Operator Arab Ini Ingin Jual Menara

Telko.id – Saudi Telecom Co, yang juga merupakan operator telepon terbesar di Arab Saudi, sedang mempertimbangkan untuk menjual beberapa aset menara pemancar seluler mereka, ucap CEO Saudi Telecom.

Dilaporkan Bloomberg (1/6), Margin untuk layanan telekomunikasi tradisional yang tidak lagi digunakan oleh mereka cukup besar dan Saudi Telecom sedang mencari cara untuk mendiversifikasi pendapatan dan meningkatkan efisiensi, ujar Chief Executive Officer mereka, Khaled Bin Hussain Biyari mengatakan dalam sebuah wawancara di Bloomberg TV. Salah satu cara untuk mencapai efisiensi tersebut adalah dengan menjual menara yang mereka miliki.

“Kami serius mempertimbangkan itu, kita melakukan penilaian internal dalam hal apakah nilai itu akan menghadirkan hal yang positif bagi kami, ini bukan tentang uang. Ini tentang menciptakan efisiensi dalam operasi. “Ujar Biyari.

Perlambatan ekonomi di tengah merosotnya harga minyak adalah sebuah fakta lain dari situasi di Arab Saudi, meskipun perusahaan di kerajaan kaya minyak ini masih terus berkembang, namun Saudi Telecom telah berinvestasi besar dalam teknologi cloud, ucap Biyari.

Operator telekomunikasi Arab Saudi telah memeriksa pilihan mereka sehubungan dengan menara untuk beberapa waktu. Sementara itu, pada tahun lalu beberapa pesaing Saudi Telecom juga mengungkapkan telah mempertimbangkan untuk menjual aset menara.

Sedangkan, awal tahun ini ada laporan bahwa tiga operator seluler utama Arab Saudi – Saudi Telecom, Mobily dan Zain – sedang mempertimbangkan untuk menggabungkan aset menara mereka menjadi perusahaan yang terpisah.

Ketiga raksasa telko Arab ini sejatinya tidak berniat untuk bekerjasama dalam bentuk Joint Venture, namun pada bulan Maret lalu, CEO Mobily Ahmad Farroukh mnegatakan kepada Bloomberg bahwa mereka telah menerima sejumlah tawaran indikatif untuk menara telekomunikasi.

Sekadar informasi, tercatat bahwa sekitar 10.000 menara seluler milik Mobily bisa dihargai hingga USD $ 2 miliar. Namun, untuk Saudi Telecom sendiri, mereka tidak memberikan angka pasti mengenai nilai keseluruhan dari asset menara mereka.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0