Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

NTT DoCoMo Hasilkan 5G Berkecepatan 2Gbps

Telko.id – Raksasa operator asal Jepang, NTT DoCoMo telah bekerja sama dengan sejumlah vendor besar untuk melakukan uji coba 5G di ‘lingkungan yang sebenarnya” di Tokyo, hasil ujicoba tersebut berhasil mencapai kecepatan transmisi data lebih dari 2Gbps.

Dilansir dari Telecom Asia, Operator bekerja dengan Huawei, Nokia Networks, Samsung, Ericsson dan Fujitsu di sebuah lokasi yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi di Tokyo.

Sekedar informasi, uji coba ini menggunakan milimeter-gelombang yang memiliki frekuensi sinyal yang sangat tinggi yakni 70 GHz untuk transmisi data.

DoCoMo mengatakan ini adalah pertama kalinya transmisi data 5G telah dicapai dalam kompleksitas komersial karena masalah sebelumnya tak terpecahkan yang melibatkan BTS berada di luar jangkauan serta refleksi sinyal yang disebarkan.

Operator dan mitranya mengatasi masalah ini dengan menggunakan dua teknologi baru yaitu beamforming, yang berfokus pada gelombang radio dalam arah tertentu, dan beam tracking untuk mengendalikan arah berdasarkan lokasi perangkat mobile.

DoCoMo bekerjasama dengan Samsung pada bulan November lalu untuk melakukan uji coba 5G secara terpisah  di Suwon, salah satu kota di Korea Selatan. Ujicoba ini menggunakan frekuensi 28 GHz untuk mengirimkan data pada kecepatan lebih dari 2.5Gbps dalam kendaraan yang bergerak dengan kecepatan 60km / jam.

Operator juga baru-baru berkolaborasi dengan Ericsson, Fujitsu dan Huawei pada uji coba teknologi yang diharapkan menjadi komponen standar 5G, termasuk menggunakan teknologi multi-user multiple-input multiple-output (MU- MIMO).

Latest

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan...

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id - ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and...

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah...

Rekomendasi

PDKT Smartfren dan XL Axiata Semakin Serius, Akankah Berakhir Merger?

Telko.id – Rumor bahwa Smartfren dan XL Axiata akan merger sudah melanglang buana di dunia telekomunikasi sejak beberapa tahun belakangan. Akhirnya, 15 Mei 2024, terjadi...

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini