Lewat Telenor, Warga Bulgaria akan Segera Nikmati 4G

Telko.id – Perusahaan Telekomunikasi Terbesar kedua di Bulgaria, Telenor baru-baru ini mengungkap rencananya untuk meluncurkan layanan 4G dengan standar Long Term Evolution (LTE) pada 1 Desember mendatang.

Untuk tahap awal, gelaran tersebut akan mencakup ibukota Sofia dan sebagian besar Selatan serta Timur Bulgaria, sebelum akhirnya mencakup seluruh kota dan kota-kota besar, serta negara resort musim dingin terbesar, pada pertengahan Desember.

Ke depannya perusahaan akan menyediakan cakupan 4G efektif untuk sekitar 57 persen dari penduduk negara itu, dengan ekspansi lebih lanjut, termasuk ke Bulgaria resort tepi laut yang populer, dan akan hadir pada 2016 mendatang.

Dilansir dari Sofia Globe (27/11), semua pelanggan Telenor Bulgaria akan dapat menggunakan layanan 4G gratis sampai dengan 31 Januari 2016, asalkan mereka memiliki smartphone dan kartu SIM 4G yang kompatibel, kata perusahaan itu.

Meskipun pihak Telenor Bulgaria tidak memberikan rincian mengenai biaya data untuk 4G secara spesifik, tapi setidaknya mereka mengatakan kapan waktu pastinya layanan ini dimulai.

CEO Telenor, Stein-Erik Vellan menyebut, Perusahaan akan menggunakan pita frekuensi 1800MHz untuk layanan 4G, setelah menyelesaikan overhaul jaringan pada awal musim panas ini dan meningkatkan efisiensi jaringan untuk membebaskan spektrum saat ini.

Telenor Bulgaria bukanlah perusahaan pertama yang menawarkan layanan 4G di Bulgaria, namun mereka adalah operator pertama dari tiga operator besar di negara itu yang menghadirkan layanan super cepat ini.

Vellan mengatakan bahwa peluncuran layanan 4G sekali lagi menggarisbawahi komitmen Telenor untuk Bulgaria. Setelah Group mereka mengumumkan akuisisi globul dari operator telekomunikasi Yunani, Cosmote pada bulan April 2013 silam dan telah menyelesaikan proses re-branding pada November 2014 lalu.

Melonjaknya penggunaan mobile data dan meningkatnya penggunaan smartphone, ditambah dengan selesainya perbaikan jaringan adalah alasan utama Telenor meluncurkan layanan ini, “meskipun ada keterbatasan spektrum,” kata Vellan.

Sebagai informasi, pengenalan layanan 4G di Bulgaria telah tertunda dalam beberapa tahun terakhir oleh kurangnya spektrum yang tersedia. Pemerintah Bulgaria telah berkomitmen untuk membuat beberapa frekuensi yang saat ini digunakan oleh Departemen Pertahanan untuk penggunaan komersial, tetapi proses telah diperlambat oleh kurangnya dana untuk militer. [ak/if]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0