pun diungkapkan Malvin dalam video Best Indo Tech, menyoroti bagaimana peningkatan fitur Galaxy AI pada Galaxy S25 Series.

Peningkatan fitur Galaxy AI, salah satunya AI Select yang semakin memenuhi kebutuhan pengguna

“AI Select bener-bener bikin hidup lebih praktis. Misalnya, pas kita buka kulkas dan fotoin isinya, AI langsung kasih rekomendasi masakan yang bisa kita buat. Kalau lagi malas mikir, tinggal tanya aja ke AI, langsung dapet resep step-by-step yang menggunakan bahan yang ada di kulkas,” ujar Malvin.

“Terus, waktu itu gue foto tiket konser, AI bisa cek lokasi dan jamnya, bahkan langsung masukin ke kalender atau aplikasi lain kayak Google Maps. Ini bener-bener efisien buat atur kegiatan kita,” kata Malvin menambahkan.

Kehadiran fitur Audio Eraser, yang memudahkan para kreator konten mengurangi suara bising

Sementara Audio Eraser juga mengesankan dengan kemampuannya membedakan elemen-elemen suara dalam rekaman. “Misalnya nih gue coba fitur ini saat di kafe, dengan Audio Eraser bisa mengurangi suara bising seperti orang ngobrol atau musik tanpa mengurangi kualitas suara yang ingin didengar. Untuk content creator, fitur ini pasti sangat berguna,” tambahnya.

Revolusi Kamera dengan Galaxy S25 Ultra: Lebih Luas, Lebih Detail, Lebih Sinematik

Galaxy S25 Ultra menghadirkan peningkatan revolusioner di bidang fotografi dan videografi, dirancang untuk memenuhi kebutuhan kreator yang menginginkan hasil visual sempurna.

Dengan lensa Ultra-Wide 50 MP, fitur Galaxy Log terbaru, dan juga Virtual Aperture dan Clean Nightography Video yang ditingkatkan, Galaxy S25 Ultra menawarkan pengalaman kreatif yang tak tertandingi, mulai dari memotret lanskap hingga menghasilkan video sinematik.

Peningkatan kamera pada Galaxy S25 Ultra, khususnya untuk video Nightography

Dedy Irvan dalam video JagatReview, menyoroti bagaimana peningkatan fitur kamera pada Galaxy S25 Ultra, “sekarang Galaxy S25 Series sudah upgrade lensa Ultra-wide menggunakan sensor 50MP, yang sebelumnya bertahun-tahun di 12MP.

Ini sebenarnya sesuatu yang kita tunggu-tunggu. Dengan f/1.9, yang akhirnya bikin perekaman video Ultra-wide, Wide, dan Tele 5x, bisa mencapai 8K 30fps.”

Galaxy S25 Ultra semakin sempurna dengan fitur Nightography Video yang membuat perekaman bisa 4x lebih kaya informasi berkat 10 bit HDR, dan menghasilkan video yang lebih terang dalam kondisi minim cahaya, namun tetap jernih dan penuh warna.

Serta Virtual Aperture untuk kontrol kreatif pada efek bokeh dengan hasil yang detail berkat model RAW yang dihasilkannya.

Selain itu, keunggulan terbaru adalah Galaxy Log yang dirancang untuk para kreator video. Fitur ini memungkinkan pengguna merekam dengan rentang dinamis tinggi dan fleksibilitas warna, memberikan hasil video raw yang ideal untuk proses editing profesional.

“Dengan fitur Galaxy Log di Galaxy S25 Series ini bisa ngasih lebih banyak informasi dalam video, sehingga nantinya editor punya kebebasan penuh buat ngedit, terutama saat color grading,” tambah Dedy.

“Ibaratnya ini adalah ‘bahan mentah’ yang siap dimasak sesuai keinginan. Kalau lagi gak sempet manual edit, kita bisa tinggal klik tombol color correct, dan hasilnya langsung jadi,” ujar Dedy menambahkan.

Pre-order Galaxy S25 Series sekarang dan jadi yang pertama rasakan mobile AI yang lebih cerdas dan kamera dengan detail luar biasa.

Kamu bisa langsung pre-order Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, atau Galaxy S25 selama periode 23 Januari – 13 Februari 2025 di www.samsung.com/id.

Dengan menjadi salah satu pembeli, maka konsumen bisa mendapatkan bonus eksklusif yang menarik mulai dari Free Memory Upgrade dengan benefit hingga 4 juta rupiah, cashback dari mitra bank dengan nilai mencapai Rp1,5 juta.

Terdapat juga penawaran trade-in cashback dengan nilai hingga Rp2,5 juta dan free Telkomsel eSIM 150GB senilai Rp900 ribu.

Galaxy S25 Ultra akan tersedia dalam 3 varian, yaitu 12/256GB dapat dimiliki dengan harga Rp22.999.000, lalu 12/512GB dengan harga Rp24.999.000, lalu untuk 12/1TB dibanderol senilai Rp28.999.000.

Sementara untuk Galaxy S25+ varian 12/256GB dengan harga Rp17.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp19.999.000. Terakhir, untuk Galaxy S25 varian 12/256GB bisa dimiliki dengan merogoh kocek Rp14.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp16.999.000.

Galaxy S25 Ultra akan tersedia dalam 3 varian, yaitu 12/256GB dapat dimiliki dengan harga Rp22.999.000, lalu 12/512GB dengan harga Rp24.999.000, lalu untuk 12/1TB dibanderol senilai Rp28.999.000.

Device ini memiliki beragam warna unik dan lucu untuk kamu miliki, yaitu Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black. Selain itu, ada juga warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen. 

Sementara untuk Galaxy S25+ varian 12/256GB dengan harga Rp17.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp19.999.000. Terakhir, untuk Galaxy S25 varian 12/256GB bisa dimiliki dengan merogoh kocek Rp14.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp16.999.000.

Kedua device ini akan tersedia dengan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Kemudian terdapat juga tiga warna online exclusive lainnya seperti Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)

Indosat dan AIonOS Bersinergi Dorong Transformasi AI Indonesia

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan AIonOS secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mentransformasi ekosistem kecerdasan artifisial (AI) di Indonesia.

Kolaborasi ini juga menjadi tonggak penting hubungan bilateral antara Indonesia dan India.  Kolaborasi ini merupakan kemitraan berskala besar pertama antara kedua negara yang berfokus pada pengembangan AI, yang menggarisbawahi komitmen bersama guna mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan transformasi sosial budaya melalui teknologi AI.

AIonOS—sebuah joint venture antara InterGlobe dan Assago Group—berkomitmen mentransformasi bisnis dengan teknologi AI, sementara Indosat adalah penyedia telekomunikasi terkemuka yang memiliki tujuan besar untuk memberdayakan masyarakat Indonesia.

Melalui kolaborasi ini, tercipta inisiatif AI³ (AI untuk Indonesia dan India yang didukung oleh Indosat dan AIonOS).

Baca juga : Indosat Berikan Pelatihan AI bagi Guru dan Penyandang Disabilitas

Inisiatif ini bertujuan untuk menggabungkan keahlian Indosat dalam memahami kebutuhan domestik Indonesia dengan teknologi inovatif AIonOS. AI³ difokuskan pada pengembangan solusi berbasis AI di tiga sektor utama: pariwisata, ekonomi berbasis pengetahuan, dan ketahanan pangan berkelanjutan.

Tiga Pilar Strategis AI³

Transformasi Bidang Pariwisata: AI³ dirancang untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Indonesia. Inisiatif ini akan mendukung konektivitas yang lebih baik, mempromosikan keanekaragaman budaya lokal, serta menciptakan peluang pendapatan baru bagi usaha kecil dan menengah (UMKM). Dengan memanfaatkan teknologi AI, AI³ juga bertujuan untuk mengintegrasikan kekayaan warisan budaya Indonesia ke dalam jaringan pariwisata global secara berkelanjutan.

Membangun Ekonomi Berbasis Pengetahuan: Dalam upaya menyiapkan tenaga kerja yang kompeten di era ekonomi digital, AI³ menggandeng institusi pendidikan terkemuka di Indonesia dan India untuk mengembangkan program pelatihan berbasis AI. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian SDM, sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin ekonomi berbasis pengetahuan di tingkat global.

Meningkatkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan: AI³ akan memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan. Dengan solusi inovatif dan berkelanjutan, petani lokal dapat mengakses teknologi yang inovatif guna menghadapi tantangan perubahan iklim dan meningkatkan hasil panen.

“Kolaborasi ini menjadi langkah strategis bagi India sekaligus momen krusial dalam mewujudkan ekosistem ‘AI-for-all’,” kata C.P. Gurnani, Chief Executive Officer, AIonOS.

Kolaborasi ini menggabungkan layanan unggulan Indosat dan inovasi AI dari AIonoS, inisiatif ini bertujuan memberdayakan Indonesia dengan keterampilan AI, mendorong pertumbuhan di sektor pariwisata dan pertanian berkelanjutan.

Serta memperkuat SDM untuk transformasi digital nasional. Kolaborasi ini juga memperkokoh posisi India sebagai pemimpin pengembangan platform AI berskala besar dan penerapannya di industri global.

“AI³ adalah manifestasi komitmen kami untuk mendorong inovasi teknologi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan.

Menurut Vikram, inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk mentransformasi sektor strategis seperti pariwisata, ketahanan pangan, dan pengembangan talenta, tetapi juga mendukung terwujudnya visi besar Indonesia Emas 2045.

“Kolaborasi ini menandai era baru hubungan antara Indonesia dan India, menciptakan peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi pusat pengembangan AI di kawasan Asia Tenggara,” lanjut Vikram.

Vikram juga menambahkan bahwa kerja sama ini akan menghasilkan solusi inovatif yang bermanfaat bagi jutaan masyarakat di Indonesia, sekaligus mempererat hubungan diplomasi teknologi antara kedua negara.

Nota Kesepahaman ini adalah bukti nyata bagaimana kerja sama antarnegara dapat mendorong inovasi teknologi yang memberikan manfaat luas.

Dengan fokus pada pariwisata, pengembangan talenta, dan ketahanan pangan, AI³ menjadi katalisator dalam menghadirkan solusi berkelanjutan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Kolaborasi antara AIonOS dan Indosat ini juga diharapkan dapat membuka era baru dalam sinergi teknologi antara Indonesia dan India, menciptakan dampak ekonomi dan sosial yang signifikan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kedua negara. (Icha)

Axioo AI Summit, Puncak Prestasi Talenta AI Indonesia

0

Telko.id – PT Tera Data Indonusa Tbk melalui Axioo, bekerja sama dengan Intel Digital Readiness, menggelar Axioo AI Summit 2024.

Langkah ini dilakukan karena melihat Artificial Intelligence (AI) semakin mengubah lanskap industri dan pasar kerja di seluruh dunia.

Dimana, keterampilan AI dan Machine Learning telah menjadi salah satu kemampuan yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Namun, saat ini dunia menghadapi “Digital Skills Crisis,” yaitu kesenjangan antara keterampilan yang dibutuhkan oleh industri dan kemampuan tenaga kerja yang ada.

Baca juga : Axioo Pongo Mendefinisikan Ulang Casual Gaming dengan Pongo 725 dan 750

Setiap tahun, jumlah tenaga kerja muda terus bertambah, dan mereka memerlukan keterampilan digital, khususnya di bidang AI, untuk dapat bersaing dan memenuhi tuntutan industri modern.

Di tengah meningkatnya permintaan terhadap keterampilan AI, lembaga pendidikan dan pelatihan memiliki peran penting untuk mempersiapkan siswa dan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan agar mereka mampu memanfaatkan peluang di pasar kerja.

Axioo AI Summit 2024 ini merupakan puncak dari Axioo AI Skill Contest, yang telah berlangsung sejak 23 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025.

Acara ini menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para finalis Axioo AI Skill Contest, yang telah berupaya keras mengembangkan proyek-proyek AI inovatif selama beberapa bulan terakhir.

Kompetisi ini melibatkan ratusan sekolah dari berbagai daerah di Indonesia, yang kemudian diseleksi hingga tersisa 10 sekolah terbaik untuk berlaga di babak final di Jakarta.

Kesepuluh finalis diundang ke Jakarta untuk mengikuti seminar dan diskusi dengan topik mengenai  AI dalam lingkup dunia pendidikan, dunia pekerjaan, keseharian dan bagaimana perkembangan AI kedepannya.

Diisi oleh para pembicara yang ahli di bidangnya dari Axioo, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Intel Corporation, perwakilan dari Google for Education Indonesia, perwakilan dari UNICEF, perwakilan dari International Labour Organization dan Kepala Sekolah SMK Pertiwi Kuningan.

Setelah mengikuti sesi seminar dan diskusi, para finalis berkesempatan mempresentasikan serta mendemonstrasikan proyek AI inovatif mereka di hadapan panel juri.

Axioo AI Summit 2024 akan menjadi saksi lahirnya ide-ide brilian dan solusi cerdas berbasis kecerdasan buatan yang dihasilkan oleh generasi muda Indonesia.

Setiap tim akan menjelaskan proses pengembangan proyek mereka, memaparkan dampak yang diharapkan, serta menunjukkan potensi implementasi dari solusi yang mereka kembangkan.

Sesi ini tidak hanya menjadi ajang untuk menunjukkan kemampuan teknis, tetapi juga melatih kemampuan tim dalam mengomunikasikan ide dan visi secara profesional.

 “Axioo AI Summit 2024 merupakan bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang kecerdasan buatan, terlihat dari antusiasme banyaknya sekolah yang ikut serta untuk mengikuti ajang ini,” kata Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnerships PT Tera Data Indonusa, Tbk menjelaskan.

Menurut nya, Axioo berharap acara ini dapat menjadi pemicu semangat bagi para generasi muda untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Ajang ini dimenangkan oleh siswa dari SMK Muhammadiyah 1 Pringsewu dengan karya OrionFlow AI: Driving the Next-Gen Store Management. Juara kedua di ajang ini dimenangkan oleh siswa dari SMK Negeri 1 Jakarta dengan karya Tweet Toxicity Detector.

Juara Harapan 1 yaitu SMK Pertiwi Kuningan, Juara Harapan 2 SMK Negeri 2 Kota Bekasi dan Juara Harapan 3 SMK Negeri 6 Balikpapan.

Dengan penekanan pada inovasi dan dampak sosial, Axioo AI Summit 2024 diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak lagi generasi muda untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi AI di Indonesia.

Kolaborasi antara Axioo dan Intel Digital Readiness dalam penyelenggaraan Axioo AI Summit 2024 menunjukkan komitmen yang kuat untuk membangun ekosistem AI yang kuat di Indonesia.

Melalui program ini, diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta digital Indonesia yang mampu bersaing ditingkat global. (Icha)

Oppo Resmi Umumkan Lamine Yamal Sebagai Brand Ambassador Global!

0

Telko.id – Oppo resmi mengumumkan Lamine Yamal, pesepakbola muda berbakat asal Spanyol berusia 17 tahun, sebagai duta globalnya.

Dalam peran barunya, Yamal akan menjadi bagian penting dari inisiatif brand refresh Oppo yaitu “Make Your Moment”. Bersama Oppo, Yamal akan menginspirasi generasi muda di seluruh dunia untuk menjalani momen saat ini dengan menyalurkan passion mereka ke dalam tindakan yang nyata, dan menciptakan kisah luar biasa untuk masa depan mereka.

“Lamine bukan hanya pesepakbola berbakat, tetapi juga sosok muda yang menginspirasi dengan semangat luar biasa terhadap olahraga,” jelas Billy Zhang, President of Overseas Marketing, Sales and Services at Oppo.

Seperti banyak anak muda di seluruh dunia, Lamine tidak membiarkan rasa cemas atau ketidakpastian tentang masa depan menghentikannya.

Baca juga : Oppo Reno13 Series 5G Resmi Hadir, Berdesain Butterfly dan Ini Keunggulannya!

“Sebaliknya, ia memusatkan energi pada passion-nya, menemukan kekuatan melalui dedikasinya.” jelas Zhang menambahkan.

Oppo Memulai Babak Baru Bersama Yamal

Sejak debutnya di panggung internasional pada tahun 2023, Yamal sukses memukau penggemar sepak bola di seluruh dunia dengan performa gemilangnya, sekaligus mendapatkan kekaguman atas kerendahan hati dan kedewasaannya.

Di tengah jadwal yang padat dan tekanan besar sebagai salah satu pesepakbola terbaik dunia, Yamal tetap berkomitmen terhadap pendidikannya.

Dalam menghadapi popularitas yang terus meningkat, ia percaya bahwa “cara terbaik untuk mengatasinya adalah fokus pada pekerjaan yang ada dan tetap hidup di momen saat ini.”

Bagi Oppo, Yamal bukan sekadar simbol bakat, tetapi juga cerminan autentisitas dan individualitas. Setelah pulih dari cedera yang terjadi baru-baru ini, Yamal kembali dengan perspektif baru, memprioritaskan pelatihan disiplin dan persiapan matang untuk tampil maksimal.

Komitmennya terhadap tanggung jawab dan mindfulness selaras sempurna dengan filosofi “Make Your Moment” Oppo, menjadikannya pilihan ideal sebagai duta global merek ini.

Sejak tahun 2015, Oppo terus memperluas kolaborasinya di dunia olahraga termasuk kemitraannya dengan UEFA Champions League.

Dengan memadukan teknologi AI dan imaging canggih dengan semangat olahraga, Oppo menciptakan pengalaman tak tertandingi bagi penggemar di seluruh dunia.

Kemitraan dengan Yamal tidak hanya menghubungkan olahraga dan teknologi, tetapi juga mempererat hubungan dengan generasi muda untuk menginspirasi mereka menciptakan momen-momen luar biasa.

Kegiatan Sosial Lewat Sepak Bola

Setiap kali mencetak gol, Yamal merayakannya dengan gestur tangan khas “304” yang merujuk pada kode pos kampung halamannya, Rocafonda.

Gestur sederhana namun bermakna ini mencerminkan hubungan mendalam Yamal dengan akarnya dan menjadi sumber inspirasi bagi pesepakbola muda yang memiliki cinta yang sama terhadap olahraga ini.

Sebagai duta global Oppo, Yamal akan menyalurkan semangat ini melalui berbagai inisiatif komunitas terkait sepak bola yang dirancang untuk menyebarkan semangat “Make Your Moment” ke lebih banyak orang.

Program-program ini bertujuan mendukung pengembangan grassroot sepak bola, meningkatkan fasilitas, serta mengundang anak muda untuk mengajukan ide-ide kreatif untuk proyek amal sepak bola, memberdayakan mereka untuk menghadirkan inovasi dan semangat dalam filantropi olahraga.

Selain itu, foto-foto Yamal akan ditampilkan di platform AI Studio Oppo, memberikan penggemar kesempatan untuk “menjadi rekan satu tim Yamal” dan merasakan semangat serta kegembiraan yang dihadirkan sepak bola.

Brand Refresh Oppo di Tengah Kesuksesan Global

Slogan merek baru “Make Your Moment” hadir seiring dengan ekspansi global Oppo yang terus berkembang. Saat ini, Oppo beroperasi di lebih dari 70 negara dan wilayah, dengan lebih dari 300.000 titik penjualan di seluruh dunia.

Oppo kini menempati peringkat ke-4 dalam pengiriman smartphone global, dengan pengiriman internasional menyumbang sekitar 60% dari total volume.

Salah satu pendorong utama keberhasilan ini adalah meningkatnya popularitas produk seperti Find X8 Series terbaru yang mendapatkan banyak pujian berkat fitur kamera, performa gaming, dan daya tahan baterainya yang luar biasa.

Keterlibatan Oppo yang erat dengan sepak bola telah membuka jalan baru, terutama melalui kemitraannya dengan UEFA Champions League.

Dengan menggabungkan teknologi canggihnya dengan semangat sepak bola, Oppo menciptakan pengalaman teknologi yang selaras dengan penggemar global.

Kolaborasi Oppo dengan Lamine Yamal memperkuat sinergi antara teknologi dan semangat olahraga.

Dari lapangan sepak bola hingga kehidupan sehari-hari, Oppo terus memberikan penghormatan terhadap kekuatan generasi muda, memberdayakan mereka dengan teknologi dan semangat untuk meraih setiap momen dan bersinar dengan cara unik mereka sendiri. (Icha)

Redmi Note 14 Series Hadir, Berbekal Kamera Iconic Dengan AI

0

Telko.id – Hari ini, Xiaomi Indonesia resmi meluncurkan Redmi Note 14 Series, yang dirancang untuk melengkapi berbagai kebutuhan mobile generasi muda Indonesia.

Redmi Note 14 Series hadir dalam empat varian: Redmi Note 14 Pro+ 5G, Redmi Note 14 Pro 5G, Redmi Note 14 5G, dan Redmi Note 14.

Kemampuan kamera 108MP pada Redmi Note 14 Series dan kamera 200MP pada Redmi Note Pro 5G dan Redmi Note Pro+ 5G, mampu menghasilkan foto yang lebih detail, jernih, dan tajam.

Tak hanya itu, dukungan AI untuk proses editing dan kreasi konten visual maupun produktivitas, melengkapi pengalaman mobile menjadi semakin iconic pada Redmi Note 14 Series.

Baca juga : Xiaomi Konfirmasi Redmi Note 14 Series Akan hadir di Indonesia

Redmi Note 14 Pro+ 5G

“Selama 10 tahun terakhir, Redmi Note Series sudah terjual lebih dari 420 juta unit secara global. Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Redmi Note Series selalu berhasil menarik perhatian pengguna melalui berbagai fitur, performa, desain, hingga value yang dimiliki,” kata Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia.

Bahkan, menurut Zhao, tahun lalu, Redmi Note Series di Indonesia meraih pencapaian luar biasa dengan peningkatan penjualan lebih dari 20% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kini, keempat varian ini juga siap mengukir pencapaian yang lebih baik dengan berbagai fitur inovatif yang dimilikinya. Sambutan positif konsumen yang terus bertambah untuk Redmi Note Series ini menggambarkan dukungan yang luar biasa bagi Xiaomi Indonesia,” ujar Zhao menambahkan.

Ciptakan #AICONIC Shot dengan Kamera 200MP dan 108MP

Keempat perangkat ini khusus dirancang untuk memberikan pengalaman fotografi iconic bagi generasi #AlwaysReady dengan teknologi kamera yang mampu menangkap momen dalam resolusi tinggi, detail tajam, dan kreativitas tanpa batas.

Varian Pro Series menawarkan kamera utama 200MP dengan resolusi ultra-tinggi yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) untuk stabilitas optimal. Teknologi End-to-End AI Remosaic mempercepat pemrosesan gambar beresolusi tinggi, memberikan hasil foto yang tajam dan detail.

Dengan kemampuan 2x dan 4x in-sensor zoom serta hingga 30x digital zoom, hasil foto tetap tajam di berbagai tingkat pembesaran. Kamera depan 20MP juga menghadirkan fitur 0.8x zoom, memberikan hasil selfie grup yang lebih luas dan sempurna.

Sementara itu, varian lainnya dalam Redmi Note 14 Series mengusung kamera 108MP AI yang dilengkapi dengan 3x in-sensor zoom untuk menghasilkan foto tajam dalam berbagai kondisi.

Dengan aperture besar dan Night Mode, pengguna dapat menghasilkan foto malam yang terang, penuh warna, dan detail. Kamera depan 20MP wide-angle otomatis juga memastikan hasil selfie grup yang estetis dan memukau.

Untuk mendukung kreativitas tanpa batas, varian Redmi Note 14 Classics dilengkapi dengan fitur AI canggih seperti AI Beautify untuk potret alami, AI Erase untuk menghapus objek yang mengganggu, dan AI Sky untuk mempercantik latar belakang foto. Sedangkan untuk model Pro juga dilengkapi dengan lebih banyak fitur AI mulai dari AI Film, versi Pro dari AI Erase dan AI Image Expansion.

Fitur Dual Video dan Dynamic Shots memberikan kebebasan bagi pengguna untuk berkreasi dengan video yang unik dan ekspresif. Dengan teknologi kamera dan dukungan fitur AI inovatif, Redmi Note 14 Series memastikan setiap momen lebih iconic, mudah diabadikan, dan dapat dikreasikan sesuai kreativitas pengguna.

Ke depannya, berbagai fitur AI inovatif lainnya akan segera dihadirkan untuk Redmi Note 14 Series. Bukan hanya untuk mendukung proses kreasi, namun juga mendukung produktivitas dinamis dari pengguna. Bepergian, membuat konten visual, menikmati berbagai hiburan – semuanya akan menjadi semakin menyenangkan, mudah, dan seamless.

Lebih Seru dengan All-star Durability

Mendukung gaya hidup anak muda yang lebih dinamis dan aktif, keempat perangkat ini hadir dengan kemampuan All-star Durability, menggabungkan desain stylish dengan daya tahan terbaik di kelasnya.

Pada varian Redmi Note 14 Pro Series dilengkapi dengan memori hingga 12GB + 512GB, yang memberikan penyimpanan lebih luas dan performa lebih cepat, menjamin kenyamanan dalam menyimpan konten dan menjalankan berbagai aplikasi.

Dengan sertifikasi IP68, perangkat ini tahan terhadap debu dan percikan air, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto iconic bahkan dalam kondisi yang menantang.

Selain itu, perangkat ini juga menawarkan pembaruan keamanan hingga 4 tahun security patches dan 3 major OS updates, memastikan smartphone tetap up-to-date dan aman untuk penggunaan jangka panjang.

Sementara itu, varian classic dari Redmi Note 14 menghadirkan daya tahan luar biasa dengan baterai besar hingga 5500mAh, yang memungkinkan penggunaan lebih lama tanpa khawatir kehabisan daya.

Memori hingga 12GB + 512GB pada varian 5G memberi ruang lebih untuk penyimpanan konten yang lebih luas dan performa lebih cepat.

Tak hanya itu, pembaruan keamanan hingga 6 tahun dan 4 kali pembaruan Android memastikan perangkat ini dapat digunakan dalam jangka panjang dengan tetap mengutamakan keamanan dan performa tinggi.

Inspirasi #AlwaysReady bersama AICONIC Team

Bersama Redmi Note 14 Series, Xiaomi ingin menginspirasi generasi muda dengan semangat #AlwaysReady.

Untuk mewujudkan hal ini, Xiaomi berkolaborasi dengan Rich Brian, Angga Yunanda, dan Shenina Cinnamon sebagai bagian dari AIONIC Team yang akan menginspirasi generasi muda untuk berani mendobrak batasan, menghadapi tantangan untuk mewujudkan passion mereka, dan meraih prestasi terbaik.

“Dengan kombinasi seimbang antara desain, performa, dan durability, Redmi Note 14 Series menjadi pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan smartphone andal dengan fitur dan value terbaik, sekaligus memiliki ketahanan untuk pemakaian jangka panjang,” kata Andi Renreng, Marketing Director Xiaomi Indonesia.

Menurut Andi, inilah salah satu alasan mengapa keempat perangkat ini bisa menjadi favorit anak muda, karena mampu mendukung gaya hidup mereka yang penuh tantangan seru. Inilah semangat generasi #AlwaysReady.

Keempat produk ini akan dijual perdana pada 25 Januari 2025 serentak di Xiaomi Store, Mi.com, dan berbagai mitra partner penjualan online, seperti Akulaku, Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia | TikTok Shop, serta mitra penjualan offline seperti Blibli Store, Erafone dan Digiplus.

Setiap pembelian Redmi Note 14 Series di periode penjualan perdana, pengguna akan mendapatkan gratis Special Redmi Note 14 Series Gift Box selama persediaan masih ada. (Icha)

Samsung Wallet Pertama Akan Segera Hadir di Galaxy S25 Series

0

Telko.id – Samsung baru saja meluncurkan galaxy S25 series, memberikan banyak inovasi terbaru dari Galaxy AI yang akan mempermudah keseharian pengguna.

Salah satunya yang akan dibenamkan dalam smartphone terbaru nya Samsung ini adalah Samsung Wallet. Yang akan menjadi cara yang mudah dan aman, serta sangat membantu hal bayar-bayar.

Nah, untuk mencoba layanan yang akan segera dihadirkan pada Galaxy S25 series ini, pengguna bisa datang ke Galaxy Studio di Kota Kasablanka di Food Society A pada 23-26 Februari 2024.

Dengan Samsung Wallet ini, pengguna cukup Swap and Tap pada device untuk mengakses yang seamless dalam satu waktu, mulai dari pembayaran credit card, boarding pass, e-ticket, transit card, QRIS, membership dan lainnya yang telah bekerjasama dengan mitra finansial.

Baca juga : Samsung Galaxy S25 Series, Hadirkan Standar Smartphone AI Sejati

Swap and Tap! Nikmati pengalaman pertama Samsung Wallet sebagai Digital Car Key di Galaxy Studio

Menariknya, selain untuk pembayaran, kamu juga bisa memanfaatkan Samsung Wallet untuk menjadi Digital ID (Mobile Driver License, Vaccine Pass, Student ID), Digital Key (Digital Car Key, Door Key), dan beberapa fungsi lain seperti mengakses tiket, transportasi, dan Digital Asset.

“Di Galaxy Studio, pengunjung dapat mencoba Samsung Wallet sebagai Digital Car Key untuk membuka dan menyalakan mobil BMW i4,” kata Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Namun, selain itu, Pada Galaxy S25 Series telah semakin banyak kemampuan Galaxy AI yang dilahirkan mulai dari pemutakhiran Gemini untuk menyelesaikan berbagai tasks dengan seamless actions across apps hingga peningkatan sistem multimodal AI yang bisa melakukan pencarian berbagai informasi dengan lebih seamless dalam satu waktu.

Tapi ternyata nggak cuma itu saja yang baru di Galaxy S25 Series, kamu bisa explore berbagai hal lainnya dengan mendatangi Galaxy Studio.

Bahkan selama masa pre-order, di Galaxy Studio kamu juga bisa mendapat bonus dan berbagai penawaran eksklusif untuk memiliki device terbaru seri Galaxy S dari Samsung ini. Event ini rencananya akan digelar juga di beberapa kota di seluruh Indonesia selama awal tahun ini.

Di Galaxy Studio, pengunjung bisa berpartisipasi di sesi Tech Talk dengan Wasa Wirman pada 24 Januari, mengikuti workshop Nightography dengan Nanang Rachmanto pada 26 Januari 2025, seru-seruan noraebang bersama Reza Darmawangsa pada 25 Januari.

Oh iya, khusus di masa pre-order, para pengunjung Galaxy Studio juga bisa mendapatkan benefit hingga 8,9 juta untuk pemesanan S25 Series terbaru.

“Samsung Galaxy S25 Series memiliki fitur-fitur baru yang canggih dan berbasis AI untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Kami mengadakan Galaxy Studio di Kota Kasablanka sampai tanggal 26 Januari 2025,” ujar Verry.

Di Galaxy Studio, konsumen dapat menikmati pengalaman Mobile AI Galaxy S25 Series mulai dari AI, kamera dan performa untuk mendapatkan voucher senilai hingga 1 juta rupiah dan berkesempatan meet and greet dengan Team Galaxy Bernadya dan Lyodra (23 Januari 2025), Tech Workshop (24 Januari 2025), Noraebang yang seru banget (25 Januari 2025), dan Nightography Workshop (26 Januari 2025),” kata Verry menambahkan.

Bikin konten makin estetik dengan kamera ultrawide 50MP

Buat kamu si yang paling suka ngonten, jangan kelewatan untuk datang ke Nightography Content Creation Workshop bareng fotografer handal Nanang Rachmanto di Galaxy Studio tanggal 26 Januari 2025.

Kamu bisa mendapatkan tips bikin konten nightography yang Epic pakai Galaxy S25 Series! Kecanggihan kamera Nightography Galaxy S25 Series tidak perlu diragukan lagi  karena dapat menangkap highlight dan bayangan dengan detail yang lebih baik karena perekaman HDR 10-bit yang disediakan secara default.

Nightography di Galaxy S25 Series juga mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam dari sebelumnya melalui analisis dua langkah baru yang menghilangkan noise pada foto dan video yang diambil di malam hari, bikin kamu gak perlu khawatir kalau harus ngonten saat minim cahaya.

Yang tak kalah menarik lagi, kamu juga bisa memanfaatkan kamera 50MP Ultrawide Galaxy S25 Series bareng teman-teman kamu sambil Noraebang secara maksimal!

Pasalnya, Galaxy S25 Series hadir dengan peningkatan dengan sensor kamera UltraWide 50MP yang memungkinkan kamu buat selfie dan wefie bareng teman dengan hasil yang lebih jernih dan tajam.

Intip lebih jauh peningkatan fitur AI, performa hingga keamanan Galaxy S25 Series di Galaxy Studio

Galaxy S25 Series juga memberikan kemudahan yang mengesankan dan berbeda dari seri-seri sebelumnya.

Buat kamu yang tech geek, bisa langsung datang diTech Talk Workshop bersama Wasa Wirman di Galaxy Studio tanggal 25 Januari 2025 untuk lebih tahu detil peningkatan performa dan keamanan smartphone ini.

Ditenagai dengan prosesor gahar Snapdragon 8 Elite yang telah dioptimalisasi secara eksklusif yang membuat kinerja yang lebih cepat, akurat, dan efisien guna mendukung produktivitas kamu sehari-hari. Bermain games apapun jadi semakin seru dan menjadi pemenang.

Di Tech Workshop ini akan dijelaskan peningkatan keamanan pada perangkat Galaxy S25 Series yang menjadi kebutuhan penting di jaman AI yang semakin canggih.

Galaxy S25 Series menjawab kebutuhan akan keamanan data yang lebih kuat dengan solusi canggih yang ditingkatkan guna memberikan ketenangan dan rasa aman bagi kamu. 

AI pada Galaxy S25 Series akan mempermudah pengguna mencapai tujuan dengan rute perjalanan tercepat. Dengan sebuah perintah, “Show me direction to my home through the fastest route”. kamu cukup melihat navigasi di Now Bar tanpa perlu menyentuh handphone untuk membuka lockscreen.

Kemudian, melalui Now Bar bisa mempermudah kamu melihat arah navigasi yang diberikan tanpa perlu membuka handphone.

Ikuti petunjuk navigasi lewat Now Bar pada lockscreen Galaxy S25 Series

Yuk, seru-seruan bareng di Galaxy Studio dan cobain langsung fitur AI terbaru di Galaxy S25 Series

Buruan yuk langsung ke Galaxy Studio dan eksplor langsung berbagai fitur AI yang seru-seru itu.

Pembukaan Galaxy Studio sudah dilakukan di Kota Kasablanka pada 23 Januari 2024. Jangan sampai ketinggalan buat ikutan keseruannya beberapa hari mendatang. Kamu bisa bertemu langsung dengan berbagai penyanyi dan nyanyi bareng di acara tersebut.

Nantinya terdapat beberapa workshop, event mabar, dan Noraebang yang seru di sini juga. Akan ada banyak challenge dan activity seru yang membuat kamu berkesempatan memenangkan device Galaxy S25 Series hingga tiket konser seru di 2025. 

Jangan lewatkan kesempatan seru dan eksplor berbagai fitur Galaxy S25 Series di Galaxy Studio

Kamu juga bisa langsung pre-order Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, atau Galaxy S25 selama periode 23 Januari – 13 Februari 2025 atau secara online di website resmi Samsung.

Dengan menjadi salah satu pembeli, maka konsumen bisa mendapatkan bonus eksklusif yang menarik mulai dari Free Memory Upgrade dengan benefit hingga 4 juta rupiah, cashback dari mitra bank dengan nilai mencapai Rp1,5 juta.

Terdapat juga penawaran trade-in cashback dengan nilai hingga Rp2,5 juta dan free Telkomsel eSIM 150GB senilai Rp900 ribu.

Galaxy S25 Ultra akan tersedia dalam 3 varian, yaitu 12/256GB dapat dimiliki dengan harga Rp22.999.000, lalu 12/512GB dengan harga Rp24.999.000, lalu untuk 12/1TB dibanderol senilai Rp28.999.000.

Sementara untuk Galaxy S25+ varian 12/256GB dengan harga Rp17.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp19.999.000. Terakhir, untuk Galaxy S25 varian 12/256GB bisa dimiliki dengan merogoh kocek Rp14.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp16.999.000.

Selain itu, Galaxy S25 Ultra memiliki beragam warna unik, yaitu Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black.

Selain itu, ada juga warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.

Kemudian untuk Galaxy S25 dan Galaxy S25+ ini akan tersedia dengan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Kemudian terdapat juga tiga warna online exclusive lainnya seperti Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)

Kolaborasi Bank Aladin Syariah dan Flip, Perkuat Inklusi Keuangan Syariah

Telko.id – Pelopor bank digital syariah di Indonesia, PT Bank Aladin Syariah Tbk (Bank Aladin Syariah) dengan mengumumkan kemitraan strategisnya dengan PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (Flip) dengan meluncurkan produk kolaboratif pada aplikasi Flip yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Bank Aladin Syariah dan Flip bersinergi untuk menyediakan solusi keuangan syariah yang menjangkau masyarakat lebih luas.

Bank Aladin Syariah memiliki keahlian dalam perbankan syariah digital dengan lebih dari 3,3 juta nasabah.

Sementara itu, Flip adalah platform teknologi keuangan yang mudah diakses dan telah digunakan oleh lebih dari 15 juta pengguna di Indonesia.

Baca juga : AdaKami dan Bank CTBC Indonesia, Kolaborasi Dorong Inklusi Keuangan

Kolaborasi yang bertepatan dengan ulang tahun Bank Aladin Syariah ini diharapkan dapat memperluas akses keuangan berbasis syariah yang inklusif, aman, dan inovatif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kolaborasi untuk Akses Keuangan yang Merata

Presiden Direktur Bank Aladin Syariah Koko Tjatur Rachmadi turut mengungkapkan optimismenya terhadap kemitraan strategis yang dilakukan dengan Flip.

Ia menjelaskan bahwa sebagai bank digital syariah pertama di Indonesia, Aladin akan terus memperluas akses keuangan syariah bagi seluruh lapisan masyarakat, salah satunya melalui kolaborasi yang dilakukan saat ini.

“Kolaborasi dengan Flip memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak masyarakat dan menyediakan layanan keuangan syariah yang mudah, aman, dan terjangkau. Kami optimistis kemitraan ini akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan, serta mendorong perekonomian yang lebih inklusif dan berkelanjutan.” ungkap Koko.

Founder dan Presiden Direktur Flip Rafi Putra Arriyan mengatakan, “Sejak berdiri, Flip berkomitmen untuk menghadirkan layanan keuangan yang fair dan inklusif”.

Menurut Rafi, kolaborasi dengan Bank Aladin Syariah ini merupakan langkah strategis nya dalam mewujudkan misi tersebut, khususnya bagi masyarakat yang menginginkan solusi keuangan yang lebih fair.

Ia pun percaya bahwa dengan teknologi Flip ditambah keahlian perbankan Bank Aladin Syariah, kami dapat menciptakan inovasi yang menjadi solusi bagi segmen yang lebih luas.

Peluang di Pasar Keuangan Syariah

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Pada 2023, aset industri keuangan syariah (tidak termasuk kapitalisasi saham syariah) mencapai Rp2.582,25 triliun, dengan pertumbuhan positif sebesar 9,04% (yoy).

Keberhasilan ini telah mengangkat Indonesia ke peringkat ketiga dalam Islamic Finance Development Indicator (IFDI) dan Global Islamic Fintech Index tahun 2023.

Kemitraan ini diharapkan dapat mempercepat inklusi keuangan syariah di Indonesia, membuka peluang baru, dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis syariah yang berkelanjutan. (Icha)

Pemerintah Berencana Batasi Usia Penggunaan Media Sosial

0

Telko.id – Pemerintah Indonesia berencana membuat aturan mengenai pembatasan usia penggunaan media sosial. Seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintahan Australia.

Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/1/2025), mengatakan bahwa regulasi itu didahului dengan adanya Peraturan Pemerintah yang melibatkan kajian soal perlindungan anak di media sosial.

Menkomdigi juga memastikan bahwa Presiden Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto memberikan atensi penuh terkait hal ini.

Pernyataan yang sama disampaikan Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria yang menginformasikan pihaknya sedang berkoordinasi dengan kementerian yang mengurus perempuan dan anak serta Komnas Perempuan dan Anak untuk menggodok Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait peraturan internet ramah anak tersebut.

Baca juga : BTS Bakti Komdigi Kini ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Ini Targetnya!

Sebelumnya, Nezar sempat mengungkapkan bahwa dari sekitar 4 juta orang yang bermain judi online di Indonesia, terdapat 80.000 di antaranya adalah anak-anak.

Sebagai informasi, We Are Social  tahun 2024 melaporkan bahwa pengguna media sosial aktif Indonesia sebanyak 167 juta (60,4% dari total populasi sebanyak 276,4 juta jiwa) dengan waktu rata-rata setiap hari sebanyak 3 jam, 11 menit.

Di sisi lain, studi United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) tahun 2023 juga menemukan bahwa 89 persen anak-anak (berusia di atas 5 tahun) di Indonesia menggunakan internet selama rata-rata 5,4 jam per hari.

Sementara itu, Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2024 menyebutkan bahwa dari segi umur, orang yang berselancar di dunia maya ini mayoritas adalah Gen Z (kelahiran 1997-2012) sebanyak 34,40%. Lalu, berusia generasi Millenial (kelahiran 1981-1996) sebanyak 30,62%.

Kemudian berikutnya, Gen X (kelahiran 1965-1980) sebanyak 18,98%, Post Gen Z (kelahiran kurang dari 2023) sebanyak 9,17%, Baby Boomers (kelahiran 1946-1964) sebanyak 6,58% dan Pre Boomer (kelahiran 1945 sebanyak 0,24%. APJII juga menyebutkan, Instagram sebagai platform paling favorit (51,9%) bagi pengguna Generasi Z, diikuti Facebook (51,64%), dan TikTok (46,84%).

Dari dua perspektif di atas, menggunakan alat kerja data analytics, PT Binokular Media Utama (“Binokular”) melakukan riset media monitoring pemberitaan-pemberitaan media massa (pers) dan percakapan di media sosial tentang sorotan dan distribusi argumen juga percakapan publik tentang Wacana Pembatasan Usia Penggunaan Media Sosial.

Publik Dukung Rencana Pemerintah

Berdasarkan Monitoring Media Massa yang dilakukan oleh media monitoring Binokular, dari 13 hingga 20 Januari 2025, eksposur pemberitaan Pembatasan Usia Penggunaan Media Sosial mencapai puncaknya pada tanggal 15 Januari yang diamplifikasi oleh angle terkait Komdigi Rencanakan Pembatasan Medsos untuk Anak.

Selama periode ini, tercatat 776 artikel dipublikasikan di media online, cetak, dan elektronik dengan mayoritas pemberitaan bersentimen positif (92,14%) dan sentimen netral (7,47%). Sentimen negatif tercatat hanya 0,39 persen.

Dari beragam aspek yang disorot, Rencana Komdigi Batasi Usia Penggunaan Medsos merupakan topik yang paling dominan dibahas media massa diikuti topik dukungan dari berbagai elemen di antaranya dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pemerintah Daerah (Pemda), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan lain-lain.

Menkomdigi Meutya Hafid, dan Wamenkomdigi Nezar Patria merupakan top Key Opinion Leader (KOL) yang pernyataannya paling banyak dikutip oleh media massa diikuti Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan Anggota Komisi I DPR RI Amelia Anggraini.

Selain itu, terdapat juga KOL dari jajaran lain pemerintahan seperti Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Pratikno, Dirjen Pengawasan Ruang Digital Komdigi Alexander Sabar, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, dan Penjabat (Pj.) Wali Kota Pontianak Edi Suryanto.

“Diketahui, media mengutip nama PM Australia, Anthony Albanese karena negara itu telah lebih dahulu menetapkan usia 16 tahun sebagai batas minimum untuk mengakses media sosial dan mulai berlaku pada Januari 2025,” kata Manajer Newstensity, Nicko Mardiansyah.

Nicko menyebut, peraturan pemerintah Australia tersebut juga mencakup verifikasi usia pengguna dengan tekonologi biometrik atau sistem berbasis data milik pemerintah.

Selain itu,  platform media sosial yang melanggar akan dikenakan denda. Informasi itu disampaikan Nicko merespons pernyataan dari Peneliti Monash University Ika Idris yang mengusulkan agar pemerintah menitikberatkan aturan pembatasan penggunaan media sosial kepada platform digital, ketimbang usia pengguna.

Dibandingkan dengan eksposur isu di media massa, respon terhadap Pembatasan Usia Penggunaan Media Sosial justru paling banyak ditemukan di media sosial terutama di platform Instagram, diikuti YouTube, Twitter (X), TikTok dan Facebook.

Manajer Social Media Data Analytics (Socindex) Binokular, Danu Setio Wihananto melaporkan isu ini dibincangkan sebanyak 1.610 talks dengan 63.804 engagement (jumlah interaksi yang terjadi). Mayoritas percakapan dominan bersentimen positif (60,2%).

Danu mengatakan, aktivitas interaksi warganet dominan pada tanggal 14 Januari 2025 yang mana linimasa media sosial diramaikan dengan bentuk dukungan terkait rancangan aturan tersebut.

Dukungan tersebut berupa apresiasi kinerja pemerintah dan respon warganet yang menyebutkan bahwa aturan tersebut juga sudah diterapkan di Australia.

Positingan akun Instagram @joe.san23 misalnya  menulis, “Sudah seharusnya negara kita bersikap tegas! Tetangga kita Australia sudah terlebih dahulu menerapkan pembatasan penggunaan media sosial pada anak di bawah umur. Banyak konten negatif yang tidak sepantasnya mereka lihat di media sosial”. Unggahan tersebut mencatat sebanyak 1.434 likes.

Pada periode ini, kata Danu, tercatat dua akun dengan postingan populer di antaranya akun Instagram @seputargame yang mencatat sebanyak 7.401 engagement terkait Menkomdigi Rapat Bersama Presiden Prabowo Membahas Aturan Larangan Anak Bermain Sosmed.

Akun lain, @cretivox mencatatkan 4.697 engagement dengan postingan berjudul Komdigi Berencana Keluarkan Aturan Batas Usia Media Sosial untuk Anak-anak.

Media dan Warganet Berikan Sejumlah Catatan

Sejumlah catatan terkait rencana pemerintah membatasi usia penggunaan media sosial cukup minim ditemukan di media massa. Nicko Mardiansyah menyampaikan bahwa secara umum sentimen negatif pemberitaan cenderung mengamplifikasi konten yang beredar di media sosial.

“Meskipun demikian, terdapat beberapa pernyataan publik seperti psikolog dan LSM (Lembaga Swadaya Manusia) yang memberikan catatan penting bagi pemerintah, khususnya terkait implementasi teknis regulasi,” ujar Nicko.

Implementasi itu, kata Nicko, di antaranya perlu ada kesepakatan terkait jenis platfom yang dikategorikan sebagai media sosial mengingat WhatsApp umumnya juga dikenal sebagai aplikasi social media.

Apalagi, lanjut Nicko, mengutip pernyataan Direktur Safenet Nenden Sekar Arum yang berargumen bahwa literasi bermedia sosial jauh lebih penting dibanding mencanangkan aturan yang belum ada kajiannya.

Catatan lain juga muncul di media sosial dalam temuan Manajer Socindex Danu Setio Wihananto yang menginformasikan bahwa warganet justru mempertanyakan beberapa poin penting seperti konsistensi pelaksanaan rancangan aturan tersebut.

Kemudian juga potensi manipulasi data dan pelanggaran privasi, pembatasan usia melamar pekerjaan lebih mendesak dibahas, serta dugaan adanya upaya pemerintah mengontrol perilaku pengguna media sosial secara otoriter.

“Konsistensi pemerintah cukup disorot menyusul beberapa regulasi serupa seperti pembatasan usia pembelian rokok. Bahkan warganet juga mencurigai bahwa regulasi tersebut merupakan cara pemerintah membungkam anak-anak agar tidak menyoroti Program Makan Bergizi Gratis,” kata Danu.

Deskripsi terkait sejumlah catatan dari warganet tampak dalam distribusi sentimen dan deteksi emosi. Danu menyebut bahwa sentimen negatif percakapan warganet sebesar 12,9% bersumber dari perbincangan yang mempersoalkan rancangan regulasi tersebut.

Sementara itu berdasarkan emotion detection, kategori Anticipation (43,4%) terlihat dominan yang berasal dari dukungan warganet terkait aturan pembatasan usia dalam penggunaan media sosial (medsos) dengan sejumlah catatan.

Komparasi Regulasi dengan Negara Lain

Selain Indonesia, terdapat beberapa negara yang telah dan sedang mempertimbangkan rencana serupa. Australia telah meneken regulasi itu dan mulai diterapkan pada bulan Januari tahun 2025. Di Norwegia, pemerintah melarang anak-anak di bawah usia 13 tahun untuk mengakses media sosial dan berencana menaikkan batas usia pengguna ke 15 tahun.

Pemerintah Prancis memberlakukan aturan bahwa anak-anak di bawah usia 15 tahun memerlukan izin orang tua utnuk membuat akun media sosial. Sementara di Inggris, Menteri Sains dan Teknologi Peter Kyle menyebut akan melarang penggunaan media sosial bagi anak-anak di bawah usia 16 tahun.

Pembatasan usia pengguna media sosial juga diterapkan di Norwegia dan Prancis. Sedangkan khusus di China dan Vietnam, pemerintah dua negara itu menetapkan aturan terkait durasi penggunaan media sosial dan gim online  bagi anak.

Mencermati dinamika dan distribusi argumen publik baik di media massa maupun media sosial, Vice President (VP) Operations Binokular Data Analytics Ridho Marpaung menyatakan bahwa, rencana pemerintah membuat aturan pembatasan usia penggunaan media sosial ini patut didukung.

Ridho melihat bahwa banyak hal positif dari rencana regulasi ini. “Regulasi pembatasan usia penggunaan media sosial bisa menjadi salah satu cara mendukung edukasi dan perlindungan terhadap tumbuh kembang anak-anak dan remaja,” ujar Ridho.

Dengan mendapatkan konten-konten yang relevan dan sehat sesuai usianya, maka diharapkan anak-anak dan remaja penerus bangsa bisa tumbuh kembang yang baik.

Di sisi lain, Ridho juga memberi catatan bahwa semua pihak bisa memperhatikan juga pemberantasan terhadap situs-situs, aplikasi dan konten negatif seperti judi online, pornografi online, game online termasuk yang bernuansa kekerasan, narkoba dan lain sebagainya agar benar-benar terus diberantas.

“Regulasi penggunaan media sosial untuk kategori usia tertentu ini juga diharapkan bisa menumbuhkan ide-ide baru bagi pelaku industri kreatif  termasuk content creator, seniman, pembuat aplikasi dan penyedia platform untuk bisa menghadirkan konten-konten dan aplikasi yang ramah juga bermanfaat untuk anak-anak dan remaja,” tutup Ridho. (Icha)

Oppo Enco Air4, Unggulkan Peredam Kebisingan hingga 32dB

0

Telko.id – Oppo hadirkan earbuds true wireless Oppo Enco Air4 terbaru di Indonesia, dengan teknologi Active Noise Cancellation hingga 32dB, earbuds ini menawarkan peredam kebisingan profesional dengan harga terjangkau.

Dilengkapi Dual-Mic AI Clear Call untuk kualitas panggilan yang jernih, driver besar 12.4mm untuk suara yang kaya dan dinamis, serta konektivitas stabil berkat Bluetooth 5.4 terbaru.

Dengan baterai tahan lama hingga 43 jam pemakaian (termasuk case), desain stylish, dan kenyamanan sepanjang hari, OPPO Enco Air4 menjadi pilihan sempurna bagi generasi muda yang mencari earbuds berkualitas tinggi dengan harga ekonomis.

Peredam kebisingan berkualitas tinggi

Oppo Enco Air4 menghadirkan peredam kebisingan aktif yang kuat untuk menciptakan suasana mendengarkan yang imersif, memungkinkan pengguna menikmati musik tanpa gangguan.

Baca juga : Ini 3 Kehebatan Fitur AI Livephoto Oppo Reno13 Series

Dengan kemampuan Active Noise Cancellation hingga 32dB, earbuds ini dirancang khusus untuk menghadapi skenario seperti perjalanan atau jalanan yang ramai, secara efektif mengurangi kebisingan di lingkungan sekitar sehari-hari.

Dilengkapi Dual-Mic AI Clear Call, dua mikrofon yang bekerja dengan algoritma AI canggih mampu memfilter kebisingan sekitar secara real-time, sekaligus memperkuat suara pengguna untuk memastikan kejernihan saat telfon.

Desain yang mengurangi suara angin membuat percakapan tetap jelas di lingkungan yang bising, seperti di kereta bawah tanah atau bandara.

Untuk keamanan tambahan, Oppo Enco Air4 juga dilengkapi Transparency Mode yang memungkinkan suara luar masuk tanpa mengganggu pemutaran audio, ideal untuk situasi saat menyeberang jalan atau berada di tempat ramai.

Teknologi dinamis untuk pengalaman audio terbaik

Oppo Enco Air4 mengandalkan driver Titanized Diaphragm 12.4mm yang memberikan kekuatan lebih besar di seluruh rentang dinamis, menghasilkan bass yang kuat, treble yang jernih, dan vokal yang transparan.

Kualitas audio ini tidak hanya memperkaya pengalaman mendengarkan di berbagai genre musik, tetapi juga memberikan pengalaman audio yang imersif saat bermain game.

Earbuds ini juga mendukung Enco Master Equalizer, dengan tiga pengaturan suara bawaan yaitu Clear Vocals, Bass Boost, dan Original Sound.

Pengaturan ini dapat diakses melalui aplikasi HeyMelody untuk menyesuaikan gaya audio sesuai preferensi.

Teknologi Oppo Alive Audio semakin meningkatkan pengalaman mendengarkan dengan efek audio spasial yang menciptakan suasana suara yang hidup dan nyata.

Baterai tahan lama dan konektivitas andal

Baterai Oppo Enco Air4 menawarkan pemutaran hingga 12 jam dalam sekali pengisian daya, dan hingga 43 jam jika digunakan bersama case pengisian.

Dengan teknologi Fast Charging, hanya 10 menit pengisian daya cukup untuk memutar musik hingga 11 jam.

Teknologi baterai canggih ini juga memungkinkan daya tahan luar biasa, dengan kemampuan mempertahankan lebih dari 80% kapasitas asli setelah 1.000 siklus pengisian daya penuh.

Oppo Enco Air4 adalah earbuds TWS pertama dari OPPO yang mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland untuk Kesehatan Baterai.

Konektivitas Oppo Enco Air4 didukung oleh Bluetooth 5.4 terbaru, menghadirkan koneksi cepat, stabil, dan latensi ultra rendah hingga 47ms.

Fitur ini memastikan pengalaman bermain game dan menonton video tanpa gangguan. Selain itu, earbuds ini dapat terhubung dengan dua perangkat secara bersamaan (Android, iOS, atau Windows) dan mendukung Google Fast Pair untuk kemudahan pemasangan perangkat Android.

Desain nyaman untuk penggunaan sepanjang hari

Mengusung desain Dewdrop Earbuds yang ikonik, Oppo Enco Air4 hadir dengan kontur yang lebih nyaman untuk pengalaman pemakaian lebih baik.

Earbuds ini tersedia dalam warna Silky White yang elegan. Dengan bobot hanya 4,2 gram per earbuds, desainnya ringan dan nyaman, bahkan untuk penggunaan dalam waktu lama.

Dengan sertifikasi IP55 tahan debu dan air, earbuds ini cocok untuk aktivitas luar ruangan, olahraga intensif, atau cuaca hujan.

Melalui uji ketahanan ketat termasuk suhu ekstrem hingga 55℃, uji jatuh, dan uji ketahanan engsel, earbuds Oppo ini terbukti tahan terhadap kondisi berat yang menjamin pengalaman mendengarkan tanpa gangguan di berbagai situasi.

Harga dan Ketersediaan

Oppo Enco Air4 tersedia dalam warna Silky White dengan harga Rp799.000 di seluruh Indonesia. Produk ini dapat dibeli melalui situs resmi Oppo Online Store, E-commerce terkemuka, Oppo Gallery, Oppo Experience Store, dan toko rekanan resmi Oppo Indonesia di seluruh Indonesia. (Icha)

Taat TKDN, Samsung Galaxy S25 Series Siap di Pre Order, Ini Harganya!

0

Telko.id – Samsunng Galaxy S25 Series menjadi bagian penting dari komitmen Samsung berkontribusi terhadap perkembangan industri Indonesia dengan menaati regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sehingga memiliki kepastian legalitas yang mumpuni.

Seperti kita ketahui, Samsung Electronics baru saja resmi memperkenalkan seri Galaxy S25  secara global pada perhelatan Galaxy Unpacked 2025 dini hari ini dan saat ini kamu sudah bisa melakukan pre-order di Indonesia.

Galaxy S25 Series terdiri dari Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, dan Galaxy S25 yang siap menjadi asisten pribadi kapanpun dibutuhkan pengguna menjadi lebih produktif dan kreatif.

Sebagai informasi, selain memenuhi permintaan dalam negeri, manufaktur Samsung ini juga telah mengekspor ke berbagai negara di ASEAN sejak tahun 2018, sebagai wujud kontribusi Samsung terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca juga : Samsung Galaxy S25 Series, Hadirkan Standar Smartphone AI Sejati

“Sejak tahun 2015 kami membuka pabrik smartphone di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Jawa Barat, yang merupakan sebuah bentuk kepercayaan kami terhadap industri dan iklim usaha di Indonesia,” ungkap Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia.

Lo Khing Seng menyebutkan bahwa akan meneruskan komitmen dengan meningkatkan TKDN hingga 37,5% pada Galaxy S25 Series.

“Dengan begitu, inovasi yang kami hadirkan khususnya pada Galaxy S25 Series ini bisa dimanfaatkan oleh konsumen kami di Indonesia dengan sempurna,” ujarnya menambahkan.

Ia pun menyebutkan bahwa konsumen pun sudah bisa langsung melakukan Pre Order Galaxy S25 Series dengan mendapat promo terbaik senilai hingga 8,9 juta rupiah.

Masih ragu Pre Order Samsung Galaxy S25 series? Beberapa hal ini bisa jadi alasan untuk kamu segera Pre Order Galaxy S25 Series sekarang: 

Smartphone flagship andalan yang berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) diperlukan melalui sertifikasi, dimana nilai yang dicapai merupakan seberapa besar ketaatan akan tingkat komponen lokal yang terkandung pada produk HKT yang diproduksi di dalam negeri sesuai dengan Permenkominfo Nomor 13 Tahun 2021 yang ditandatangani pada 12 Oktober 2021.

Selain itu, per April 2022, perangkat telekomunikasi berbasis 4G dan 5G harus memiliki TKDN sebesar 35%, di mana Samsung Galaxy S25 Series berhasil mencapai 37,5%.

Selama hampir 10 tahun, Samsung telah membuktikan komitmen bagi Indonesia dengan membangun lini produksi smartphone di Cikarang, Jawa Barat, yang membuka kesempatan bagi ribuan tenaga kerja Indonesia, dan pengembangan software dan aplikasi oleh talenta lokal yang bekerja di Samsung Research Institute Indonesia (SRIN).

Sepanjang tahun 2024 lalu, Samsung Electronics Indonesia juga telah berhasil mencapai total ekspor 1,56 juta unit ke beberapa negara di ASEAN. 

Inovasi AI terdepan dengan personal data terlindungi, kamera tercanggih, dan performa terkuat untuk produktivitas dan kreativitas

Dengan menghadirkan Galaxy S25 Series, Samsung juga membawa inovasi teknologi #AIUnderstandsYou yang memahami dan bisa membantu keseharian kamu untuk mendukung produktivitas dan kreativitas.

AI bisa mengintegrasikan beberapa aplikasi dengan satu prompt perintah, seperti punya asisten pribadi di smartphone kamu. 

Misal, saat pengguna Galaxy S25 Series ingin mencari rekomendasi restoran dengan private meeting room terbaik di sekitar dan menginput lokasi restoran tersebut ke maps, kini cukup berkata melalui kepada Galaxy S25 Series: Find a private room in a restaurant for a meeting tomorrow SCBD, Jakarta, then book on my calendar.

Galaxy S25 Series akan mengaktifkan beberapa aplikasi yaitu Google Search Engine untuk mencari restaurant, Google Calendar untuk mencatat schedule meeting, dan Google Map untuk memberi info lokasi, jarak dan waktu yang diperlukan menuju restaurant.

Pengalaman Mobile AI menjadi personal, sekaligus berkat Personal Data Engine yang memastikan data pribadi yang diakses pada aplikasi seperti kalender, Gallery, Samsung Health, My Files, SmartThings, Weather, Samsung Internet, Samsung Wallet, Reminder, dan Digital Wellbeing aman terlindungi. 

Semua data personal yang ada di Personal Data Engine dienkripsi dengan kunci enkripsi yang disimpan di Knox Vault dan dijaga keamanannya di perangkat.

Jepret foto lebih epic dengan manfaatin 50MP Ultrawide yang ada di kamera Galaxy S25 Ultra

Bukan cuma untuk mendukung produktivitas, kamu juga bisa memanfaatkan Galaxy S25 Ultra dengan sensor kamera 50MP Ultrawide dan ProVisual Engine yang 4x lebih detail berkat 10-bit HDR dan Audio Eraser membantu kamu berkreasi dengan mudah setiap saat.

Dengan fitur on-device AI Audio Eraser,  kamu bisa langsung mengedit dan menghilangkan enam jenis suara yaitu suara manusia, musik, udara, alam, keramaian, hingga noise yang masuk ke dalam audio yang terekam di video. Jadi, cukup dengan bawa Galaxy S25 Series, kamu bisa vlog daily commuting tanpa perlu membawa mic tambahan.

Ilustrasi penggunaan Audio Eraser yang bisa menghilangkan/mengurangi enam jenis suara berbeda (speaker, music, wind, nature, crowd, dan noise) sesuai kebutuhan

Untuk mendukung kinerja AI yang semakin canggih di seri Galaxy S25, smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Elite Mobile Platform for Galaxy yang dengan peningkatan 40% NPU, 37% CPU, dan 30% GPU.

Hal ini membuat Galaxy S25 Series lebih kuat dan lebih akurat dalam hal kinerja untuk pengalaman AI yang beragam, dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Miliki Galaxy S25 Series sekarang dan rasain promo paling menarik hingga 8,9 juta rupiah

Penasaran dan sudah tak sabar mau coba kehebatan performa Galaxy AI terkini di Galaxy S25 Series?

Kamu bisa langsung pre-order Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, atau Galaxy S25 selama periode 23 Januari – 13 Februari 2025 di www.samsung.com/id.

Dengan menjadi salah satu pembeli, maka konsumen bisa mendapatkan bonus eksklusif yang menarik mulai dari Free Memory Upgrade dengan benefit hingga 4 juta rupiah, cashback dari mitra bank dengan nilai mencapai Rp1,5 juta.

Terdapat juga penawaran trade-in cashback dengan nilai hingga Rp2,5 juta dan free Telkomsel eSIM 150GB senilai Rp900 ribu.

Galaxy S25 Ultra akan tersedia dalam 3 varian, yaitu 12/256GB dapat dimiliki dengan harga Rp22.999.000, lalu 12/512GB dengan harga Rp24.999.000, lalu untuk 12/1TB dibanderol senilai Rp28.999.000.

Sementara untuk Galaxy S25+ varian 12/256GB dengan harga Rp17.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp19.999.000. Terakhir, untuk Galaxy S25 varian 12/256GB bisa dimiliki dengan merogoh kocek Rp14.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp16.999.000.

Selain itu, Galaxy S25 Ultra memiliki beragam warna unik, yaitu Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black.

Selain itu, ada juga warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen. Kemudian untuk Galaxy S25 dan Galaxy S25+ ini akan tersedia dengan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Kemudian terdapat juga tiga warna online exclusive lainnya seperti Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)