Berkat Investasi, Pendapatan Zain Group Meningkat dari Tahun Lalu

Telko.id – Operator raksasa asal Kuwait, Zain Group telah menggelontorkan dana investasi senilai $ 797 juta pada tahun 2015 silam dan menargetkan peningkatan perluasan cakupan untuk jaringan 3G dan 4G mereka.

Capex mereka yang mencapai $ 797 juta tidak termasuk pasar telekomunikasi di Arab Saudi. Jumlah Capex dari Zain group juga mencerminkan 21 persen dari pendapatan Group. Sekedar informasi,  Zain Group memiliki 45.600.000 pelanggan atau sekitar 3 persen di delapan pasar telekomunikasi di Timur Tengah dan Afrika.

Ketua Zain Grup Asaad Al Banwan mengatakan, “Kami telah berinvestasi secara signifikan pada upgrade perluasan jaringan 3G dan 4G serta biaya lisensi spektrum di seluruh pasar kami untuk meningkatkan pengalaman mobile bagi pelanggan kami,” ucapnya seperti dikutip dari Telecom Asia(11/2).

Berkat investasi dalam perluasan jaringan 3G dan 4G LTE ini, pendapatan dari penggunaan data mereka naik 15 persen pada 2015, atau sekitar 20 persen dari total pendapatan.

Pendapatan Zain Group sendiri adalah $ 3, 78 miliar dengan laba bersih sebesar $ 513 juta pada tahun 2015. Sementara pendapatan dari Zain selaku operator adalah $ 933 juta dengan laba bersih $ 119 juta pada Q4 2015.

Sekedar informasi, Zain Group sendiri menghasilkan pendapatan sebesar $ 1,1 miliar di pasar Kuwait, $ 1, 22 miliar di Irak, $ 717 juta di Sudan, $ 1, 86 miliar di Arab Saudi, $ 459 juta di Yordania dan $ 191 juta di Bahrain.

booming pendapatan data 4G

Pendapatan data dari Zain Kuwait 4G LTE menyumbang sekitar 36 persen dari total pendapatan, angka tersebut menggambarkan kenaikan sebesar 8 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Pendapatan Data di Irak menyumbang sekitar 7 persen dari total pendapatan, atau meningkat 34 persen dari tahun lalu. Sementara pendapatan data di Sudan memberikan sumbangan sekitar 11 persen dari total pendapatan, atau tumbuh 102 persen.

Sementara untuk Arab Saudi, Zain memperoleh kenaikan sekitar 58 persen untuk pendapatan data dibandingkan dengan tahun lalu, pendapatan data di Arab Saudi sendiri menyumbang sekitar 25 persen dari total pendapatan sebagai investasi perusahaan dan memperluas jaringan 4G LTE.

Dengan peluncuran layanan 4G di Yordania, pendapatan data Zain mewakili 29 persen dari total pendapatan, atau tumbuh 18 persen. Berbicara mengenai Zain Bahrain, mereka telah menginvestasikan lebih dari $ 100 juta dalam jaringan 4G. Hasil dari investasi ini juga berimbas pada pendapatan data mereka yang meningkat 11 persen, dan 33 persen dari total pendapatan keseluruhan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0