spot_img

Dukung Perkembangan UKM, XL Siapkan Rp 500 Miliar

Telko.id – Usaha Kecil Menengah atau UKM memang mulai menunjukan eksistensinya di lantai perekonomian Nasional. Hal tersebut tergambar dari kontribusi mereka dalam menopang perekonomian Negara.

Berkaca dari hal tersebut, PT. XL Axiata merasa perlu untuk mendukung pengembangan UKM dengan cara digitalisasi.

Dalam acara peluncurran DigiBiz yang berlangsung di Jakarta, Rabu (2/12), Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengungkapkan keinginannya untuk membantu para pengusaha kecil yang belum mengarah ke digitalisasi agar mulai memasuki era digital bersama solusi XL itu.

“UKM adalah pelaku yg sangat penting untuk menggerakkan perekonomian indonesia dan UKM sudah terbukti menjadi penyelamat indonesia pada krisis ekonomi tahun 1998 silam,” ungkapnya.

Diluncurkannya layanan DigiBiz sendiri, diakui Dian sejalan dengan visi XL yang ingin memajukan Indonesia lewat teknologi. Selain melalui DigiBiz, dukungan lain juga terlihat dari roadmap perusahaan yang telah tak sedikit uang untuk pengembangan solusi UKM.

Ongki Kurniawan, Direktur Digital Service XL mengungkapkan, “Untuk tiga tahun ke depan, XL akan menginvestasikan dana sebesar Rp 500 Miliar untuk mengembangkan solusi bagi kalangan UKM.”

Ongki juga menyebutkan salah satu kesulitan adalah bagaimana bisa memasarkan produk dan untuk meng-capture setiap pesanan. Peran perusahaan telekomunikasi seperti XL dari segi digital akan sangat membantu para UKM agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya.

Nantinya, XL juga akan merangkul beberapa stakeholder seperti Perbankan, Lembaga Jasa Keuangan serta para komunitas UKM di daerah untuk menyiapkan solusi digital finansial bagi kalangan UKM daerah dan sama-sama memajukan sektor Industri ini agar tidak kalah pada saat MEA berlangsung.

Selain menghadirkan solusi bagi UKM, dalam ksempatan ini XL juga telah menjalin kerjasama dengan komunitas UKM, yakni Tangan Di Atas (TDA) yang memiliki lebih dari 20 ribu keanggotaan UKM. Dengan kerjasama ini diharapkan pula dapat semakin banyak menjaring para pelaku UKM yang menggunakan solusi bisnis digital dari XL.

Sekedar informasi, selain DigiBiz, XL juga telah memiliki solusi advertising yang berguna bagi para UKM, yaitu AdReach.

Ke depannya, seperti diungkapkan Ongki lagi, XL juga berencana untuk menghadirkan OTT khusus entertainment, yang akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun depan. [ak/if]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles