Serius Hadirkan 4G, Operator Ini Minta Pemerintah Adakan Lelang Spektrum

Telko.id – Telenor Myanmar mendorong terjadinya lelang spektrum di frekuensi 1.800 MHz untuk mendukung peluncuran layanan mobile Advanced.

Telenor telah melakukan tes teknologi 4G di sejumlah kota besar di Myanmar dan mendorong pemerintah untuk mengalokasikan spektrum untuk membuat peluncuran tersebut menjadi mungkin.

Sekadar informasi, operator asal Norwegia, yang juga merupakan perusahaan telko internasional kedua yang telah meluncurkan layanan mobile di Myanmar hampir dua tahun yang lalu ini, telah menguji layanan 4G mereka di Yangon, Mandalay, Nay Pyi Taw, Myawady dan Muse, TotalTelecom melaporkan (30/6).

Perusahaan telko ini menolak mengomentari mengenai kapan peluncuran komersial layanan 4G mereka, akan tetapi Chief Executive Telenor Myanmar, Petter Furberg memprediksi bahwa peluncuran mungkin akan terjadi pada musim panas mendatang.

Sejatinya, peluncuran layanan 4G banyak bergantung pada ketersediaan spektrum yang dimiliki oleh Telenor Myanmar.

Mengenai hal tersebut, Negara berencana untuk membuat gelombang udara di 1800 MHz dan 2,6 GHz band yang tersedia, dengan lelang pertama dari spektrum 2,6 GHz yang dijadwalkan akan berlangsung pada kuartal ini, meskipun mengingat bahwa akhir Q2 segera mendekat, yang tampaknya sebagai batas waktu yang tidak realistis untuk mengadakan lelang.

Semua operator seluler di Myanmar telah menyerukan untuk penjualan pita frekuensi pada spektrum 1800-MHz untuk menjadi sebuah agenda wajib. Sementara itu, juru bicara Telenor mengatakan perusahaannya telah terus berdialog dengan pemerintah dengan maksud untuk mempercepat lelang.

Telenor dan operator milik negara Myanmar Posts and Telecommunications (MPT), baru-baru ini mengumumkan akan segera meluncurkan layanan 4G segera setelah  semua persiapan rampung, mereka berencana untuk meluncurkan layanan data awalnya, diikuti oleh lebih banyak layanan berbasis handset, seperti HD voice, di kemudian hari.

Sementara itu, Ooredoo Myanmar, telah mengalahkan Telenor di pasar Myanmar pada hitungan minggu, setelah mulai menawarkan layanan 4G di kota-kota besar pada bulan lalu.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0