Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Axiata Manfaatkan Starlink Jangkau BTS di Pedalaman

Telko.id – XL Axiata siap mengajak perusahaan milik miliarder Elon Musk yang memberikan layanan internet berbasis satelit, Starlink untuk bekerja sama.

Hal itu disampaikan oleh I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata beberapa waktu lalu. Di mana pihaknya sejak awal menyambut baik kehadiran Starlink di Indonesia.

“Dari awal kita sudah menyambut baik ketika ada teknologi yang bisa bantu kita yang kita sangat sulit untuk kita jangkau,” kata dia, di XL Axiata Tower, Jakarta, Kamis (25/4).

Gede mengaku XL sebelumnya juga memanfaatkan teknologi satelit sebagai backbone. Namun, dengan kehadiran Starlink, ia meyakini bisa menekan biaya sewa dengan kapasitas yang jauh lebih murah.

Baca juga : Ini Usulan ATSI dan APJII Terkait Regulasi Untuk Starlink

“Harapan kita sebagai pelaku [industri] telekomunikasi, Starlink bisa jadi solusi untuk kita gantikan biaya-biaya satelit yang mahal. Kita sendiri ada kerja sama dengan Starlink untuk menjangkau BTS-BTS di pedalaman,” jelas dia.

Gede mengatakan pihaknya sedikit ada kekhawatiran karena Starlink juga menyasar konsumen rumahan. Namun begitu, ia menegaskan pasar XL dengan Starlink berbeda.

“Market mereka berbeda, market yang tak bisa kita jangkau, di daerah pedalaman, masalah logistik, security, maintenance yang sangat berat, mereka punya pasar yang benar-benar unik yang tidak bisa kita jangkau,” ujar Gede.

“Jadi kita sambut baik, dan ingin kerja sama dengan mereka, baik dalam hal TSP yang remote, maupun nantinya mereka menyasar ke customer. Yang jelas pemerintah harus memberi playing ground yang sama, equal,” lanjut dia.

Sebelumnya, Starlink segera beroperasi di Indonesia setelah muncul informasi mengenai tarif layanan internet mereka. Melansir laman resminya, harga layanan internet Starlink dibanderol mulai Rp750 ribu per bulan untuk pengguna rumahan.

Selain itu, Starlink juga segera melakukan uji coba dalam waktu dekat di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan layanan internet berbasis satelit Starlink segera menjalani uji coba di Indonesia.

Kominfo mewajibkan Starlink melakukan Uji Laik Operasi (ULO) sebelum melayani pelanggan di Tanah Air. “Starlink itu melakukan uji coba di IKN. Nanti kita tunggu saja, pokoknya semua level of playing field-nya sama, kita fair. Kita memberikan kesempatan kepada mereka untuk ikut tapi harus memenuhi semua regulasi yang ada dan berlaku di Indonesia,” kata Budi, mengutip detikcom, Selasa (16/4).

Menurut Budi, Starlink akan diuji coba di IKN Mei mendatang. Harapannya, dalam waktu dekat ini Starlink sudah dapat melayani seluruh masyarakat Indonesia. (Icha)


Latest

Explore Galaxy S24 Series Lebih Worry-free? Ini 4 Tips Jitunya!

Telko.id – Pakai smartphone canggih, pasti juga ada ke...

WWF ke 10, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahan Akses Jaringan Broadband

Telko.id - Telkomsel turut menyukseskan pelaksanaan World Water Forum...

WWF Ke-10,  XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera 

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan...

Oppo A60 Hadirkan Ketahanan Tingkat Militer, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Telko.id - Hari ini, Oppo meluncurkan anggota terbaru dari...

Rekomendasi

WWF Ke-10,  XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera 

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya  guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF)...

XL Axiata Luncurkan Kartu Perdana Khusus Haji Rp 345 Ribu Kuota 20GB

Telko.id - Musim haji sudah di depan mata. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyediakan paket khusus untuk jamaah haji Indonesia selama berada...

Polrestabes Makassar Bekuk Pencuri Perangkat di Data Center XL Axiata

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengapresiasi keberhasilan Polrestabes Makassar menangkap para terduga pelaku pencurian perangkat di data center milik XL Axiata...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini