Lebih dari 10 Juta Upaya Panggilan Penipuan Dihadapi Operator di Q1

Telko.id – Lebih dari 10 juta upaya panggilan penipuan pada jaringan pelanggan telah berhasil dideteksi dan diblokir oleh BICS – penyedia layanan suara dan mobile data yang berbasis di Belgia – selama tiga bulan pertama di tahun 2016. Hal ini tidak lain berkat platform perusahaan yang diberi nama FraudGuard.

FraudGuard sendiri memungkinkan operator nirkabel untuk secara proaktif melindungi pelanggan terhadap penipuan pada jaringan mereka. Dengan mengumpulkan rincian aktivitas jaringan yang mencurigakan di seluruh basis pelanggan global BICS, platform ini mampu mengidentifikasi dan memblokir aktivitas yang menjurus ke arah penipuan.

Saat ini, database penipuan komprehensif BICS telah diisi oleh lebih dari 400.000 nomor di seluruh dunia yang terkait dengan aktivitas kriminal.

Asosiasi Pengendalian Penipuan Komunikasi memperkirakan, penipuan telekomunikasi global menelan biaya industri sekitar € 3,3 miliar setiap tahun, dengan jenis yang paling umum adalah penipuan International Revenue Share, peretasan PBS dan Wangiri.

Solusi pencegahan penipuan BICS didukung oleh platform crowdsourcing global anti-fraud, yang selain menawarkan layanan VAS lainnya, dirancang untuk secara proaktif melindungi jaringan seluler dari ancaman penipuan saat ini dan yang umum terjadi.

Di antara beberapa operator yang telah mengadopsi FraudGuard adalah operator Prancis, Bouygues Telecom. Menurut PR Newswire, Rabu (1/6), dalam tiga bulan pertama 2016, BICS berhasil memblokir lebih dari 200 serangan yang ditujukan pada Bouygues, membuat operator menghemat sekitar € 130K atau setara Rp 2.5 miliar.

Menurut Katia Gonzalez, Head of Fraud Operations BICS, munculnya jaringan yang semuanya menggunakan IP secara tidak langsung menjadi pemicu kian cepat dan berkembangnya serangan terhadap industri telekomunikasi. Ditambah, industri ini juga menjadi industri yang benar-benar global sehingga memungkinkan serangan bisa datang dari mana spun dan kapan pun.

“Itu sebabnya penting bagi operator jaringan untuk berbagi pengetahuan tentang berbagai insiden untuk memungkinkan langkah-langkah proaktif yang akan diambil oleh rekan-rekan mereka. Hanya dengan kerjasama dan mengadopsi langkah-langkah proaktif lah industri dapat mencegah berkembangnya masalah ini,” katanya.

Hal yang tak jauh berbeda disampaikan Thierry Nedellec, Wholesale Manager di Bouygues. Menurutnya, melindungi pendapatan dari aktivitas penipuan adalah prioritas utama bagi Bouygues, dan perusahaan telah menuai manfaat dari pengadopsian platform FraudGuard dari BICS.

“Lebih dari 200 upaya penipuan diblokir pada awal tahun ini dan tidak ada insiden panggilan sah yang dicegah – semua dengan masukan minimal dari tim operasional kami,” tutupnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0