Telkomsel dan Ancol, Terapkan Digitalisasi dan IOT di Destinasi Wisata

Telko.id – Telkomsel dan Ancol jalin kerjasama untuk implementasi digitalisasi dan IOT di beberapa destinasi wisata. Terutama yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, termasuk arena Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Komitmen kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang Penerapan Smart & Green Theme Park pada Destinasi Wisata antara kedua pihak di Jakarta (25/4).

Dengan penandatanganan nota kesepahaman digitalisasi destinasi wisata ini, kedua belah pihak bersepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam untuk menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung dan mendorong tingkat kunjungan kawasan Taman Impian Jaya Ancol ke depannya.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

“Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol,” kata Adiwinahyu B. Sigit, Direktur Sales Telkomsel menjelaskan.

Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol TbkWing Antariksa menambahkan, “Sebagai perusahaan pengelola kawasan wisata terbesar dan terpadu di Indonesia, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. terus berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan. Setelah menerapkan digitalisasi dalam ticketing online dan meluncurkan Ancol Apps, kini Ancol tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia”.

Dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut, Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Nota kesepahaman ini melandasi peluang kerja sama dalam penerapan IOT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata.

Wing pun berharap kolaborasi dengan Telkomsel dapat menaikkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini, yang bertujuan untuk meningkatkan antusiasme pengunjung berwisata ke Ancol. Pada tahun ini, Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57 persen atau di angka 5,5 juta pengunjung.

Sebagai tahap awal, kedua belah pihak akan menjajaki sejumlah skenario implementasi use case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi IOT.

Pertama, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol dengan implementasi Smart Utility, Smart Lighting, Electric Vehicle, Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard.

Kemudian sebagai use case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.

Selain itu, Telkomsel pun berencana menerapkan use case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management. Untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform. (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0