spot_img
Latest Phone

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...
Beranda blog Halaman 100

Natal dan Tahun Baru, Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan

0

Telko.id – Menyambut perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Smartfren telah melakukan peningkatan kapasitas dan optimasi jaringan guna memastikan pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet terbaik.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan traffic layanan internet yang diperkirakan mencapai 10-15% dibandingkan hari biasa, terutama menjelang malam Natal dan momen pergantian tahun.

Prediksi peningkatan traffic ini tak terlepas dari tren penggunaan internet untuk berbagai aktivitas online.

Selama momen libur akhir tahun, banyak pelanggan memanfaatkan layanan internet untuk mengakses hiburan streaming video, musik, berkirim pesan instan, video call atau mengunggah konten ke media sosial.

Baca juga : XL Axiata dan Smartfren Merger, Jadi XLSmart Bernilai Rp.104 Triliun

“Lonjakan traffic internet pada malam Natal dan Tahun Baru bukan hanya disebabkan oleh peningkatan pengguna aktif, tetapi juga oleh pola kegiatan digital yang semakin meningkat jumlahnya,” kata Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Hal itu, menurut Agus, selaras dengan tingkat keaktifan masyarakat kita di dunia digital, mulai dari konsumsi konten hiburan hingga kegiatan produktif seperti membuat konten di media sosial.

“Mengantisipasi hal tersebut, Smartfren sudah menyiapkan peningkatan kapasitas jaringan untuk memastikan pelanggan dapat menikmati layanan tanpa kendala, terlepas dari tingginya tingkat konsumsi data,” ungkap Agus menambahkan.

Sebagai bentuk antisipasi, Smartfren telah meningkatkan kapasitas jaringan di wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami lonjakan traffic lebih signifikan; beberapa diantaranya adalah kawasan wisata serta pusat pemberangkatan transportasi (stasiun, bandara, dan terminal).

Beragam teknologi terkini, seperti Artificial Intelligence (AI) juga mulai diimplementasikan di jaringan Smartfren untuk menghadirkan internet yang efisien dari segi konsumsi daya, namun tetap memberikan kualitas terbaik kepada pelanggan.

“Dengan serangkaian peningkatan jaringan dan inovasi teknologi, kami berharap pelanggan dapat menjalani momen Natal dan Tahun Baru dengan lebih nyaman,” tutup Agus Rohmat.

Pelanggan dapat menikmati kualitas jaringan terbaik Smartfren menggunakan berbagai pilihan paket internet yang tersedia.

Salah satu yang terbaru adalah Smartfren Unlimited Suka-SukaPaket tersebut memberikan akses internet yang bebas khawatir dengan memberikan jaminan terkoneksi ke layanan internet 4G Smartfren selama masa berlaku paket.

Varian paket data Unlimited Suka-Suka ini memberikan keleluasaan bebas pilih bagi pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan budget masing-masing. Pilihan paket data Unlimited ini tersedia dengan harga terjangkau mulai dari Rp9000-an dan dengan pilihan pemakaian wajar (FUP) harian hingga 5GB.

Masa berlaku paket juga bervariasi dari 1 hari sampai dengan 30 hari, sehingga pelanggan pasti nyaman memakainya untuk mengakses internet dan berbagai aplikasi digital. (Icha)

VIDA Capai Sertifikasi iBeta PAD, Lindungi Ancaman Siber Makin Canggih

0

Telko.id – VIDA, penyedia solusi identitas digital terkemuka di Indonesia, dengan bangga mengumumkan pencapaian sertifikasi iBeta Level 1 Presentation Attack Detection (PAD) untuk solusi liveness detection mereka.

Sertifikasi ini menegaskan komitmen VIDA dalam menyediakan fitur keamanan mutakhir yang melindungi terhadap ancaman siber yang semakin canggih.

iBeta adalah laboratorium pengujian independen yang diakui secara global, khusus dalam evaluasi sistem biometrik. Sertifikasi Level 1 PAD menilai kemampuan sistem biometrik untuk menahan teknik spoofing dasar, seperti foto cetak atau video.

Pengujian yang dilakukan oleh iBeta selaras dengan standar ISO/IEC 30107−3, yang menetapkan tolak ukur untuk deteksi serangan presentasi biometrik.

Baca juga : Transaksi Keuangan Digital Wajib TTD Elektronik Tersertifikasi!

Sertifikasi ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam menetapkan standar baru keamanan digital di Indonesia. Teknologi kami memiliki standarisasi global untuk memberikan kepercayaan dan perlindungan terbaik kepada mitra bisnis kami,” kata Niki Luhur, Founder dan Group CEO VIDA.

VIDA berkomitmen untuk menghadirkan solusi identitas digital yang memenuhi standar global dan secara strategis dirancang untuk kebutuhan pasar Indonesia.

Solusi identitas digital tepercaya VIDA telah banyak digunakan oleh perusahaan terkemuka di Indonesia, termasuk Bank Mandiri, BCA, Bank BTPN, Tokopedia, Gojek, Bukalapak, dan DANA.

Bagi bisnis yang membutuhkan solusi verifikasi identitas untuk proses onboarding pelanggan dan transaksi, sertifikasi iBeta Level 1 PAD menegaskan keunggulan layanan VIDA, termasuk fitur liveness detection yang memberikan:

1. Keamanan Tinggi: Teknologi VIDA memenuhi standar global yang ketat untuk melawan serangan spoofing, sangat penting bagi sektor perbankan, keuangan, dan e-commerce.

2. Kepatuhan Global: Sertifikasi ini memastikan solusi biometrik VIDA sesuai dengan standar ISO/IEC 30107−3, memudahkan perusahaan untuk memenuhi persyaratan regulasi internasional.

3. Pencegahan Penipuan yang Lebih Baik: Dengan pengakuan tingkat dunia, proses verifikasi identitas yang diperkuat dapat melindungi akun pengguna dan meningkatkan kepercayaan dalam proses onboarding dan autentikasi digital.

Tidak hanya mengandalkan pencapaian global sertifikasi iBeta PAD Level 1, VIDA juga memiliki sertifikasi lain dan merupakan menjadi anggota, seperti:

  1. Sertifikasi WebTrust (2020): VIDA menjadi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) pertama di Indonesia yang meraih akreditasi ini. 

  2. Top Global Ranked NIST (2023): Mengukuhkan teknologi VIDA di antara sistem biometrik terbaik dunia. 

  3. Adobe Approved Trust List (AATL): Pengakuan ini memastikan tanda tangan digital VIDA diakui secara global. 

  4. Anggota Cloud Signature Consortium (CSC): Berkontribusi dalam pengembangan standar global untuk tanda tangan digital berbasis cloud. 

  5. Anggota FIDO Alliance: Mendukung inovasi teknologi tanpa kata sandi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 


Sertifikasi iBeta Level 1 menambah lapisan kredibilitas pada portofolio solusi biometrik dan AI-driven VIDA, semakin memposisikan perusahaan sebagai mitra tepercaya dalam mengamankan transaksi digital dan data pelanggan di lanskap ancaman yang semakin kompleks. (Icha)

Xiaomi Smart Display Max 100, Layar Pintar Ultra Besar Pertama di Indonesia

0

Telko.id – Xiaomi Indonesia meluncurkan Xiaomi Smart Display Max 100, layar pintar ultra besar yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan hiburan hingga keperluan profesional para penggunanya.

Dengan ukuran 100 inci, Smart Display Max 100 menjadi kulminasi layar terbesar Xiaomi di luar perangkat lain seperti smartphone, tablet, Smart TV, dan sebagainya.

Perangkat ini menghadirkan pengalaman hiburan layaknya bioskop sekaligus menjadi solusi praktis untuk kebutuhan profesional lainnya.

“Kali ini, Xiaomi kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan inovasi terbaik bagi konsumen. Xiaomi Smart Display Max 100 menjadi kebanggaan kami karena ini merupakan layar pintar terbesar pertama yang dihadirkan Xiaomi ke pasar Indonesia secara resmi,” kata Andi Renreng, Marketing Director Xiaomi Indonesia.

Baca juga : Xiaomi Indonesia Luncurkan Dua Xiaomi Smart Air Purifier Terbaru

Tidak hanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan hiburan modern di rumah, layar pintar 100 inci ini menjadi solusi multifungsi untuk kebutuhan profesional dengan menghadirkan kualitas visual memukau dan audio yang sinematik.

“Inilah bentuk komitmen Xiaomi dalam mewujudkan semangat ‘Live Right, Live Smart’ dengan produk-produk AIOT yang berkualitas tinggi,” tambah Andi.

Rasakan pengalamanan MAXperience entertainment

Dibekali layar 100 inci QLED 4K UHD Xiaomi Smart Display Max 100 menghadirkan detail visual yang tajam dengan dukungan warna DCI-P3 94% untuk tampilan yang lebih berwarna dan realistis.

Untuk menonton film, perangkat ini dilengkapi Dolby Vision dan Dolby Atmos, menciptakan pengalaman audio-visual sinematik yang mendalam. Mode filmmaker juga memastikan film ditampilkan sebagaimana yang dimaksudkan oleh sutradara, tanpa pengolahan yang berlebihan.

Layarnya memiliki variable refresh rate 144Hz & AMD FreeSyncTM Premium, menciptakan gameplay ultra-halus dengan waktu latensi rendah hingga 4ms.

Dilengkapi dengan desain bezel-less ultra besar yang menciptakan layar penuh yang imersif, layar ini terasa sempurna menemani para gamer yang membutuhkan performa tinggi.

Tidak hanya untuk kebutuhan hiburan, smart display ini juga ideal bagi penggemar teknologi dan smart home dengan integrasi Google TVTM, Google Assistant, dan Chromecast built-inTM, yang memungkinkan kontrol rumah pintar dengan mudah.

MAXperience untuk kebutuhan profesional di lingkungan bisnis

Dengan sudut pandang 178°, layar ini sangat cocok digunakan untuk keperluan bisnis, seperti dalam ruang rapat besar atau tempat penyelenggaraan acara, berkat kemampuannya menghadirkan presentasi yang tajam dan mengesankan.

Selain itu, teknologi AI berbasis prosesor Quad Cortex-A73 dan GPU Mali-G52 mendukung pemrosesan gambar canggih seperti AI Super Resolution, memastikan tampilan dengan detail yang optimal bahkan saat digunakan untuk menampilkan konten profesional seperti visualisasi data atau materi presentasi.

Bagi kreator konten dan pekerja media profesional, layar ini memanfaatkan teknologi Quantum Dot untuk menghasilkan warna yang sangat akurat, memungkinkan setiap pengguna menikmati visual berkualitas tinggi untuk pengeditan foto atau video.

Dengan penyimpanan internal 32GB, Xiaomi Smart Display Max 100 memiliki kapasitas yang cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi secara mulus. Karena itu, perangkat ini dapat memenuhi beragam kebutuhan, baik sebagai pusat hiburan di rumah maupun perangkat penunjang aktivitas profesional.

Dengan desain bezel-less ultra besar yang elegan dan futuristik, layar pintar Xiaomi menggabungkan keindahan estetika dengan performa kelas atas.

Perangkat ini menjadi pilihan sempurna untuk pengguna dengan berbagai kebutuhan, baik itu untuk hiburan di rumah, gaming dengan pengalaman yang jauh lebih imersif, hingga kebutuhan bisnis yang membutuhkan kualitas dan fleksibilitas dalam satu perangkat.

“Kami memastikan pengguna Xiaomi Smart Display Max 100 akan mendapatkan pengalaman maksimal dengan perangkat ini. Bukan saja dari inovasi dan teknologinya saja, namun dari sisi logistik termasuk pengiriman dan instalasi, garansi, serta after sales sudah kami persiapkan dengan baik untuk memberikan kenyamanan dan kepercayaan ekstra ketika menggunakan Xiaomi Smart Display Max 100,” tutup Andi.

Untuk memastikan jaminan keamanan penggunaan kepada setiap konsumen, layar pintar Xiaomi ini akan mendapatkan 3 tahun garansi penggantian panel dan 1 tahun untuk spare parts.

Selama masa promo tanggal 19 Desember 2024 – 28 Februari 2025, layar pintar ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 29.999.000, dari harga normal senilai Rp34.999.000.

Selain itu, khusus untuk setiap pembelian produk di official store Xiaomi Indonesia (Online: Mi.co.id) dan di Xiaomi Store yang dioperasikan oleh Xiaomi Indonesia (Kota Kasablanka, Mal Ciputra Jakarta, dan Mall of Indonesia), konsumen akan mendapatkan pengiriman dan pemasangan tanpa biaya di seluruh pulau Jawa (syarat dan ketentuan berlaku).

Harga dan Ketersediaan

Xiaomi Smart Display Max 100 tersedia mulai 19 Desember 2024 secara eksklusif di Mi.co.id dan Xiaomi Store di Kota Kasablanka, Mall Ciputra Indonesia, dan Mall of Indonesia, dan akan tersedia di kanal marketplace lain secara bertahap. (Icha)

Telkomsel Gelar Grand Final Dunia Games LAGA 2024, Ini Pemenangnya!

0

Telko.id – Telkomsel melalui Dunia Games kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung ekosistem games dan esports nasional dengan menyelenggarakan Dunia Games LAGA (DGL) 2024.

Turnamen yang telah berlangsung sejak Oktober 2024 ini melibatkan lebih dari 183 wilayahdi seluruh Indonesia dan mencapai puncaknya di National Grand Final di Jakarta (17/12).

Sebelumnya dikenal dengan nama Dunia Games League, DGL 2024 mempertandingkan game populer Honor of Kings, bekerja sama dengan publisher Level Infinite dan didukung sepenuhnya oleh PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia).

Dengan total hadiah Rp797.500.000, ajang ini menjadi platform bagi ribuan pemain berbakat untuk unjuk kemampuan dan meraih mimpi mereka di dunia esports profesional.

Baca juga : Seru! Dunia Games Telkomsel Kini Punya Fitur Live Streaming

“Dunia Games LAGA 2024 bukan hanya sekadar turnamen, tetapi panggung bagi talenta muda Indonesia untuk meraih karier di industri esports yang terus berkembang pesat,” kata Lesley Simpson, VP Digital Lifestyle Telkomsel.

Menurut Lesley, dengan potensi besar dari ekosistem ini, Telkomsel berkomitmen memberikan dukungan penuh melalui platform digital yang inklusif dan kompetisi seperti DGL. Ia pun optimis games dan esports akan menjadi pilar penting dalam mendorong ekonomi digital Indonesia.

National Grand Final DGL 2024 mempertemukan 8 tim terbaik dari berbagai wilayah, termasuk  Zwitterion PRFS.ID, Batcave Avernus, Notoxic (NTXC) Aether, Villain From Borneo, Vagos, Lord Black Eye, Dominator esports, dan Kagendra.

Melalui sistem single elimination, Kagendra berhasil merebut gelar juara nasional, dengan Dominator e-Sports sebagai runner up.

Selain sebagai penyelenggara turnamen, Dunia Games juga berperan sebagai penyedia ekosistem terintegrasi yang mendukung perkembangan komunitas games dan esports Indonesia.

Platform ini menyediakan beragam layanan, mulai dari fitur live streaming, tips dan trik games, kemudahan top-up voucher, hingga Paket GamesMAX untuk mendukung pengalaman bermain tanpa hambatan.

Melalui Dunia Games, Telkomsel juga terus berinovasi dengan menghadirkan Multi-Payment Voucher, yang mempermudah gamers dalam melakukan pembelian di berbagai platform.

“Dengan inovasi berkelanjutan di Dunia Games, Telkomsel berharap dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih baik sekaligus memperluas aksesibilitas bagi seluruh gamers di Indonesia,” tambah Lesley.

Penciptaan ekosistem games terlengkap melalui Dunia Games juga telah diakui di tingkat internasional dengan penghargaan “Indonesia Technology Excellence Award in the Gaming” pada ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 di Thailand (5/9).

