spot_img
Latest Phone

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...
Beranda blog Halaman 104

Axioo HYPE Flex All-in-One PC, Ringkas, Bertenaga untuk Produktivitas Modern

0

Telko.id – Axioo Perkenalkan HYPE Flex All-in-One PC, solusi ringkas dan bertenaga untuk produktivitas modern.

Produk ini untuk memenuhi kebutuhan masyarak akan perangkat komputer dengan desain minimalis dan hemat ruang menjadi salah satu pilihan penting.

Axioo HYPE Flex All-in-One, komputer inovatif yang menggabungkan kepraktisan, performa tinggi, dan desain yang elegan. Solusi ideal bagi pengguna yang menginginkan komputer ringkas dengan desain minimalis namun tetap mumpuni untuk berbagai kebutuhan, mulai dari bekerja, belajar, hingga hiburan.

Keluaran terbaru ini merupakan perangkat komputer yang tergolong praktis karena hanya berbentuk monitor saja dengan instalasi yang mudah.

Baca juga : Axioo Pongo 735, Laptop Gaming Terbaru dengan Performa Mumpuni

Didesain ringkas dan hemat ruang, fungsi monitor, CPU dan komponen lainnya sudah terintegrasi di dalam monitor. 

Yang menjadi fitur utama dari Axioo Hype Flex All-in-One PC ini adalah adanya Wide AIO Screen, layar maksimal yang mumpuni untuk memberikan visual yang jernih serta memiliki fitur dynamic stand yang adjustable sesuai dengan keinginan pengguna.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat upgrade memory dan storage ke kebutuhan yang lebih besar dan tahan lama.

Axioo Hype Flex All-in-One PC ini terbilang pas untuk pengguna yang membutuhkan layar besar dalam beraktivitas karena sudah didukung dengan Wide AIO Screen berukuran 23.8 inch FHD, serta menggunakan Panel IPS 100% RGB.

Kelebihan lainnya terdapat pada fitur pop up camera 5MP, untuk kegiatan konferensi yang membutuhkan webcam dengan visual jernih.

Cara menggunakannya pun tergolong mudah, yakni cukup dengan menekan kamera di sisi atas dan kamera akan keluar alias pop up, sehingga tergolong aman dari segi privasi ataupun resiko hack.

Axioo HYPE Flex All-in-One PC menggunakan processor Intel Gen 12 dengan dua pilihan prosesor, yakni Intel® Core i3-1215U dan Intel Core i5-1235U sehingga pengguna dapat memilih prosesor sesuai dengan kebutuhan.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan dual memory slot max 2x SODIMM DDR4 up to 64GB dan dual storage (1x 2.5 SATA dan 1x M.2 SATA / NVMe 2280 SSD Gen 3×4) yang memungkinkan pengguna menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan dan menyimpan lebih banyak data serta memberikan cadangan data yang lebih andal. 

Dengan jangkauan harga mulai dari Rp 7 juta sampai dengan Rp 9 jutaan, setiap pembelian Axioo HYPE Flex All-in-One PC akan mendapatkan aksesoris wireless keyboard dan mouse untuk mendukung fleksibilitas pengguna dengan mengedepankan simple workplace, sehingga ruang kerja terasa lebih rapi dan minimalis.

“Axioo Hype Flex All-in-One PC kami luncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan komputer dengan desain ringkas dan hemat ruang namun tetap mengedepankan keseimbangan antara kinerja, kenyamanan dan estetika desain yang minimalis,” kata Timmy Theopelus, Vice President Business Development & Strategic Partnership PT Tera Data Indonusa, Tbk.

Keunggulan Axioo HYPE Flex All-in-One PC tidak hanya dari segi desain, tapi dengan kemampuan dynamic stand yang membuat layar bisa di-adjust sesuai dengan keinginan pengguna dan kemampuan lainnya yang bisa disesuaikan kebutuhan karena fleksibilitas pengguna untuk mengupgrade SSD/RAM.

Fitur ini menjawab kebutuhan pengguna sesuai penggunaannya untuk produktivitas harian, seperti bekerja dan berbagai aktivitas multitasking lainnya.

Dengan semua fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Axioo Hype Flex All-in-One PC merupakan pilihan yang sangat menarik bagi berbagai kalangan di Indonesia terutama para pekerja kantoran.

Dengan desain tampilan berwarna putih yang memberikan kesan clean, simple dan elegan, perangkat ini dapat ditempatkan di berbagai tema ruang seperti coworking space, apartemen, atau kantor tanpa mengganggu tata letak atau estetika keseluruhan sehingga menjadi pilihan ideal untuk ruang terbatas.

Desain dynamic stand yang fleksibel juga memudahkan pengguna untuk menyesuaikan posisi layar, sehingga dapat mengurangi kelelahan mata dan leher dengan cara menyesuaikan sejajar dengan posisi mata, sudut dan orientasi layar yang dapat digunakan optimal dalam posisi landscape ataupun portrait.  

Axioo saat ini memiliki program yang spesial, yaitu Axioo Cicilan 0% yang dapat memberikan kemudahan untuk memiliki produk Axioo dengan pilihan skema Cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan.

Program Axioo Cicilan 0% ini bisa didapatkan di 15 titik Axioo Care Platinum. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memanfaatkan program Axioo Trade In, yakni tukar tambah laptop lama ke unit baru laptop Axioo.

Untuk program ini, pengguna bisa langsung datang ke Axioo Care Platinum dengan membawa laptop lama untuk pengecekan terlebih dahulu oleh tim Customer Service.

Manfaat program Axioo Trade In bisa disatukan dengan Axioo Cicilan 0%, yang akan meringankan pengguna untuk upgrade dari laptop lama ke laptop baru.

Program menarik lainnya yaitu Axioo Accidental Damage Protection Extra yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh untuk perangkat Axioo dari kerusakan yang tidak terduga.

Program ini merupakan yang pertama dan satu-satunya dari brand laptop lokal di Indonesia, yang semakin menunjukkan komitmen Axioo untuk memberikan pengalaman aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Selain perlindungan yang menyeluruh, keunggulan dari Axioo Accidental Damage Protection Extra terdapat pada manfaat proteksi dan asuransi yang sekaligus diberikan—bahkan berlaku untuk diklaim lebih dari sekali, selama memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Semua program spesial ini diharapkan dapat mendukung produktivitas serta performa para pengguna setianya lewat keuntungan dan kemudahan yang menyeluruh.

Untuk setiap pembelian Axioo Hype Flex All-in-One PC, pengguna juga akan langsung mendapatkan garansi resmi dari Axioo selama 1 tahun.

Jaminan layanan purna jual terefleksi lewat jaringan 177 service center yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, dengan layanan same day service. (Icha)
 

Prestasi Gemilang, OPPO Campus Ambassador Batch 1 Lulus

0

Telko.id – Setelah melewati berbagai tantangan dan pengalaman berharga selama tiga bulan, OPPO Indonesia merayakan kelulusan OPPO Campus Ambassador (OCA) Batch 1 dalam Wrap-Up & Ceremony Event.

Acara yang digelar di OPPO Gallery Gandaria City Mall pada 1 Februari ini menjadi momen puncak bagi para mahasiswa terpilih, menandai langkah baru mereka untuk terus menginspirasi generasi muda.

Mengusung tagline “Connect, Create, Impact, Build the Future with OPPO”, program OPPO Campus Ambassador dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman, keterampilan, dan wawasan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.

Salah satu highlight dari program ini adalah Event Challenge, di mana para peserta dibagi dalam lima kelompok untuk mengadakan acara di berbagai lokasi seperti Depok, Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan Bogor.

Baca juga : Oppo Resmi Umumkan Lamine Yamal Sebagai Brand Ambassador Global!

Setiap event dirancang agar mampu menjangkau serta melibatkan audiens mahasiswa secara langsung, memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan.

Selain itu, peserta OPPO Campus Ambassador juga diberikan tugas untuk mengelola media sosial hingga membuat konten yang menarik, serta merancang ide marketing kreatif yang akan berguna dalam perjalanan karir mereka di masa depan.

Melalui rangkaian kegiatan ini, program OPPO Campus Ambassador telah menjadi wadah bagi mahasiswa untuk pengembangan diri.

Dukungan OPPO untuk Masa Depan Mahasiswa

Melalui program ini, OPPO Indonesia ingin berkontribusi dalam persiapan karier mahasiswa dengan berbagai pelatihan, workshop, serta career talk. Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi mereka, OPPO juga memberikan berbagai reward bagi para peserta yang menunjukkan performa terbaik.

Dalam acara ini, Nira Kania Wulandari dinobatkan sebagai Best of the Batch, sementara Keisha Salsabilla meraih penghargaan sebagai Best Student Creator. Keduanya mendapatkan hadiah berupa OPPO Reno13 F 5G.

Selain itu, Kelompok 5 yang berhasil menyelenggarakan event “OPPO Gen-Z, Chill & Skill” di OPPO Experience Store Bintaro Xchange juga mendapatkan penghargaan.

“Tidak hanya sekadar pengalaman, tapi kita juga dibekali dengan ilmu-ilmu baru, sehingga kita jadi lebih siap dan lebih berani untuk menghadapi tantangan ke depannya”, jelas Nira Kania Wulandari, OPPO Campus Ambassador.

“Aku jadi lebih tau tentang fotografi dan itu sangat membantu aku banget sebagai content creator”, tambah Keisha Salsabilla, OPPO Campus Ambassador.

Serangkaian Acara Inspiratif

Wrap-Up & Ceremony Event di OPPO Gallery Gandaria City Mall menghadirkan berbagai kegiatan menarik, termasuk Talkshow, Journey Recap, Awarding, dan Closing Ceremony untuk Batch 1. Para peserta juga berkesempatan untuk menjelajahi OPPO Experience Store, menikmati hidangan dari Finders Cafe, serta mencoba langsung fitur terbaru dari OPPO Reno13 Series.

Dua sesi talkshow inspiratif turut mengisi acara ini yaitu sesi “Strategic Selling: Elevating Communication for Impactful Connections” oleh Henry Manampiring, penulis buku Winning Awarding dan Filosofi Teras. Serta sesi “Understanding the FYP Algorithm: Content that Connects” oleh Arnoldus Yansen, Human Capital Development OPPO Indonesia.

Setiap peserta juga mendapatkan buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring, yang diharapkan dapat menjadi bekal dalam pengembangan diri mereka.

“Materi yang diberikan superduper insightful dan impactful banget buat aku, karena aku bisa belajar untuk how to improve untuk jadi lebih baik”, jelas Kevinia Ruth Nathasya, OPPO Campus Ambassador

Apresiasi dan Penghargaan untuk Para Peserta

Selain penghargaan individu dan kelompok, seluruh peserta OPPO Campus Ambassador Batch 1 juga menerima rapor, sertifikat, serta plakat sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian mereka selama tiga bulan terakhir.

OPPO Indonesia berharap bahwa pengalaman ini akan menjadi fondasi yang kuat bagi para mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

Dengan berakhirnya Batch 1, OPPO Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi mahasiswa di Indonesia melalui berbagai inisiatif dan program pengembangan diri. Nantikan OPPO Campus Ambassador Batch berikutnya dan jadilah bagian dari perubahan! (Icha)

XL Axiata 2024: Laba Bersih Tembus Rp 1,85 Triliun, Pelanggan Naik 1,3 Juta

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih pertumbuhan positif kinerja yang solid di sepanjang tahun 2024.

Perusahaan mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang meningkat sebesar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY), mencapai Rp 34,40 triliun. 

Dalam kinerja XL Axiata tahun 2024 ini, terdapat peningkatan pendapatan tersebut kemudian mendorong pertumbuhan EBITDA mencapai Rp 17,88 triliun, tumbuh 13% YoY, dengan EBITDA margin yang meningkat menjadi 52%. Laba bersih XL Axiata pun ikut terdorong mencapai Rp 1,85 triliun, naik 45% YOY. 

Hingga periode akhir 2024 ini, kinerja XL Axiata juga berhasil meningkatan Average Revenue Per User (ARPU) naik menjadi Rp 43 ribu.

Baca juga : XL Axiata dan Smartfren Merger, Jadi XLSmart Bernilai Rp.104 Triliun

Kenaikan ARPU ini seiring dengan pertumbuhan trafik data yang meningkat 9% YoY, mencapai 10.547 Petabytes, yang juga ikut mendorong kenaikan kontribusi pendapatan layanan Data dan Digital hingga mencapai sebesar 92% dari total pendapatan.

Sementara itu, peningkatan trafik tidak terlepas dari kuatnya basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 58,8 juta. 

“Kami berhasil melalui tahun 2024 yang penuh tantangan ekonomi secara nasional dan global dengan kinerja yang cukup solid, dengan pendapatan yang terus meningkat, serta EBITDA dan laba bersih yang tumbuh double digit,” kataDian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis telah menjadi kunci keberhasilan operator ini.

“Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga mendorong peningkatan trafik data yang signifikan,” ujar Dian menjelaskan.

Dian menambahkan, keberhasilan kinerja sepanjang tahun 2024 tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi di setiap lini bisnis dengan cermat.

Salah satu langkah yang diambil adalah mengoptimalkan pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran, yang berhasil ditekan hingga 15%.

Selain itu, biaya infrastruktur bisa diturunkan hingga 2%, dengan perusahaan lebih berfokus untuk meningkatkan site profitability serta menerapkan strategi jaringan yang lebih efisien dan efektif. 

Dengan demikian, perusahaan mampu mengendalikan kenaikan OPEX, sehingga tetap lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan. Ini adalah langkah positif untuk melanjutkan inovasi dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan.

Terkait keberhasilan penurunan beban dalam penjualan dan pemasaran, operator ini mendorong peningkatan penggunaan aplikasi digital, khususnya aplikasi MyXL dan AxisNet.

Hingga akhir tahun 2024, kedua aplikasi ini mencapai total pengguna aktif bulanan hingga sebanyak 33,1 juta atau meningkat lebih dari 100% dalam tiga tahun terakhir. 

Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan MyXL dan AxisNet merupakan hasil positif dari upayaoperator ini untuk tak henti berinovasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menerapkan strategi yang fokus pada pengalaman pelanggan (CX) berbasis digital melalui data analytics.

Pendekatan dengan memaksimalkan aplikasi digital ini tidak hanya memungkinkan operator ini untuk berinvestasi di area yang memiliki nilai tinggi, tetapi juga untuk membangun jaringan yang kuat guna memenuhi permintaan dari berbagai segmen pelanggan.

Dengan memanfaatkan data analytics, operator ini dapat secara efektif mengevaluasi key performance indicator (KPI) di seluruh aspek yang berkaitan dengan pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas.

Hal ini memberikan perusahaan kemampuan untuk merancang strategi yang tepat, sehingga dapat menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi MyXL dan AxisNet, perusahaan berhasil untuk bisa lebih memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan.

Hal ini memungkinkan operator ini untuk memberikan penawaran yang lebih tepat kepada pelanggan, pada waktu yang tepat, dengan cara yang lebih efektif.

Data Net Promoter Score (NPS) XL Axiata masih meningkat secara signifikan. Peningkatan ini tidak hanya mendorong penggunaan layanan, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pendapatan. Operator ini berkomitmen melanjutkan penerapan strategi ini sepanjang tahun 2025 dan kedepan.

Posisi keuangan operator ini menunjukkan sehat per akhir Desember 2024, utang kotor perusahaan tercatat sebesar Rp 12,5 triliun, sementara utang bersih mencapai Rp 11,1 triliun. 

Rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) berada pada angka 2,5x, mencerminkan manajemen utang yang prudent. XL Axiata tidak memiliki utang berdenominasi valuta asing, yang memberikan stabilitas lebih dalam pengelolaan keuangan.

Dari total pinjaman yang ada, 53% memiliki suku bunga tetap (fixed), sementara 47% lainnya menggunakan suku bunga mengambang (floating), menunjukkan diversifikasi yang bijaksana dalam struktur pembiayaan.

Kemudian, free cash flow (FCF) perusahaan berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 20%, mencapai Rp 10,5 triliun. Hal ini sebagai komitmen XL Axiata untuk menjaga likuiditas dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di masa depan.

Percepatan Layanan FMC

Tahun 2024 telah menjadi tahun yang monumental bagi XL Axiata untuk memperkuat bisnis layanan Fixed Mobile Convergence (FMC), yang ditandai dengan masih tumbuhnya pelanggan layanan XL Satu dan juga masuknya pelanggan layanan fixed broadband (FBB) First Media sebagai salah satu layanan XL Axiata, pasca akuisisi Link Net pada 2022 silam.

Proses pembentukan XL Axiata sebagai ServeCo dan Link Net sebagai FiberCo telah berjalan dengan baik. Dalam langkah strategis ini, XL Axiata telah mengakuisisi sekitar 750 ribu pelanggan residensial Link Net.

Pengambilalihan ini meningkatkan basis jumlah pelanggan FBB Axiata, sehingga saat ini mencapai lebih dari satu juta pelanggan, dan menempatkan XL Axiata sebagai pemain FBB terbesar kedua di Indonesia.

Kolaborasi XL Axiata – Link Net juga menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam upaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC ini, termasuk komitmen untuk memperluas cakupan layanan.

Selain itu, XL Axiata bertekad untuk mendorong percepatan penetrasi konvergensi layanan FMC dan meningkatkan kualitas pengalaman bagi pelanggan.

Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta.

XL Axiata kini juga masih mengembangkan produk ke segmen korporasi dan usaha kecil menengah (UKM). Pengembangan layanan ke kedua segmen tersebut juga diselaraskan dengan semakin meningkatnya kebutuhan atas layanan Information and Communication Technology (ICT), Internet of Things (IoT), dan Big Data. 

Perluas Infrastruktur Jaringan

XL Axiata memperluas infrastruktur jaringan hingga akhir 2024, XL Axiata telah menambah jumlah base transceiver station (BTS) sebanyak 5.740 unit. Dengan demikian total BTS saat ini mencapai 165.864 unit, meningkat sebesar 4% YOY. Dari total tersebut, hampir 111 ribu di antaranya merupakan BTS 4G. 

Sementara itu, proses fiberisasi jaringan telah mencapai 63% dari total site BTS yang tersebar di berbagai penjuru tanah air.

Fiberisasi adalah langkah modernisasi yang dilakukan dengan menghubungkan BTS melalui jalur fiber, serta melakukan pembaruan perangkat-perangkat BTS.

Ini termasuk penggantian perangkat yang sebelumnya menggunakan microwave menjadi perangkat berbasis fiber.

Inisiatif fiberisasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas layanan data 4G, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik dan lebih cepat.

XL Axiata terus melakukan langkah-langkah proaktif untuk meningkatkan kualitas jaringan, yang menjadi fondasi utama dalam memberikan pengalaman pelanggan.

Komitmen XL Axiata untuk memperkuat jaringan tercermin dari pengeluaran belanja modal (Capex) sebesar Rp 7,4 triliun. 

XL Axiata akan terus melanjutkan inisiatif investasi dalam pengembangan jaringan dengan pendekatan yang cermat, guna memastikan bahwa layanan yang ditawarkan semakin berkualitas dan mampu mendukung pertumbuhan penggunaan jaringan yang terus meningkat.

XL Axiata dan Smartfren Merger Strategis

Perusahaan juga melakukan aksi korporasi merger. XL Axiata dan Smartfren telah mencapai kesepakatan definitif untuk melakukan merger, dengan nilai gabungan pra-sinergi mencapai lebih dari Rp 104 triliun.

Penggabungan ini akan melahirkan entitas telekomunikasi baru yang disebut XLSmart, yang akan menjadi kekuatan baru di sektor telekomunikasi Indonesia. Kolaborasi ini akan mendorong inovasi, meningkatkan kualitas layanan, dan memperluas konektivitas digital di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, merger ini diharapkan menghasilkan sinergi biaya yang signifikan, dengan estimasi sinergi sebelum pajak sebesar USD 300-400 juta setelah selesainya proses integrasi jaringan strategis serta optimalisasi sumber daya.

Kolaborasi ini akan menempatkan XLSmart sebagai kekuatan transformatif di industri telekomunikasi, yang membuka jalan bagi pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan di sektor ini.

Merger ini merupakan langkah strategis yang menggabungkan dua entitas yang saling melengkapi, dengan tujuan untuk memberikan layanan terbaik di pasar telekomunikasi Indonesia.

Dengan bergabungnya XLSmart, akan memiliki skala yang lebih besar, kekuatan finansial yang solid, dan keahlian yang mendalam.

Hal ini akan memungkinkan untuk mendorong investasi dalam infrastruktur digital, memperluas jangkauan layanan, dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi pelanggan.

Kolaborasi ini akan menciptakan pasar yang lebih sehat dan kompetitif, memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat. (Icha)

VIDA Authentication Suite, Demi Atasi Keamanan Digital

Telko.id – VIDA menghadirkan Phone Token dan Face Token, sebuah VIDA Authentication Suite dengan dua solusi utama yang dirancang untuk mengatasi keamanan.

“Metode autentikasi tradisional seperti SMS OTP, yang telah berusia puluhan tahun, tidak lagi memadai untuk menghadapi ancaman digital saat ini. Penipuan account takeover (ATO) meningkat pesat, dan sementara metode lama seperti kata sandi dan SMS OTP justru membuka celah bagi bisnis dan konsumen rentan terhadap serangan digital fraud,” kata Niki Luhur, Founder dan CEO Grup VIDA.

Peluncuran ini sejalan dengan temuan whitepaper terbaru VIDA yang mengungkapkan bahwa 97% perusahaan di Indonesia mengalami insiden Account Takeover dalam 12 bulan terakhir, yang sebagian besar disebabkan oleh serangan phishing dan smishing.

Dalam riset Vida, menurut Niki, menemukan fakta bahwa 67% konsumen melaporkan transaksi tidak sah di akun digital mereka. Lalu, 84% bisnis menghadapi insiden keamanan terkait kerentanan SMS OTP.

Baca juga : VIDA Capai Sertifikasi iBeta PAD, Lindungi Ancaman Siber Makin Canggih

Kemudian, 98% bisnis mengalami masalah autentikasi, namun hanya 9% yang mencari solusi

Alternative dan 46% bisnis tidak memiliki pengetahuan tentang cara mengurangi risiko ATO.

“Di VIDA, kami percaya bahwa autentikasi yang aman tidak seharusnya mengorbankan pengalaman pengguna,” ujar Niki menambahkan.

Kemudian, VIDA Face Token yang akan memanfaatkan keamanan Infrastruktur Kunci Publik (PKI) yang dikombinasikan dengan biometrik wajah dan deteksi keaktifan, memastikan hanya pengguna yang sah dapat mengakses akun mereka. 


Nah, solusi ini sangat relevan untuk industri yang menangani transaksi bernilai tinggi, termasuk layanan keuangan dan fintech, Platform e-commerce, Penyedia asuransi dan Institusi multi-finance.

Arwan Hasibuan, Deputi Direktur Pelayanan Konsumen dan Pemeriksaan Pengaduan Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK, menyatakan, “Selama tahun 2024 hingga Januari 2025, OJK mencatat total 2.688 pengaduan terkait external fraud yang dialami konsumen”.

Adapun, salah satu bentuk external fraud yang paling dominan dan sering diadukan oleh konsumen adalah Account Takeover (ATO).

Data ini menunjukkan pentingnya kolaborasi seluruh pihak dalam memerangi penipuan digital. Kami mengapresiasi langkah VIDA dalam memerangi ATO melalui solusi teknologi autentikasi terdepan.

Sebagai lembaga pemerintah yang berkomitmen untuk melindungi konsumen, OJK mendukung penuh inovasi dalam autentikasi digital yang tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat, tetapi juga mencegah kerugian akibat penipuan.

“Di era digital ini, sistem pembayaran yang aman dan efisien sangat penting. Kami mengapresiasi langkah-langkah inovatif dalam autentikasi yang tidak hanya meningkatkan keamanan transaksi, tetapi juga memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan pembayaran digital,” kata Djamin Edison Nainggolan, Direktur Eksekutif Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). (Icha)

Telkom Perkaya Fitur PaDi Permudah UMKM Pasarkan Produk

0

Telko.idPT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui platform digital  unggulannya Pasar Digital (PaDi) UMKM mendapatkan apresiasi atas kontribusinya.

Apresiasi itu terhadap pemberdayaan ekonomi UMKM pada ajang BUMN Awards 2024 berupa Outstanding Contribution to MSME Economic Empowerment yang berlangsung di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Platform PaDi berupa marketplace B2B yang mempertemukan pelaku UMKM selaku penjual dengan kebutuhan pengadaan di BUMN dan perusahaan swasta.

UMKM yang sebelumnya kesulitan mengakses pasar, terutama untuk menjalin kerja sama atau bertransaksi dengan BUMN, kini terbantu dengan kehadiran platform ini yang memberikan kemudahan tersebut.

Baca juga : Antares Eazy, Cegah Bullying di Sekolah dengan IP Camera Berbasis AI

Platform ini juga menjadi solusi bagi BUMN dan perusahaan swasta dalam proses pemilihan vendor dan meringkas proses administrasi yang sebelumnya panjang.

Telkom terus melakukan inovasi terhadap fitur-fitur yang dimiliki PaDi UMKM agar memberikan lebih banyak manfaat dalam pemberdayaan ekonomi.

Pada Oktober 2024 lalu, platform ini meluncurkan fitur e-faktur. E-faktur pada PaDi UMKM  berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi karena dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pajak pertambahan nilai.

Penggunaan e-faktur membantu pelaku UMKM dalam melaporkan pajak sebagai pendapatan negara, sehingga pajak tersebut bisa digunakan untuk pembangunan bangsa.

Selain e-faktur, fitur pembiayaan yang ada di PaDi juga sangat membantu UMKM. UMKM dapat mengajukan pinjaman sampai Rp5 miliar cukup menggunakan Purchase Order (PO) dan Invoice di platform ini.

Skema pembiayaan ini membantu mereka dalam memenuhi pesanan dengan tepat waktu tanpa mengganggu cash flow.

Platform PaDi UMKM yang kami kembangkan tidak sekadar membuka akses bagi UMKM untuk masuk ke pasar pengadaan BUMN dan perusahaan swasta saja, lebih dari itu sebagai solusi digital yang mendukung pertumbuhan bisnis dan mendorong kemapanan ekonomi UMKM,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

Dalam sambutannya saat menyerahkan penghargaan tersebut, Wakil Menteri BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo menyebut bahwa penghargaan ini merupakan penyemangat bagi seluruh jajaran BUMN untuk terus bertransformasi, “Ini merupakan penghargaan bagi BUMN yang berhasil melakukan transformasi menuju Indonesia Emas 2045.”

Sampai saat ini, tercatat sebanyak ratusan ribu UMKM telah bergabung menjadi penjual di marketplace PaDi UMKM dengan nominal transaksi mencapai Rp7 Triliun dan masih akan terus bertambah. (Icha)

Antares Eazy, Cegah Bullying di Sekolah dengan IP Camera Berbasis AI

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui produk inovatifnya, Antares Eazy sebagai bentuk pemanfaatan teknologi di sektor pendidikan bukan sekadar alat bantu, tetapi menjadi bagian penting dalam menciptakan lingkungan yang aman dan mendidik.

Telkom menempatkan Antares Eazy sebagai salah satu produk unggulan dalam mendukung keamanan cerdas di rumah, tempat usaha, termasuk di sektor pendidikan.

Antares Eazy mengintegrasikan IP Camera berteknologi Artificial Intelligence (AI) yang dirancang khusus untuk mendeteksi dan mencegah kejadian seperti bullying di lingkungan sekolah, serta mengoptimalkan fasilitas sekolah secara berkelanjutan.

Dengan teknologi ini, sekolah maupun perguruan tinggi dapat mendeteksi perilaku bullying dan kekerasan di lingkungan sekolah secara otomatis dan lebih efisien.

Baca juga : Telkom Gandeng Thales, Kuatkan Kapabilitas Untuk Kembangkan Kota Cerdas

Cegah Bullying di Sekolah

Pengawasan secara konvensional yang hanya mengandalkan staf atau petugas keamanan kerap kali kurang memadai, terutama di lingkungan sekolah yang luas dengan ratusan anak didik.

Tanpa memanfaatkan teknologi yang dapat mendeteksi bullying secara otomatis, risiko kejadian serupa di sektor pendidikan tetap tinggi dan sulit untuk dicegah.

Keunggulan utama solusi ini adalah algoritma cerdas yang dapat meningkatkan pengawasan dengan mengenali perilaku tidak biasa.

Kamera ini memiliki kapabilitas untuk mendeteksi kerumunan, kemudian memberi notifikasi langsung ke pihak sekolah untuk segera menindaklanjuti.

“Antares Eazy dari Telkom hadir sebagai solusi inovatif untuk mendukung keamanan cerdas di sektor pendidikan. Kami percaya bahwa teknologi AI tidak hanya sekadar mendukung efisiensi, namun juga menciptakan lingkungan yang kondusif melalui kemampuannya dalam mendeteksi bullying,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.

Lebih lanjut, fitur video analytics yang ada di solusi ini dapat mengidentifikasi area-area di sekolah yang membutuhkan perhatian.

Sistem cloud recording pada solusi ini turut memudahkan akses ke rekaman video, tanpa memerlukan perangkat penyimpanan lokal yang mahal.

Pihak sekolah memiliki akses kapanpun ke data rekaman, sehingga dapat menganalisis pola-pola aktivitas di lingkungan sekolah untuk merancang strategi keamanan yang lebih efektif.

Selain itu, fitur AI Employee Presence dari Antares Eazy mendukung monitoring kehadiran staf dan tenaga pengajar secara akurat, sekaligus memastikan bahwa seluruh staf hadir tepat waktu dan bertanggung jawab atas perannya masing-masing.

IP Camera Berbasis AI Tingkatkan Keamanan Sekolah

Dengan solusi berbasis AI, Antares Eazy berkomitmen mendukung sekolah-sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan terbebas dari ancaman bullying, salah satunya melalui sosialisasi pada kegiatan “Indonesia Digital Learning for Great Teacher” yang digelar Telkom dan Pijar.

Dalam kegiatan ini, lebih dari 550 guru dari seluruh Indonesia diberikan pemahaman seputar manfaat teknologi IP Camera berbasis AI dari Antares Eazy, sebagai solusi untuk mendeteksi bullying dan menjaga keamanan sekolah secara proaktif.

Telkom menegaskan kepeduliannya terhadap masa depan generasi muda Indonesia dengan menyediakan teknologi yang relevan dengan kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Salah satunya adalah Antares Eazy yang dapat memberikan pengawasan optimal, sekaligus juga membantu sekolah mengelola lingkungan mereka secara berkelanjutan. (Icha)

Telkomsel Apresiasi Pelanggan, Ini Pemenang Undian Jajan Online 2024!

0

Telko.id – Telkomsel kembali menunjukkan apresiasi kepada pelanggan yang setia menggunakan layanan digital untuk berbagai kebutuhan gaya hidup lewat pengumuman pemenang program Undian Jajan Online 2024 pada Kamis (23/1).

Program Jajan Online 2024 telah diikuti oleh lebih dari 1,8 juta pelanggan dan terpilihlah 165 pemenang.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang program Jajan Online 2024. Program ini mencerminkan komitmen Telkomsel dalam memberikan nilai tambah bagi pelanggan, tidak hanya melalui layanan digital terbaik, tetapi juga melalui berbagai program apresiasi,” kata Lesley Simpson, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Dalam acara pengundian bersama perwakilan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Notaris.

Ia pun percaya bahwa kolaborasi teknologi dan gaya hidup dapat semakin mendekatkan pelanggan dengan ekosistem digital terintegrasi yang kami kembangkan.

Baca juga : Telkomsel ProtekSi Kecil, Solusi Internet Aman dan Sehat Anak

Tentang Program Jajan Online 2024

Program Jajan Online 2024 sebelumnya telah berlangsung dari 21 Oktober hingga 31 Desember 2024 dan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memenangkan berbagai hadiah menarik dengan melakukan transaksi di Google Play Store menggunakan metode prabayar atau pascabayar Telkomsel.

Dimana setiap transaksi senilai 10.000 akan mendapatkan 1 kupon undian, dan berlaku kelipatan. Pelanggan yang baru pertama kali mengaktifkan metode pembayaran Telkomsel di Google Play Store akan mendapatkan tambahan 10 kupon undian.

Ragam hadiah yang dimenangkan oleh para pelanggan Telkomsel, antara lain:

  • 5 unit ROG Phone 8 Pro
  • 5 unit Steam Deck Valve Handheld Gaming OLED
  • 5 unit Nintendo Switch V2
  • 50 saldo LinkAja masing-masing Rp1.000.000
  • 50 voucher Google Play masing-masing Rp500.000
  • 50 pulsa Telkomsel masing-masing Rp500.000

Setelah pengumuman hasil undian diunggah di website resmi Telkomsel, pemenang dihubungi secara resmi oleh Call Center Telkomsel 188 untuk proses validasi data.

Kemudian, hadiah akan diserahkan di GraPARI terdekat sesuai domisili pelanggan. Telkomsel menanggung seluruh pajak dan biaya pengiriman hadiah, sehingga pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Disclaimer, Telkomsel menghimbau seluruh pelanggan untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel.

Jangan pernah memberikan kode OTP atau data pribadi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab, serta hindari mengklik tautan mencurigakan. Telkomsel tidak memungut biaya apapun dari pemenang. (Icha)

7 Program Lingkungan Telkom Berlanjut, Bukti Nyata Keberlanjutan

0

Telko.id – Sepanjang tahun 2024, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah sukses menginisiasikan tujuh program di bidang lingkungan.

Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga pelestarian lingkungan serta mempraktikkan gaya hidup berkelanjutan di keseharian.

Langkah ini berawal dari keprihatinan Telkom akan kondisi alam Indonesia saat ini. Mengutip data tahun 2019 dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kab.

Bandung disebutkan bahwa saat ini Indonesia telah kehilangan 28 juta hektar luas hutan, 750 ribu hektar terumbu karang, serta tingginya angka pencemaran air, udara, dan tanah.

Baca juga : Telkom Gandeng Thales, Kuatkan Kapabilitas Untuk Kembangkan Kota Cerdas

Maka dari itu, Telkom sebagai perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia, turut mengambil peran dalam upaya pelestarian lingkungan, di tengah isu krisis lingkungan yang saat ini semakin meningkat.

Komitmen ini diimplementasikan ke dalam tujuh program, yaitu program Waste Management, Eduvice, Restorasi Terumbu Karang, Reboisasi Hutan, Konservasi Mangrove, Revitalisasi Sarana Air Bersih, dan Bumi Berseru Fest.

“Melalui tujuh program unggulan di bidang lingkungan ini, Telkom berharap dapat membangun serta memulihkan kembali lingkungan dan menumbuhkan aktivitas perekonomian masyarakat sekitar,” kata Hery Susanto, Senior General Manager Social Responsibility Telkom.

Menurut hery, program ini juga mendukung komitmen Telkom dalam mengatasi perubahan iklim dan pencapaian target net-zero emission.

Pada program waste management, Telkom memiliki empat lokasi pengelolaan sampah terpadu yang sudah terdigitalisasi, di antaranya Desa Cikole, Sukahaji, Antapani, dan Kel. Cijawura Kota Bandung. Melalui program ini, Telkom membina masyarakat untuk mengelola sampah rumah tangga menjadi maggot untuk kemudian diperjualbelikan sebagai pakan lele.

Kemudian, melalui program Eduvice, Telkom telah berhasil mengumpulkan 286 perangkat elektronik yang sudah tidak terpakai.

Perangkat ini akan dikelola dan didistribusikan kepada siswa-siswi usia sekolah yang membutuhkan, khususnya di wilayah DKI Jakarta dan Bandung. 

Selanjutnya, pada program Restorasi Terumbu Karang, Telkom telah menanamkan kembali 896 substrat terumbu karang di Pulau Tunda Banten, Taman Nasional Karimunjawa, Desa Morella Ambon, serta Pantai Lanjukang Makassar.

Adapun teknik penanaman yang dilakukan menggunakan metode Web Spider dan Fishdom.

Berikutnya adalah program Reboisasi Hutan di Indonesia dengan penanaman 102.400 bibit pohon yang tersebar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Adapun program ini merupakan hasil inovasi di bidang pelestarian lingkungan dengan mengintegrasikan reboisasi dengan kecanggihan teknologi digital.

Salah satunya dengan cara pengawasan lahan yang sudah ditanami melalui penggunaan teknologi Geographic Information System (GIS).

Tidak hanya itu, Telkom juga berhasil melaksanakan program Konservasi Mangrove sebanyak 62.250 bibit di 12 lokasi penanaman. Di antaranya berlokasi di provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Melalui program ini, Telkom berharap dapat mencegah kerusakan ekosistem pesisir akibat abrasi pantai.

Lalu, Telkom juga melaksanakan program Revitalisasi Sarana Air Bersih untuk keperluan sarana pendidikan di lingkungan sekolah maupun pondok pesantren.

Sepanjang tahun 2024, Telkom telah merevitalisasi 14 lokasi di Banten, Jawa Barat, Aceh, Pekanbaru, Jawa Timur, dan DKI Jakarta.

Terakhir, di akhir tahun 2024, Telkom telah berhasil menyelenggarakan program Bumi Berseru Fest (BBF).

BBF adalah wadah kolaborasi inisiatif Telkom Indonesia untuk organisasi dan penggiat lingkungan dari seluruh Indonesia dalam menciptakan gerakan inovasi dan kreatifitas demi keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan.

Melalui program ini, Telkom berhasil melahirkan 15 program konservasi lingkungan yang akan mulai diimplementasikan di awal tahun 2025 ini.

Sepanjang tahun 2024, Telkom terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan praktik keberlanjutan atau ESG (Environmental, Social, dan Governance) di seluruh aspek dan lini bisnis perusahaan.

Dimana, Telkom berharap dapat terus berkontribusi untuk menciptakan masa depan Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan. (Icha)

vivo X200 Series, Tips dan Trik Fitur vivo AI, Kerja Lebih produktif

0

Telko.id – Dengan banyak nya pekerjaan, sebuah smartphone yang dilengkapi dengan AI tentu akan sangat membantu. Nah, vivo X200 Series yang dilengkap dengan fitur AI bisa menjadi senjata canggih Anda untuk memaksimalkan produktivitas sehari-hari.

Berdasarkan firma riset Counterpoint dan IDC yakin jika 2024 menandai pergeseran tren dalam industri smartphone, dengan fokus utama pada teknologi kecerdasan buatan (AI).

Selain itu, menurut McKinsey Global Institute, penggunaan AI dapat meningkatkan produktivitas kerja manusia hingga 40%.

vivo X200 Series hadir dengan teknologi AI canggih, menjadi asisten digital Anda yang handal untuk mendukung produktivitas Anda sehari-hari.

Baca juga : VIVO X200 Pro Kamera 200MP, Kolaborasi antara Vivo dengan Zeiss

Berikut ini beberapa fitur vivo AI lengkap pada vivo X200 Series yang bisa menjadi senjata canggih Anda untuk memaksimalkan produktivitas sehari-hari dan cara menggunakannya.

Catat Ide Tanpa Ribet dan Rapi dengan Note Assist

Sering kali ide-ide menarik muncul di tengah kesibukan, dan AI Note Assist hadir sebagai penyelamat. Fitur ini menggunakan AI untuk secara otomatis mengorganisir catatan Anda berdasarkan kategori, waktu, atau konteks. Anda bisa mencatat ide proyek, checklist, hingga brainstorming dengan cepat tanpa perlu takut kehilangan detail penting.

AI Note

Contohnya, ketika sedang rapat, cukup buka AI Note Assist dan mulailah mengetik poin-poin penting. vivo AI akan membantu mengatur catatan menjadi lebih rapi, bahkan menambahkan saran pengingat jika ada deadline tertentu.

Selain itu, AI Creation di Notes vivo juga bisa meringkas catatan yang Anda buat, dan yang pasti, bisa diterjemahkan ke dalam bahasa asing agar bisa dibagikan ke kolega/klien asing Anda, berikut caranya:

1. Buka aplikasi Notes di vivo X200 Series.

2. Catat poin-poin penting dalam meeting.

3. Ketuk ikon AI yang ada di sudut kiri bawah.

4. Klik Smart Lay Out.

5. Voila! Poin-poin meeting berubah menjadi minutes of meetings yang mudah dibaca dan siap dibagikan ke peserta lain.

AI Transcript Assist, Voice to Note

Mencatat ulang rekaman audio itu sangat melelahkan. Selain memakan waktu, kita harus mendengarkan rekaman yang sama berulang kali agar tidak ada diskusi yang terlewat. Kini, dengan AI Transcript Assist di vivo X200 Series, transkrip perbincangan bisa dilakukan dalam hitungan detik. 

Dengan fitur ini, Anda tak perlu repot mencatat saat mendengarkan diskusi panjang. AI Transcript Assist mampu merekam dan mengubah percakapan menjadi teks secara real-time, lengkap dengan tanda baca otomatis.

Misalnya, saat rapat dengan klien, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini untuk membuat catatan rapat yang lengkap secara otomatis sehingga Anda bisa fokus mendiskusikan ide-ide tanpa kehilangan poin penting rapat tersebut.

Kalau Anda malas membuat rangkuman, vivo AI bisa langsung memberikan summary catatan Anda secara otomatis, caranya:

1. Buka aplikasi Recorder di vivo X200 Series.

2. Buka percakapan yang ingin Anda Transkripsikan.

3. Di bagian bawah rekaman akan muncul menu Transcript.

4. Pilih mode Transcript.

5. Hasil transkrip akan muncul di layar secara otomatis.

vivo Live Call Translation!

Berkomunikasi dengan bahasa asing kini bukan lagi kendala. vivo Live Call Translation memungkinkan Anda untuk memahami dan berbicara dalam berbagai bahasa secara instan selama panggilan telepon.

Bayangkan saat Anda sedang bernegosiasi dengan mitra dari luar negeri, atau bos asing dimana Anda bekerja secara remote. Fitur ini akan langsung menerjemahkan percakapan Anda ke bahasa pilihan, sehingga Anda bisa lebih percaya diri dan produktif.

1. Sebelum melakukan panggilan, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas.

2. Pilih Smart Calling Assistant.

3. Aktifkan AI Call Translation.

4. Pilih bahasa Anda dan bahasa lawan bicara yang ingin diterjemahkan.

5. Saat panggilan berlangsung, ketuk vivo Live Call Translation, dan Anda akan diarahkan ke layar terjemahan. Di sini, Anda bisa ubah bahasa saat percakapan berlangsung.

6. Nikmati percakapan tanpa batasan bahasa.

Circle to Search: Solusi Cerdas untuk Mencari Informasi dengan Sekejap

Ketika Anda butuh informasi cepat, Circle to Search memungkinkan Anda mencari detail apa pun hanya dengan menggambar lingkaran di layar.

Misalnya, Anda akan menghadiri meeting atau perjalanan dinas di luar kantor dan hanya berbekal sebuah foto lokasi tersebut. Cukup lingkari gambar itu dan fitur ini akan mencarikan informasi lengkap untuk Anda dalam hitungan detik.

1. Aktifkan fitur Smart Touch di pengaturan vivo X200 Series.

2. Buka dokumen atau gambar yang ingin dicari.

3. Gambar lingkaran pada layar, dan nikmati hasil pencarian langsung.

vivo with Google Gemini: Partner Kreatif yang Selalu Siap Membantu

vivo X200 Series bekerja sama dengan Google Gemini, AI generatif yang bisa membantu  Anda menyusun dokumen, membuat desain, hingga menganalisis data hanya dengan perintah suara.

Misalnya, Anda ingin membuat laporan bulanan. Cukup ucapkan, “Buatkan laporan keuangan,” dan Google Gemini akan menyiapkannya. Waktu Anda pun lebih hemat!

1. Aktifkan Google Assistant di vivo X200 Series.

2. Ucapkan perintah seperti, “Hey Google, buka Google Gemini.”

3. Berikan tugas yang Anda inginkan, dan hasilnya akan membuat Anda tercengang.

Hadirkan AI Erase 2.0

vivo X200 Series tidak hanya didukung AI canggih yang meningkatkan produktivitas Anda, tetapi juga membantu Anda mengabadikan setiap momen berharga. Saat ingin mengabadikan momen liburan di tempat wisata pasti terdapat photo bomb yang mengganggu.

Ada saja objek yang tidak diinginkan dalam sebuah foto. Cukup dengan melingkari objek tersebut, dalam hitungan detik, vivo AI Erase 2.0 di vivo X200 Series akan menghilangkannya untuk Anda.

1. Buka foto yang ingin Anda edit.

2. Ketuk menu Edit.

3. Cari menu AI Erase.

4. Lingkari objek yang ingin Anda hilangkan.

5. Nah, foto akan terlihat lebih bersih dari sebelumnya.

Melalui menu Edit, Anda juga bisa memperbaiki foto blur menjadi lebih jelas dengan AI Photo Enhance. Dalam menu Edit, cari pilihan Repair/Perbaiki, kemudian pilih AI Photo Enhance. (Icha)

Galaxy S25 Series: Desain Lebih Tipis, Ringan, dan Warna Anti-mainstream

0

Telko.id – Galaxy S25 Series berhasil memikat perhatian konsumen bukan hanya melalui berbagai upgrade yang signifikan dan kehadiran fitur baru Galaxy AI yang mengesankan saja.

Device ini menjadi sangat fresh dan kekinian karena mengalami perubahan desain yang signifikan dan menjadi salah satu lineup dari seri Galaxy S yang paling ringan dibandingkan pendahulunya.

Bukan cuma tampil dengan bergaya lebih muda, tapi Galaxy S25 Series juga dirancang dengan berbagai material yang ditingkatkan sehingga memungkinkan device ini menjadi lebih tipis, lebih ringan, namun tetap kokoh dan memiliki daya tahan yang lebih baik untuk digunakan setiap waktunya.

Ukurannya yang lebih kecil pun tak membuat Samsung melupakan peningkatan komponen di dalam device seperti Vapor Chamber yang membuat kinerja premiumnya tak terkendala.

Baca juga : Jerome dan Vonzy Bagi Kesan Pertama tentang Galaxy S25 Series

“Galaxy S25 Series sekarang punya desain yang seragam dan rounded, termasuk pada varian Ultra yang kini didesain lebih bulat untuk meningkatkan cengkraman dan nyaman digenggam,” kata .” kata Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.  

Menurut Verry, device ini pun tampil 15 persen lebih ramping dibandingkan pendahulunya, namun layarnya dibuat lebih besar dari pendahulunya dengan 6.9 inci, ini karena Galaxy S25 memiliki bezel yang lebih tipis.

“Dan yang juga menarik, meski perangkat jadi lebih tipis namun Vapor Chamber pada seluruh device ini justru meningkat, yakni mencapai 40 persen lebih besar sehingga memberikan kualitas pendinginan yang lebih sempurna bahkan ukuran baterai yang sama dengan pendahulunya,” ujar Verry menambahkan.  

Desain tipis yang bukan tanpa sebab, bikin Galaxy S25 Series semakin nyaman jadi daily driver

Pembaruan desain pada Galaxy S25 Series dilakukan mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen setiap waktunya untuk memiliki device dengan tampilan yang premium, elegan, dan futuristik.

Kebutuhan tersebut juga pastinya diikuti dengan preferensi pengguna yang sekarang ini setiap waktunya tak lepas dari smartphone mereka, sehingga membutuhkan kenyamanan ketika ingin membawanya ke mana pun setiap waktu.

Desain Galaxy S25 Ultra yang fresh dan jauh lebih tipis membuat smartphone ini menjadi lebih nyaman digenggam setiap waktunya

Dari sisi dimensi, Galaxy S25 Ultra juga lebih ringkas jika dibandingkan Galaxy S24 Ultra sebelumnya. Bobotnya hanya 218 gram dengan panjang 162,8 mm; lebar 77,6 mm; dan ketebalan pada 8,2mm. Padahal device pendahulunya dari varian paling tinggi ini memiliki bobot 232 gram dengan ketebalan mencapai 8,6 mm.

Bukan hanya di atas kertas, saat memegang Galaxy S25 Ultra dengan desainnya yang lebih rounded kamu akan bisa merasakan kenyamanan saat menggenggam device yang memiliki layar cukup besar namun tetap slim dan ringan sehingga tak akan mengganggu saat masuk ke kantong pakaian.

Kemudahan ini tentunya akan membuat Galaxy S25 Series semakin cocok untuk menjadi daily driver dan true AI companion kamu sehari-hari.

Material terbaik untuk mendukung desain premium dengan durabilitas yang mengesankan

Meski menjadi device seri Galaxy S yang paling tipis, tapi Galaxy S25 Series juga merupakan yang paling kokoh dengan durabilitas terbaik dibandingkan dengan pendahulu lainnya.

Semua model Galaxy S25 menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang revolusioner di bagian belakang, sementara khusus untuk varian tertingginya Galaxy S25 Ultra menggunakan Corning Gorilla Armor 2 yang memiliki ketahanan lebih baik.

Durabilitas Galaxy S25 Series semakin diperkuat melalui kehadiran komponen premium yang disematkan

Tak hanya unggul di bodi saja, lapisan screen pada Galaxy S25 juga diperkuat dengan lapisan anti-reflektif DX+ generasi berikutnya, menghasilkan ketahanan gores yang semakin mantap dan peningkatan daya tahan hingga 30% dalam uji jatuh.

 Jadi, meskipun ketebalan smartphone ini dikurangi semaksimal mungkin untuk meningkatkan kenyamanan genggaman, seri Galaxy S25 tetap menghadirkan daya tahan dan performa yang lebih baik, memastikan desain premium tidak mengorbankan performa yang mengesankan.

Pilihan warna yang colorful, kekinian dan anti-mainstream, cocok untuk bergaya muda zaman now

Kabar baiknya! Desain yang kekinian juga diperkuat dengan pilihan warna dari device Galaxy S25 Series yang semakin beragam, total terdapat 7 warna yang bisa kamu miliki untuk Galaxy S25 Ultra.

Kehadiran warna-warna tersebut tentunya membawa nuansa fresh dan ekspresif, sesuai dengan tren gaya hidup modern. Warna-warna elegan hingga opsi lebih berani benar-benar bisa mencerminkan smartphone sebagai kepribadian masing-masing penggunanya.

Pilihan warna yang beragam dihadirkan untuk memenuhi preferensi pengguna dan bisa menjadikan smartphonenya lebih standout serta unik

Buat Galaxy S25 Ultra, berikut ini adalah daftar warna yang bisa kamu miliki: Titanium Silverblue yang merupakan hero color dari varian ini, kemudian Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium Black. Selain itu, ada juga warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.

Sementara, untuk Galaxy S25 dan Galaxy S25+ ini akan tersedia dengan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Terdapat juga tiga warna online exclusive lainnya seperti Blueblack, Coralred, dan Pinkgold.

Salah satu yang unik ialah warna Coralred yang memiliki sentuhan merah menyala yang penuh energi, cocok untuk pengguna yang ingin tampil standout dan berani.

Pasti sudah nggak sabar buat miliki smartphone kece yang punya performa terbaik tapi dilengkapi desain yang kekinian dan bisa jadi fashion statement unik kamu? Buruan langsung pre-order Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, atau Galaxy S25 selama periode 23 Januari – 13 Februari 2025 website resmi Samsung Indonesia.

Dengan menjadi salah satu pembeli, maka konsumen bisa mendapatkan bonus eksklusif yang menarik mulai dari Free Memory Upgrade dengan benefit hingga 4 juta rupiah, cashback dari mitra bank dengan nilai mencapai Rp1,5 juta. Terdapat juga penawaran trade-in cashback dengan nilai hingga Rp2,5 juta dan free Telkomsel eSIM 150GB senilai Rp900 ribu.

Galaxy S25 Ultra akan tersedia dalam 3 varian, yaitu 12/256GB dapat dimiliki dengan harga Rp22.999.000, lalu 12/512GB dengan harga Rp24.999.000, lalu untuk 12/1TB dibanderol senilai Rp28.999.000.

Sementara untuk Galaxy S25+ varian 12/256GB dengan harga Rp17.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp19.999.000. Terakhir, untuk Galaxy S25 varian 12/256GB bisa dimiliki dengan merogoh kocek Rp14.999.000 dan varian 12/512GB dengan harga Rp16.999.000. (Icha)