Telstra Jadi Operator Berikutnya yang akan Ujicoba 5G di 2018

Telko.id – Satu lagi operator seluler yang mengurai rencananya tentang 5G, dan dia adalah Telstra. Perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Australia ini berencana untuk menggelar ujicoba teknologi penerus 4G pada 2018 mendatang, atau bertepatan dengan Commonwealth Games.

Dalam ajang Mobile World Congress yang saat ini tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol, Direktur Jaringan Telstra, Mike Wright mengatakan bahwa percobaan ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana kinerja hardware radio 5G di lapangan.

Dia mengatakan Telstra tidak berencana untuk mengujicoba perangkat 5G komersial, melainkan lebih ke chipset 5G. Dan perusahaan akan terus menyempurnakan itu ke depannya.

Untuk mewujudkan niatnya ini, Telstra akan menggandeng Ericsson sebagai partner, termasuk mengirim insinyur ke Swedia selama enam bulan untuk berkolaborasi mengenai teknologi gelombang milimeter (mmWave) dalam persiapan untuk uji lapangan 5G di Australia akhir tahun ini.

Telstra juga akan berpartisipasi dalam proses standarisasi 5G untuk memastikan bahwa generasi berikutnya dari teknologi mobile ini memenuhi kebutuhan unik dari Australia, sebuah pasar yang berkembang namun jarang penduduknya.

Selain itu, Telstra juga mengumumkan akan menyebarkan awan telekomunikasi Ericsson, virtualisasi jaringan inti nirkabel dalam kesiapan untuk 5G dan layanan Internet of Things (IoT) yang lebih maju.

“Telstra akan menjadi lead costumer kami dan salah satu perusahaan telekomunikasi pertama di dunia yang akan melakukan virtualisasi pada jaringan intinya,” ungkap Emilio Romeo, bos Ericsson untuk Australia dan Selandia Baru.

Berdasarkan kesepakatan itu, Ericsson akan menyediakan seluruh telekomunikasi cloud yang mencakup fungsi jaringan virtualisasi (NFV) dan software-defined networking (SDN). Demikian dilansir dari Total Telecom, Senin (22/2).

Romeo mengatakan Telstra akan memiliki jaringan tangkas yang sepenuhnya diprogram, yang siap 5G dan mendukung network slicing, di mana jaringan fisik tunggal dibagi dalam beberapa jaringan virtual dengan kapasitas dan cakupan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan individu untuk beragam kasus penggunaan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0