M1 Segera Deploy NB-IOT

Telko.id – M1 dan Nokia telah bekerja sama untuk menggelar jaringan narrowband Internet of Things (NB-IoT) yang pertama di Singapura pada 2017 mendatang.

Ketika selesai, Nokia selaku vendor pertama untuk penyebaran skala besar dengan mitra operator dalam Asia memperkirakan bahwa hal ini menjadi salah satu penyebaran komersial pertama di dunia untuk NB-IOT.

Dilansir dari TelecomAsia (24/8), jaringan NB-IOT dan perangkat yang dirancang bertujuan untuk memberikan peningkatan kinerja jaringan untuk komunikasi M2M (machine-to-machine). Seperti diketahui, M2M membutuhkan bandwidth rendah, penetrasi dalam ruangan yang kuat, dan konsumsi daya yang rendah, sementara NB-IOT memberikan manfaat spektrum berlisensi seperti kehandalan jaringan dan keamanan .

Standar NB-IOT telah diselesaikan oleh Standar GSMA 3GPP pada bulan Juni 2016. Sedangkan perangkat Commercial NB-IOT diharapkan akan tersedia pada pertengahan 2017.

Menurut Bell Labs Consulting, sejatinya akan ada hingga lima miliar perangkat IOT yang terhubung melalui jaringan seluler pada tahun 2020. Sementara Di Singapura, penyebaran NB-IOT akan mendukung perjalanan mereka ini untuk menjadi Smart Nation dengan didukung oleh data untuk memberikan layanan antisipatif kepada rakyatnya.

“NB-IOT yang segera hadir akan menjadi teknologi yang berpotensi menghadirkan jenis aplikasi dan layanan untuk machine-to-machine dan smart city. Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra NB-IOT untuk mengeksplorasi penggunaan NB-IOT dalam mengembangkan layanan Smart Nation inovatif yang meningkatkan kehidupan warga negara kita dan membuat bisnis kita menjadi lebih produktif, “kata Jacqueline Poh, Chief Executive-designate, Government Technology Agency (GovTech).

Sementara itu, Sandeep Girotra, Senior Vice President Nokia untuk Asia-Pasifik dan Jepang mengungkapkan bahwa kerjasama Nokia dengan M1 untuk penyebaran NB-IOT meletakkan sebuah dasar yang penting untuk aplikasi lebih lanjut dari layanan IOT berbasis LTE.

M1 juga baru-baru ini mengumumkan tengah bekerja sama dengan Nokia pada penyebaran HetNet komersial pertama di Singapura.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0