Penghargaan ini menggarisbawahi komitmen Telkomsel dalam mengoptimalkan pengalaman bermain dengan solusi terpadu bagi berbagai kebutuhan games dan esports di Indonesia.

Hingga kini, Dunia Games telah melibatkan lebih dari 40 juta pengguna dan menyelenggarakan lebih dari 111 ribu turnamen yang menarik lebih dari 590 ribu gamers aktif.

Dunia Games telah menjadi elemen penting dalam mendukung komunitas games dan esports Indonesia selama masa pandemi dan terus berlanjut hingga sekarang. (Icha)

Halte Widya Chandra Telkomsel, Tak Sekedar Nama, Ini Kerjasama lainnya!

0

Telko.id – Telkomsel dan Transjakarta secara resmi mengumumkan kolaborasi strategis dalam upaya meningkatkan sistem transportasi publik Jakarta melalui inovasi digital dan konektivitas perkotaan. Kolaborasi ini ditandai dengan hak penamaan Halte Widya Chandra, yang kini resmi berganti nama menjadi “Halte Widya Chandra Telkomsel”.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Telkomsel untuk menyediakan solusi dan konektivitas inovatif di setiap lini kehidupan, sekaligus mendukung upaya Transjakarta dalam meningkatkan sistem transportasi publik di Jakarta.

Inisiatif ini menjadi simbol sinergi antara teknologi, layanan, dan konektivitas yang bertujuan menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan.

“Halte Widya Chandra Telkomsel bukan sekadar sebuah nama—ini adalah simbol bagaimana inovasi dan kemitraan dapat membawa kemajuan yang berarti bagi masyarakat,” kata Derrick Heng, Direktur Marketing Telkomsel.

Baca juga : PosAja! Kini Hadir di MyTelkomsel Super App, Permudah Pelanggan Kirim-kirim

Menurut nya, bersama Transjakarta, Telkomsel berupaya mentransformasi mobilitas perkotaan dan menghadirkan solusi terbaik yang berdampak positif bagi kehidupan sehari-hari.

Penamaan “Halte Widya Chandra Telkomsel” merupakan langkah awal dari kolaborasi ini. Selain hak penamaan halte, Telkomsel dan Transjakarta juga tengah mengembangkan berbagai solusi inovatif, termasuk Tap On Bus (TOB) yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan kemudahan layanan bagi para pengguna transportasi publik.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta, Welfizon Yuza menekankan pentingnya kolaborasi dalam menciptakan sistem transportasi publik yang modern dan terintegrasi, “Transjakarta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta memastikan infrastruktur transportasi publik di Jakarta mampu menjawab kebutuhan dan tantangan perkotaan yang terus berkembang”.

Menurut Yuza, melalui kemitraan bersama Telkomsel ini, Transjakarta dapat mengintegrasikan solusi digital terkini ke dalam ekosistem layanan kami, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna dan mewujudkan Jakarta sebagai kota yang lebih cerdas dan terhubung.

Kemitraan ini mencerminkan komitmen bersama antara Telkomsel dan Transjakarta untuk selalu mendorong mobilitas perkotaan yang lebih efisien, memberikan pengalaman transportasi publik yang lebih baik, serta mendukung transformasi digital di Jakarta.

Melalui kerja sama ini, Telkomsel dan Transjakarta juga berharap dapat mendorong transformasi Jakarta menjadi kota pintar berkelas dunia yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini dan masa depan.

Ke depannya, Telkomsel juga terus memperkuat posisinya sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dengan memperluas jaringan Hyper 5G secara masif dan berkesinambungan (contiguous) di wilayah Jabodetabek.

Jaringan Hyper 5G Telkomsel akan memberikan pengalaman gaya hidup modern yang dinamis dengan mobilitas tinggi dan konektivitas tanpa batas, mendukung masyarakat untuk tetap produktif dan selalu terhubung di berbagai aktivitas sehari-hari. (Icha)

12 Finalis Siap bertarung di IM3 Collabonation Talent Hunt 2024

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand IM3, dengan bangga menggelar Grand Final Collabonation Talent Hunt 2024, ajang pencarian bakat musik nasional yang telah memotivasi ribuan anak muda Indonesia untuk menunjukkan bakat musik mereka.

Sebanyak 12 finalis terbaik akan tampil di Pos Bloc, Jakarta, memperebutkan hadiah utama berupa rekaman bersama musisi ternama, Hindia.

Melalui inisiatif ini, IM3 mendukung potensi generasi muda dengan menyediakan panggung besar sebagai wadah kolaborasi kreatif untuk melahirkan talenta baru di industri musik tanah air.

Collabonation Talent Hunt merupakan kelanjutan dari Collabonation Tour, sebuah konser musik keliling Indonesia yang dimulai sejak 2022.

Baca juga : IM3 Kembali Dukung Pestapora, Ada Kejutan Kolaborasi Musik Global

Kompetisi pencarian bakat ini berlangsung dari Agustus hingga November 2024, melibatkan lebih dari 5.000 peserta yang berpartisipasi secara online dan offline.

Audisi digelar di 51 kota, diadakan dari Aceh sampai Kupang menjangkau wilayah Jabodetabek, Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Sebagian besar peserta tahun ini mengikuti audisi secara online, mencerminkan pentingnya peran internet dan kualitas jaringan IM3 dalam membuka peluang lebih luas. IM3 memastikan peserta dapat mengakses internet cepat 24 jam melalui jaringan yang kuat, luas dan stabil dan paket Freedom Internet.

Hal ini memberikan peluang lebih besar bagi peserta untuk mengembangkan bakat musik mereka dan tetap terhubung dengan ekosistem pendukung dimanapun mereka berada.

“IM3 percaya bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk berkarya dan menginspirasi melalui musik. Kami menghadirkan Collabonation Talent Hunt sebagai wadah talenta musik se-Indonesia dari Sumatera ke Papua untuk berekspresi dan menyalurkan karyanya di panggung Nasional yang didukung oleh jaringan IM3 yang kuat, luas dan stabil melalui 52 ribu BTS seluruh Indonesia,” kata Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Ia pun berharap acara ini akan melahirkan musisi-musisi hebat yang dapat menjadi inspirasi bagi anak muda di seluruh Indonesia.

Berikut adalah 12 finalis terbaik yang berhasil melaju ke tahap final nasional dan mewakili 4 wilayah:

Jabodetabek: Normatif, The Penninsula dan The Morbius

Sumatra: The Venyamin, Daniel Saputra Lubis, dan Fitriliciouz

Jawa, Bali, Nusa Tenggara: Hompimpah, Sarfian Hidayat, dan Charey Ratu Kaho

Kalimantan, Sulawesi, Papua: Manjakani, Vivienne Lee dan Rezky Nuralyah Juniarti

Finalis terpilih dari setiap wilayah akan bersaing melalui penjurian langsung oleh figur ternama di industri musik Indonesia, yakni Baskara Putra atau dikenal sebagai Hindia (penyanyi dan produser musik), Kiki Aulia Ucup (promotor konser dan pegiat industri musik), dan Enrico Octaviano (musisi, produser, serta drummer dari band Lomba Sihir). 

Penjurian ini akan menentukan tiga musisi terbaik yang berhak mendapatkan hadiah berupa:

Juara 1: Uang tunai Rp20 juta, Paket IM3 Platinum selama 3 bulan, merchandise eksklusif, serta kesempatan untuk melakukan rekaman bersama Hindia.

Juara 2: Uang tunai Rp15 juta, Paket IM3 Platinum selama 3 bulan, dan merchandise eksklusif.

Juara 3: Uang tunai Rp10 juta, Paket IM3 Platinum selama 3 bulan, dan merchandise eksklusif.

Acara Konser Grand Final Collabonation Talent Hunt ini akan menjadi representasi talenta musik dari seluruh Indonesia yang juga akan ditutup oleh penampilan spesial dari Hindia.

Untuk membuka kesempatan bagi para pendukung finalis di seluruh Indonesia menyaksikan para finalis tampil pada Konser Grand Final ini, Acara ini juga dapat disaksikan secara online melalui siaran langsung di kanal TikTok dan YouTube Indosat IM3 dengan dukungan jaringan luas dan stabil IM3.

IM3 mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang Collabonation Talent Hunt 2024. Proses rekaman dengan Hindia akan berlangsung pada Januari 2025, dan IM3 sangat antusias untuk melihat hasil kolaborasi ini. (Icha) 

Asyiknya, Abadikan UEFA Champions League Dengan Oppo Find X8 Pro

0

Telko.id – Oppo Find X8 pro mampu merekam Musim 2024/25 UEFA Champions League dengan jernih dan detail hingga nonton langsung pun menjadi lebih seru.

Apalagi, Musim 2024/25 UEFA Champions League telah memasuki fase sengit, di mana setiap tim berjuang keras untuk meraih posisi tertinggi di fase Liga.

Di tengah keseruan persaingan ini, para penggemar di seluruh dunia kembali disuguhkan momen-momen memukau di lapangan hijau.

Memperpanjang kemitraannya dengan UEFA Champions League selama tiga musim ke depan, Oppo menghadirkan pengalaman nonton dan fotografi yang imersif bagi para penggemar.

Baca juga : Review Kamera Oppo Find X8, AI Telescope Zoom nya Luar Biasa!

Melalui perangkat flagship terbaru Oppo Find X8 Pro, para legenda sepak bola seperti David Villa, Júlio César, Fernando Torres, Clarence Seedorf, dan Claudio Marchisio ikut serta mendekatkan fans pada sensasi pertandingan yang sesungguhnya.

Menyaksikan Permainan Melalui Mata Legenda

Tak ada yang lebih memahami emosi di dalam lapangan dari para legenda yang pernah beraksi di sana. David Villa, Júlio César, Fernando Torres, Clarence Seedorf, dan Claudio Marchisio adalah beberapa pemain ikonik yang namanya tercatat dalam sejarah UEFA Champions League.

Pandangan mereka tentang permainan serta kedekatan mereka dengan penggemar terus menginspirasi pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Para legenda ini berkolaborasi untuk menampilkan esensi UEFA Champions League dari perspektif yang berbeda dengan OPPO Find X8 Pro.

Mulai dari David Villa yang kembali merasakan sensasi mencetak gol, Torres yang mengagumi keindahan stadion, hingga Seedorf yang mengabadikan energi kebahagiaan para penggemar, momen-momen ini mengingatkan kita mengapa UEFA Champions League begitu istimewa di hati para pecinta sepak bola.

David Villa menyaksikan pertandingan seru antara FC Barcelona dan Stade Brestois 29, menikmati atmosfer mendebarkan saat para pemain bergerak cepat dari posisi menyerang ke pertahanan.

Sementara itu, Júlio César menyaksikan laga intens antara Inter Milan dan RB Leipzig, menyaksikan duel sengit penuh taktik dan momen-momen bersemangat. Keduanya membenamkan diri dalam keseruan pertandingan dan menggunakan OPPO Find X8 Pro untuk mengabadikan esensi permainan.

Tak hanya itu, Villa dan César juga ikut dalam tantangan seru namun kompetitif. Dengan foto bertema sepak bola, mereka berpacu dengan waktu untuk menangkap momen-momen penuh semngat yang membuat sepak bola tak terlupakan.

Menggunakan fitur zoom canggih OPPO Find X8 Pro, mereka menjelajahi semangat pertandingan mulai dari bendera asisten wasit yang terangkat, syal tim tuan rumah pada tribun, hingga legenda sepak bola di tengah kerumunan!

Tantangan ini bukan hanya menunjukkan kekuatan kamera Find X8 Pro, tetapi juga mengingatkan penggemar akan kebahagiaan dalam merayakan semangat sepak bola.

Lebih Dekat dari Sebelumnya

UEFA Champions League dipenuhi sejarah ikonik mulai dari tendangan voli spektakuler di tahun 2002 hingga gol-gol memukau di musim ini. Evolusi sepak bola tidak hanya terjadi pada pemain atau taktik, tetapi juga bagaimana kita menikmatinya. Berkat teknologi, kini permainan terasa lebih dekat, seru, dan inklusif dari sebelumnya.

Dirancang untuk menangkap setiap detail, OPPO Find X8 Pro membawa penggemar lebih dekat ke dalam pertandingan. Dengan Hasselblad Master Camera System, sistem Dual-Periscope Telephoto Cameras yang eksklusif, dan AI Telescope Zoom, perangkat ini menyuguhkan kejernihan luar biasa saat memperbesar momen-momen atau merayakan selebrasi di stadion.

Untuk permainan cepat, fitur Lightning Snap dan HyperTone Image Engine memastikan gambar yang presisi bahkan dalam hitungan detik.

LivePhoto semakin memperkaya pengalaman bercerita dengan mempertahankan visual sekaligus suara, membenamkan penggemar dalam semangat pertandingan. Kemampuan perekaman 4K Dolby Vision menciptakan video berkualitas sinematik yang sempurna untuk menangkap gemuruh stadion yang seru.

Fitur berbasis AI seperti AI Unblur dan AI Clarity Enhance mengubah setiap bidikan baik dalam gerakan maupun jarak jauh, menjadi gambar tajam dan natural.

Sementara itu, fitur AI Studio menambahkan sentuhan kreatif pada selfie atau foto bersama, menjadikan kenangan UEFA Champions League lebih seru dan kreatif.

Mendukung Fans dan Menginspirasi Sepak Bola Muda

Yang membuat UEFA Champions League begitu memikat bukan hanya kompetisinya, tetapi juga pengalaman bersama yang diciptakannya.

Sebagai Official Smartphone Product Partner UEFA Champions League, Oppo berkomitmen untuk semakin mendekatkan penggemar dengan olahraga yang mereka cintai.

Pada bulan September lalu, Oppo memperbarui kemitraannya dengan UEFA Champions League sekaligus memperluas dukungannya bagi komunitas sepak bola, terutama generasi muda.

Melalui inovasi tanpa henti dan inisiatif global, Oppo terus menginspirasi penggemar dan mendukung perkembangan budaya sepak bola, memastikan setiap momen ikonik bergema di seluruh dunia. (Icha)

GFK : Tahun 2025 Pasar Produk Teknologi dan Elektronik Indonesia Masih Menggiurkan

0

Telko.id – Pasar produk teknologi dan elektronik di Indonesia menunjukkan kinerja positif, tumbuh sebesar 2% dalam hal nilai penjualan.

Meskipun masih mengalami penurunan sebesar 7% jika dilihat dari sisi unit terjual jika dibandingkan ke tahun lalu.

Kinerja positif ini didorong oleh pertumbuhan penjualan atau peningkatan kontribusi dari segmen-segmen tertentu yang dapat menawarkan fitur-fitur yang inovatif dan manfaat yang lebih sehingga menghasilkan daya tarik penjualan karena konsumen cenderung ingin meng-upgrade produk yang saat ini dimiliki.

Selain itu, pasar 2024 di Indonesia masih didominasi oleh kota-kota besar. Walau begitu, terdapat pertumbuhan signifikan yang berasal dari kota-kota sekunder (kota-kota di seputaran ibukota provinsi) dan kembalinya konsumen ke aktivitas berbelanja secara langsung ke toko.

Baca juga : Counterpoint Paparkan Tren Pasar Smartphone Q3 2024

Hal ini terutama terjadi di retail modern yang terus memperluas jaringan toko mereka dengan cepat, menawarkan promo menarik, serta menyediakan kenyamanan seperti lokasi yang strategis, penataan toko yang rapi, dan kehadiran sales promotor yang dapat membantu menjelaskan produk.

Oleh karena itu, outlook untuk tahun 2025 kemungkinan besar akan mirip dengan tahun 2024, di mana penurunan jumlah unit yang terjual masih terjadi, tetapi pada tingkat yang lebih moderat dan mulai menuju normal.

Sementara itu, nilai penjualan diperkirakan terus meningkat berkat daya tarik yang berasal dari produk yang tersegmentasi, yang didorong oleh inovasi dan pengembangan produk.

Selain itu, hal ini didukung oleh distribusi produk yang efektif di channel yang bertumbuh dan di kota-kota yang lebih luas.

Laptop

Pasar Indonesia untuk laptop diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan yang menjanjikan pada tahun 2025. Secara khusus, laptop gaming tetap menjadi segmen yang menjanjikan, didukung oleh pengembangan produk tiada henti dan basis pengguna yang lebih luas.

Tren pasar juga diperkirakan akan mengarah pada laptop yang lebih ringan dan lebih tipis, yang menawarkan mobilitas yang lebih baik bagi pengguna.

Selain itu, penggunaan fitur AI yang diintegrasikan ke dalam laptop diperkirakan akan meningkatkan daya tarik dan mendorong potensi pembelian baru.

Smartphone

Seperti halnya pasar laptop, penjualan smartphone pada tahun 2025 diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang optimistis.

Pertumbuhan yang lebih tinggi akan didorong oleh segmen smartphone dengan harga Rp 7 juta ke atas.

Selain pertumbuhan dari segmen harga yang lebih tinggi, pasar Indonesia juga menunjukkan kecenderungan terpolarisasi dengan adanya pertumbuhan pada segmen harga yang lebih rendah (sekitar Rp1,5juta), di mana para pelaku pasar bersaing dengan menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang kompetitif untuk menarik minat konsumen.

Mesin Cuci, AC dan TV

Pasar mesin cuci di Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan akan sama seperti tahun 2024. Segmen mesin cuci twin tub (tabung kembar) tetap menjadi yang paling diminati.

Namun seiring dengan meningkatnya preferensi konsumen terhadap kenyamanan dan kinerja yang lebih baik, permintaan untuk mesin cuci dengan kapasitas lebih besar dan dari segmen Front Load (bukaan depan) dan Single Tub (tabung tunggal) diperkirakan akan tumbuh.

Segmen ini menjadi fokus utama bagi sebagian besar pelaku pasar, sebagaimana terlihat dari produk-produk yang diluncurkan dan diperkenalkan oleh berbagai merek sepanjang tahun 2024.

Berbeda dengan mesin cuci, pasar AC diperkirakan akan terus didorong oleh model entry-level, khususnya tipe standar 0,5 PK dan 1 PK.

Hal ini karena penetrasi AC di Indonesia masih relatif lebih rendah sehingga banyak konsumen yang merupakan pengguna pertama serta kapasitas listrik yang rendah menjadi pertimbangan mengapa konsumen memilih model entry-level sebelum ke depannya bisa jadi upgrade ke PK yang lebih besar seiring dengan suhu yang diprediksi akan cenderung masih fluktuatif akibat perubahan iklim.

Untuk pasar consumer electronic (elektronik konsumen) yang utamanya secara kontribusi masih didominasi oleh pasar TV khususnya TV Panel (non-tabung).

Diperkirakan akan masih penuh tantangan untuk dapat tumbuh pada tahun 2025 akibat siklus pembelian belum sepenuhnya terjadi setelah masa pandemi dan ditambah oleh halo effect dari program ASO yang membuat melonjaknya permintaan di penghujung tahun 2022 sampai dengan awal tahun 2023.

Di tengah tantangan ini, ada segmen yang masih dapat tumbuh secara positif, yaitu TV dengan ukuran layar di atas 43-inch dengan resolusi Ultra High Definition (UHD), dan diprediksi akan menjadi pendorong utama bagi semua merek di tahun 2025.

Data pasar juga menunjukkan bahwa selain ukuran layar yang lebih besar, penjualan di segmen seperti OLED, Quantum Dot, dan TV Mini-LED juga menunjukkan tren yang positif, yang mengindikasikan pergeseran menuju teknologi TV dengan kualitas gambar yang lebih baik juga akan cenderung tumbuh di 2025. (Icha)

Telkom Infrastruktur Indonesia dan MyRepublic, Kolaborasi Hadirkan Akses Internet Berkualitas

0

Telko.id – PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Eka Mas Republik (MyRepublic) penyedia layanan internet fiber, resmi menjalin kerja sama strategis untuk layanan Fiber to The Home (FTTH).

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Direktur Utama TIF I Ketut Budi Utama dan Chief Executive Officer MyRepublic Timotius Max Sulaiman, bertempat di Telkom Landmark Tower, pada Senin (16/12).

Turut hadir Chief Technology Officer MyRepublic Hendra Gunawan, Direktur Sales MyRepublic Edward Anwar, Direktur Finance, Risk, and Human Capital Management TIF Setio Nuranto, Direktur Planning and Operations TIF Suharyoto, EVP Divisi Wholesale Service Telkom Muhammad Rofik, dan EVP Business Parenting & Risk Management Telkom Ervia Tissyaraksita Devi.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi infrastruktur FTTH milik TIF dalam mendukung layanan MyRepublic.

Baca juga : Ada Lonjakan Trafik Saat Nataru? Ini Yang Dipersiapkan Telkom

Sinergi ini memperkuat komitmen kedua perusahaan dalam menghadirkan konektivitas internet berkualitas tinggi yang menjangkau seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam kesepakatan tersebut, TIF berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur FTTH dengan varian bandwidth hingga 500 Mbps, dengan rasio 1:1 untuk bandwidth uplink dan downlink.

Selain itu, Komitmen nyata TIF dalam mendukung konektivitas fiber nasional dibuktikan dengan telah diperolehnya dasar perizinan TIF, yaitu Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Berbasis Paket Switched dan Penyelenggaraan Jaringan Tetap Tertutup Media FO Terestial.

“Kerja sama dengan MyRepublic ini merupakan bentuk kolaborasi pelaku industri telekomunikasi dalam penyediaan layanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat, di mana hal ini sejalan dengan Visi, Misi, dan Tujuan Perusahaan,” ujar I Ketut Budi Utama, Direktur Utama TIF.

Menurut Ketut, kerja sama ini juga diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi TIF dalam melakukan ekspansi bisnis telekomunikasi di Indonesia, serta mendukung agenda nasional dalam penguatan bisnis wholesale digital infrastructure dan percepatan transformasi digital.

Pada kesempatan yang sama, Chief Executive Officer MyRepublic Timotius Max Sulaiman menyampaikan, “Kemitraan ini merupakan langkah strategis kami untuk memperluas cakupan layanan MyRepublic di Indonesia.

Langkah tersebut, menurut Timotius sesuai dengan visi MyRepublic sebagai ‘Pride of Indonesia,

Ia pun berkomitmen menyediakan layanan internet terbaik sebagai solusi digital untuk mendukung aktivitas masyarakat, sekaligus produktivitas di berbagai sektor.

Melalui kerja sama ini, MyRepublic tidak hanya memperkuat jaringan layanannya, tetapi juga semakin dekat dengan visi untuk menyediakan solusi digital terbaik bagi Indonesia.

MyRepublic memberikan layanan internet berbasis 100% serat optik tanpa batasan kuota (No FUP) dengan kecepatan simetris upload dan download 1:1.

Selain itu, MyRepublic menawarkan layanan TV berkualitas tinggi dengan berbagai channel hiburan yang beragam dan dilengkapi dengan platform streaming seperti Vidio, WeTV, Vision+, Genflix dan B-station.

I Ketut Budi Utama menambahkan bahwa dengan dimulainya fase komersialisasi TIF, diyakini akan menciptakan value baru dalam penyediaan layanan konektivitas yang lebih efisien dan berkualitas.

Serta dapat digunakan bersama oleh pihak lain (network sharing), sehingga memungkinkan bagi pelanggan TIF untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi tanpa perlu membangun infrastruktur jaringan sendiri.

Setelah berhasil melewati tahap operasional yang ditandai dengan kesuksesan mengoperasikan infrastruktur jaringan TelkomGroup secara end-to-end melalui mekanisme Managed Service Agreement (MSA) sejak Agustus 2024, saat ini TIF berfokus pada penawaran pelanggan segmen wholesale.

Ke depannya, TIF siap menjalin kolaborasi strategis dengan berbagai pihak melalui berbagai kerja sama, seperti Kerja Sama Operasi, Kerja Sama Usaha, dan kolaborasi lainnya yang mendukung pengembangan bisnis di sektor infrastruktur telekomunikasi.

TIF dan MyRepublic optimis bahwa kolaborasi strategis ini tidak hanya mempercepat pembangunan infrastruktur digital yang modern dan inklusif, tetapi juga sebagai upaya bersama untuk membangun masa depan yang lebih terhubung.

Kedua perusahaan berharap dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. (Icha)

Libur Natal dan Tahun Baru? Indosat Pastikan Sinyal Aman 

0

Telko.id – Jelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) hadir untuk memastikan liburan tetap seru, serta tetap nyaman berselancar di social media.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian pada libur Natal dan tahun baru mendatang.

“Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga : Indosat Perkuat Jaringan di Nias, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital

Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik dengan berbagai persiapan konektivitas agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman.

Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.

Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025.

Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Menutup Tahun dengan Program Berbagi Kebaikan

Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, Indosat juga berbagi kebahagiaan dan menebar kehangatan untuk masyarakat termasuk kepada 1.000 anak yatim di seluruh Indonesia.

Momentum penuh kasih untuk berbagi ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di bawah pilar Filantropi. Dengan mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kasih’ inisiatif ini menjadi penutup dari rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2024.

Tidak hanya itu, Indosat juga turut memberikan berbagai kebahagiaan untuk pelanggan setia IM3, Tri dan HiFi di seluruh Indonesia dengan berbagai promo menarik.

Pelanggan IM3 dapat menikmati Freedom Internet Baru dengan kuota yang makin besar di jaringan yang luas dan stabil.

Sementara untuk pelanggan Tri, penawaran program khusus akhir tahun Wondercember dapat dinikmati di aplikasi bima+, dengan berbagai hadiah spesial mulai dari kuota, e-wallet, gadget, hingga motor listrik.

Untuk pelanggan internet, nikmati promo Akhir Tahun Indosat HiFi yang menawarkan speed booster up to 150Mbps dan hemat sampai 30% selama 3 bulan.

“Langkah-langkah strategis yang telah dilakukan merupakan bentuk nyata kami untuk mendukung kebutuhan digital pelanggan, terutama pada momen perayaan yang semakin bergantung pada konektivitas,” ujar Vikram.

Ia pun ingin agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital yang seamless, baik saat berbagi momen indah di media sosial, terhubung dengan keluarga dan kerabat, atau bermain game online favorit mereka. (Icha)