Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Telkom Siap Perluasan Penggunaan AI di Indonesia, Ini Strateginya!

Telko.id – Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), siap mengembangkan AI yang berdampak positif kepada bangsa, ini strateginya!

Strategi besar pengembangan AI di Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di internal dan eksternal perusahaan, serta melakukan inovasi yang dapat mendukung bisnis maupun membuka peluang bisnis baru.

Langkah yang dilakukan Telkom juga selaras dengan salah satu rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF), yaitu turut mengembangkan infrastruktur AI, seperti pusat data yang aman dan andal, dengan jaringan internet cepat dan platform cloud untuk pengolahan dan penyimpanan data yang efisien.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang relevan dengan kebutuhan berbagai sektor, termasuk pengembangan solusi dengan menerapkan teknologi AI. Saat ini kami telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang dijamin keamanannya,” ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom, pada kegiatan webinar “Discover the Latest AI- Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Data and Intelligence” yang digelar oleh IDSF beberapa waktu lalu.

Baca juga : Telkom Hadirkan Pijar Sekolah di SMA Negeri 40 Jakarta, Ini Manfaatnya!

Salah satu produk BigBox, yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, memiliki fitur bernama BigVision yang telah dilengkapi oleh AI.

BigVision mampu menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang yang berada di sana, dan dapat mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut.

Teknologi BigVision bermanfaat bagi berbagai perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan perilaku orang lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat-tempat lainnya yang banyak dilalui.

Selain itu, Telkom juga mengembangkan AI dalam bentuk chatbot yang membantu berbagai sektor untuk mendapatkan solusi terbaik. Pada ekosistem myIndibiz, terdapat chatbot bernama Bizy yang mampu membantu UKM di Indonesia mendapatkan solusi sesuai kebutuhannya pada produk dan layanan digital yang ada di Leap-Telkom Digital.

Bizy mampu memberikan layanan yang dipersonalisasi dan interaktif sehingga solusi yang diberikan kepada pelanggan lebih tepat sasaran.

Bizy dikembangkan dengan sangat interaktif sehingga mampu membantu pelanggan menemukan solusi yang sesuai dengan tantangan yang mereka hadapi serta menghasilkan data berharga yang memberikan wawasan tentang perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan.Hal ini pun dapat digunakan untuk perbaikan produk dan strategi pemasaran.

Bizy juga dapat menangani volume interaksi pelanggan yang semakin meningkat tanpa mengorbankan kualitas atau efisiensi. Bizy secara signifikan mampu mengurangi waktu respons rata-rata untuk pertanyaan pelanggan.

Dengan respons yang akurat dan tepat waktu, pelanggan pun mendapatkan pelayanan yang optimal dengan cepat sesuai dengan kebutuhannya. Pemanfaatan chatbot terbukti memberikan dampak positif kepada peningkatan efisiensi operasional bulanan Telkom sampai dengan 74,2% lewat otomatisasi oleh Bizy. Setelah mengimplementasikan Bizy, biaya operasional pemasaran Telkom juga berkurang signifikan sehingga perusahaan bisa lebih hemat.

Fitur lain yang ada di BigBox yakni BigAssistant merupakan solusi berbasis AI yang membantu pengguna untuk mengelola dan menyediakan informasi tertentu melalui interaksi percakapan seperti chatbot. Sistem ini memadukan teknologi chatbot dengan manajemen pengetahuan untuk memberikan jawaban yang kontekstual dan relevan terhadap pertanyaan pengguna sesuai kebutuhan.

Berbagai produk unggulan dari Leap-Telkom Digital lainnya juga telah dilengkapi dengan AI guna meningkatkan pelayanan yang diberikan.

Inovasi pengembangan AI yang dilakukan Telkom menjadi komitmen perusahaan untuk mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing. (Icha)

Latest

Redmi Pad Pro, Layar Luas Pas Menunjang Kreativitas dan Hiburan

Telko.id - Xiaomi Indonesia hari ini (23/7) resmi meluncurkan...

Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah...

Review Proyektor Acer BS-321: Dengan 4.800 Lumens, Pas untuk Segala Kebutuhan

Telko.id - Acer memiliki rangkaian produk yang lengkap dari...

Erajaya Hadirkan 3 Seri Speaker Marshall Homeline III

Telko.id - Erajaya Active Lifestyle meluncurkan jajaran speaker terbaru...

Rekomendasi

Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

Telko.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah melaksanakan uji coba (rehearsal test) kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di Balikpapan, Rabu (17/7). Uji coba...

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam

Telko.id - Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, NeutraDC sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) serta NeutraDC-Nxera Batam turut berpartisipasi...

Indibiz Ekspedisi, Buat PT Tanto Intim Line Optimis Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Telko.id - Telkom Indonesia, sebagai digital backbone Indonesia terus berinovasi memberikan solusi yang relevan bagi industri khususnya para pelaku bisnis di tanah air. Menjawab...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini