Telko.id – Layanan VoLTE atau Voice over LTE XL Axiata kini sudah hadir di 224 kota atau Kabupaten. Tersebar di Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Bali, Lombok, dan Kalimantan. Sejak diluncurkan pertama kali pada Agustus 2020 lalu, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan ini terus meningkat, demikian juga dengan penetrasi smartphone dengan kemampuan VoLTE pada pengguna layanan 4G.
“Kami terus memperluas jangkauan layanan VoLTE ini sejalan dengan rencana pengkondisian jaringan untuk VoLTE yang telah kami lakukan secara bertahap. Untuk bisa menggelar VoLTE di suatu area, kami perlu menyiapkan jaringannya terlebih dahulu,” ungkap I Gede Darmayusa, Direktur Teknologi XL Axiata.
Sementara itu, dalam penentuan kota/kabupaten yang menjadi target perluasan layanan ini antara lain berdasarkan permintaan layanan voice yang tinggi dengan, jumlah ketersediaan perangkat support layanan ini yang tinggi, dan perluasan dari kota-kota yang sekarang sudah menikmati layanan VoLTE XL Axiata.
Gede menambahkan, pelanggan yang telah aktif menggunakan layanan telah mencapai lebih dari 50% dari total pelanggan yang telah terregistrasi di jaringan VoLTE XL Axiata.
Manajemen XL Axiata optimis layanan ini akan mendapatkan sambutan yang baik dari pelanggan mengingat kelebihan manfaat yang ditawarkan, yaitu kualitas suara yang lebih baik, kecepatan sambung yang lebih cepat, dan juga layanan video yang berkualitas. Pelanggan juga dapat menikmati layanan ini dan layanan data secara bersamaan.
VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan teknologi ini layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih.
XL Axiata pun terus menyiapkan infrastruktur jaringan di kota/kabupaten berikutnya untuk mendukung layanan ini di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar-benar siap untuk layanan VoLTE.
Pelanggan XL Axiata (XL, AXIS dan XL PRIORITAS) yang telah memenuhi persyaratan dapat langsung menikmati layanan ini tanpa perlu registrasi atau membeli paket tertentu. Tarif yang berlaku sesuai dengan tarif nelpon reguler atau kuota paket yang sedang digunakan oleh pelanggan.
Untuk pengalaman terbaik, pengguna XL dapat menggunakan paket Xtra Combo atau PRIORITAS dapat menggunakan myPRIO X Unlimited dimana selain mendapatkan kuota internetan, pelanggan juga dapat bonus kuota nelpon ke semua operator yang bisa digunakan untuk menikmati layanan ini. Sementara bagi pengguna AXIS, layanan ini bisa dinikmati dengan menggunakan paket nelpon Curhat atau Kangen.
Selain itu, pelanggan juga tidak perlu kartu SIM khusus untuk bisa menggunakan layanan ini. Pelanggan hanya perlu memastikan bahwa sudah menggunakan kartu SIM jenis USIM yang sekarang ini diperlukan agar bisa menikmati layanan data 4G.
Pelanggan perlu memastikan bahwa pelanggan berada di area VoLTE XL Axiata, menggunakan handphone yang sudah mendapatkan software update untuk VoLTE XL Axiata dengan kartu SIM 4G. Untuk area dan jenis smartphone bisa dilihat di website http://xlaxiata.co.id/volte.
XL Axiata telah bekerja sama dengan sejumlah produsen smartphone untuk memastikan ketersediaan smartphone yang mendukung layanan ini, seperti Huawei,Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, Advan, dan Evercoss. Jumlah smartphone yang mendukung layanan ini pun akan terus bertambah untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan kualitas percakapan yang lebih baik sambil tetap menikmati koneksi data yang lancar.
Pelanggan yang terpilih dengan smartphone yang sudah mendukung layanan ini dan berada dalam daerah layanan VoLTE XL Axiata akan secara otomatis menerima pemberitahuan dari XL Axiata untuk bisa segera mengaktifkan layanan ini. (Icha)