spot_img

Telkom Dukung Komunitas Startup Lokal Gelar Kopi Darat

Jakarta – Startup Lokal, sebuah komunitas dari para startup di seluruh Indonesia yang juga sekaligus menjadi komunitas startup terbesar kembali mengadakan kegiatan rutin bulanan mereka, yakni “kopi darat”.

Kegiatan ini sejatinya diinisiasikan sejak tahun 2010 silam dengan tujuan untuk saling bersilaturahmi dan juga membuka kesempatan untuk bertemu dengan para investor. Pasalnya, dalam kegiatan ini para stakeholder seperti investor juga akan hadir. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang startup kepada masyarakat luas.

Ollie, selaku pendiri dari komunitas Starup Lokal mengatakan, “Startup Lokal adalah organisasi non profit yang terdiri dari kumpulan startup lokal dan mulai berdiri sejak tahun 2010. Kami mengadakan pertemuan setiap sebulan sekali,” tuturnya.

Sampai saat ini, jumlah Startup yang tergabung ke dalam Startup Lokal sudah sebanyak 1500 startup di seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk pertemuan di bulan ini mengangkat tema “Startup Heroes” sesuai dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh di hari yang sama dengan diadakannya kegiatan yang berisi seminar dan networking ini.

Pihak penyelenggara menargetkan sebanyak 200 orang hadir pada acara tersebut, yang berasal dari kalangan startup, mahasiswa, korporat serta investor. Ollie juga mengaku diadakan kegiatan tersebut tepat sebelum penyelenggaraan TechinAsia berlangsung agar para startup dari luar bisa sekaligus bergabung dengan mereka.

Sejauh ini para startup yang tergabung dalam Startup Lokal berasal dari berbagai golongan seperti ecommerce, Games, Education dan Healthy.

Disinggung mengenai apa itu startup, Ollie menyebutkan, startup adalah sebuah perusahaan dengan teknologi sebagai platform mereka yang kurang dari 1 tahun memulai bisnis dan memiliki staf kurang dari 20 orang.

Mengenai kerjasama mereka dengan pihak Telkom Group, Ollie menyebutkan mereka memulai kerjasama dengan pihak Telkom baru pada tahun 2015 ini.

Dukungan dari Telkom Group sendiri berupa tempat kumpul komunitas, dan juga makanan bagi para peserta. Telkom Group sendiri merasa perlu menggandeng para startup karena sejalan dengan tujuan mereka untuk menjadi raja digital di Indonesia pada tahun 2020 mendatang.

Telkom punya komitmen terhadap dunia startup, maka dari itu kami  bekerjasama dengan para startup dan harus mengajak banyak komunitas serta memfasilitasi tempat untuk berkumpul komunitas, akselerasi, dan f&b,” ungkap Afianto Mukti Haribowo, General Manager Marketing Customer and Engagement Telkom, (10/11).

Melalui kegiatan ini, Telkom ingin mengembangkan iklim startup di Indonesia, yang tujuannya adalah mengembangkan industri startup tanah air. Selain tentu saja membantu masyarakat untuk mendapatkan banyak kemudahan.

“Kita menginginkan ke depannya, para startup akan menjadi  seperti Google dan Facebook,” tambahnya,

Bagi para startup yang ingin bergabung dengan milis Startup Lokal, bisa langsung mengakses email mereka di email: startup@yahoogroup.com [AK/IF]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles