Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

Telkomsel Bersama ITB Hadirkan Laboratorium Riset 5G Hive

Telko.id – Telkomsel berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mengembangkan inovasi pemanfaatan teknologi 5G di Indonesia melalui pusat riset teknologi 5G Hive.

Kolaborasi Telkomsel dan ITB tidak hanya merefleksikan komitmen kedua institusi dalam memanfaatkan teknologi terkini untuk memperkuat ekosistem pendidikan dan ekonomi digital, tetapi juga simbol kemajuan teknologi di Indonesia.

Kerja sama strategis ini merupakan wujud nyata peran terdepan Telkomsel sebagai leading digital telco company di Indonesia dalam menghadirkan ekosistem digital yang inklusif melalui pemanfaatan teknologi 5G yang berdampak luas terhadap masyarakat dan kemajuan sektor industri dengan menyatukan inovasi, strategi, dan teknologi.

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel bersama ITB melakukan riset inovatif bersama yang berfokus pada pengembangan ekosistem 5G dengan berbagai pemanfaatan usecase 5G di tingkat lanjutan seperti Internet of Things (IoT), Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), dan Smart City.

Baca juga : Telkomsel VoLTE Telah Hadir di Seluruh Indonesia

Selain itu, kolaborasi yang menjadi bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) ini turut mendukung pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk menjawab tantangan di masa depan serta memelopori pertumbuhan pemanfaatan teknologi 5G yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.

“Kami berharap kolaborasi yang merupakan bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) ini dapat menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi yang juga dapat mengembangkan dan mempersiapkan talenta digital yang siap bersaing di kancah global,” kata Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel.

Termasuk dalam memanfaatkan penerapan teknologi terdepan, menciptakan peluang industri baru dan kesempatan kerja yang berkontribusi signifikan terhadap PDB nasional, menarik perhatian dan investasi internasional, serta menjadi proliferasi solusi berbasis 5G di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi, yang secara nyata dapat meningkatkan kualitas  masyarakat Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, kami bersama-sama menyatukan visi untuk merancang struktur masa depan digital Indonesia melalui pemanfaatan teknologi 5G sebagai gerbang menuju inovasi dengan mengoptimalkan aset dan kapabilitas infrastruktur teknologi yang dimiliki Telkomsel dan keunggulan akademik ITB,” ujar Gede Wenten, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Institut Teknologi Bandung.

Potensi dan dampak strategis yang dapat dihasilkan melalui kolaborasi riset antara Telkomsel dan ITB dalam inisiatif 5G Hive ini mencakup berbagai area yang krusial dan inovatif.

Seperti Optimasi Jaringan 5G yang meningkatkan kinerja jaringan untuk menunjang efisiensi dan kecepatan akses internet guna memastikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

Selain itu juga Inovasi B2B seperti Drone Application yang mengembangkan aplikasi drone untuk keperluan industri.

Termasuk juga Smart Video Analytic yaitu riset di bidang analisis video canggih untuk keamanan dan manajemen data yang dapat meningkatkan kapasitas Telkomsel dalam menyediakan solusi berbasis AI untuk bisnis.

Kemudian potensi Pengembangan IoT dengan melakukan eksplorasi teknologi IoT untuk berbagai aplikasi bagi smart home hingga solusi industri yang mengintegrasikan teknologi cerdas.

Lalu, potensi ESG dengan melakukan penelitian yang berfokus pada aspek ESG yang baik guna memperkuat komitmen Telkomsel dalam praktik bisnis berkelanjutan dan tanggung jawab sosial.

Serta inovasi dalam teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang dapat membuka peluang baru, mendukung kenyamanan pengalaman digital masyarakat sekaligus meningkatkan nilai inovasi Telkomsel secara global.

“Inisiatif 5G Hive oleh Telkomsel dan ITB merupakan langkah monumental dalam memajukan teknologi digital di Indonesia. Melalui inisiatif kolaborasi ini, kami berkomitmen untuk membawa inovasi yang tidak hanya memajukan industri, tetapi juga memberikan dampak signifikan bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia,” tutup Saki. (Icha)

Latest

Flash Sale realme Note 50 Terjual Lebih dari 20 Ribu Unit

Telko.id – Kehadiran realme Note 50 melalui program flash...

Samsung Galaxy Fit3, Smartband Canggih Di Bawah Rp1 juta!

Telko.id -Samsung Electronics meluncurkan Galaxy Fit3, smartband canggih yang...

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala...

Xiaomi 14 Series Hadir Berbekal Leica Optics dan Xiaomi HyperOS

Telko.id – Xiaomi baru meluncurkan Xiaomi 14 Series, yakni...

Rekomendasi

Piala by.U 2024 Kembali Digelar, Melibatkan 912 Sekolah!

Telko.id – Telkomsel melalui produknya by.U akan menggelar Piala by.U 2024, ajang seri pertandingan futsal tingkat nasional. Pertandingan ini akan hadir di 19 lokasi...

Telkomsel Hadiah Telko Lintas Batas

Telko.id – Telkomsel bersama Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile membentuk sebuah Aliansi untuk meluncurkan program hadiah telko lintas batas yang pertama di...

Telkomsel Bersama Telkom Gelar Solution Day 2024, Ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024, langkah ini merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini