Nasib 4G LTE Bergantung Pada Konten Video

Telko.id – Ericsson Mobility Report memberikan laporan mengenai berbagai temuan mereka di berbagai aspek seperti pelanggan smartphone, trafik mobile data, paket mobile broadband, penggunaan LTE dan lain lain.

Dalam laporan tersebut terlihat juga peluang dari operator di Indonesia untuk meningkatkan pendapatan mereka setidaknya mulai periode tahun 2016 mendatang.

Indonesia sendiri merupakan kontributor utama bagi pertumbuhan pelanggan seluler global. Tercatat Indonesia berada pada 10 besar negara dengan pertumbuhan internet terbesar pada kuartal ketiga di tahun ini.

Masuknya jaringan 4G LTE di beberapa kota besar di Indonesia serta semakin baiknya kualitas internet di semua wilayah negeri ini, tentunya akan semakin menambah banyak volume data yang dihasilkan.

Sementara dari segi device, Thomas Jul selaku Head of CU Ericsson Indonesia and Timor Leste mengungkapkan, “Pada tahun 2018 penetrasi pelanggan smartphone di Indonesia diperkirakan akan lebih tinggi daripada populasi penduduk perkotaan, dan untuk memastikan kelanjutan dari pertumbuhan tersebut perlu adanya sebuah aksesibilitas, keterjangkauan serta kesadaran akan layanan ini,” ucapnya.

Jul menambahkan, salah satu pendorong untuk meningkatkan penggunaan mobile data adalah pertumbuhan konten video yang banyak dan inovatif pada perangkat seluler. Kedepannya, seiring dengan semakin baiknya kualitas internet, maka konsumsi video juga diharapkan meningkat dan video streaming yang menjadi aktor utamanya dengan kontribusi sebesar 70% dari semua trafik mobile data.

Laporan Ericsson ini juga menyebutkan bahwa paket internet 1 hingga 2 GB menjadi primadona bagi pengguna seluler di Indonesia. Paket yang bersifat ‘service based’, ‘duration base’ serta pay per use’ juga cukup diminati di Indonesia.

Operator seluler juga harus bisa merekomendasikan paket apa yang sesuai kebutuhan dan daya beli pelanggan, agar persepsi rendah terhadap operator tersebut bisa sirna. Pilihan paket yang sesuai dengan budget pelanggan juga akan membantu meningkatkan kepuasan mereka dan persepsinya tentang harga.

Sebagai informasi, Operator Indonesia telah meluncurkan layanan 4G LTE secara komersial. Seharusnya pada tahun 2021 mendatang cakupan LTE telah mencapai 75% dari total populasi penduduk di Asia Tenggara dengan harapan sekiranya 40% pelanggan akan menjadi pengguna aktif dari layanan 4G LTE hingga akhir 2021.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0