Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Alasan Pentingnya VoLTE Segera Diimplementasi di Indonesia

Telko.id – Layanan Suara berbasis 4G LTE dirasa perlu segera diimplementasikan di Indonesia. Pasalnya, banyak operator di beberapa negara maju yang tengh atau bahkan sudah mendeploy layanan ini. Seperti diketahui, VoLTE atau Voice over LTE merupakan sebuah layanan voice berbasis data dan berjalan di jaringan 4G LTE. Layanan ini juga memanfaatkan skema paket switching yang tentunya tidak akan menurunkan signal 4G pengguna ketika sedang melakukan panggilan voice. Hal ini tentunya berbeeda dengan skema panggilan lawas yang masih memanfaatkan circuit switching yang menyebabkan signal 4G pengguna harus turun ke 3G atau bahkan 2G ketika sedang melakukan panggilan voice.

Hadirnya layanan VoLTE di Indonesia juga akan semakin mempermudah para operator dalam melakukan perawatan dari infrastruktur mereka. Seperti diketahui, saat ini para operator setidaknya minimal perlu me maintance dua teknologi yakni 2G dan 4G, dengana catatan BTS 3G para operator sudah di switch pindah ke teknologi 4G.

Dengan hanya me maintance satu infrastruktur untuk semua layanan mereka, yakni voice dan data, tentunya para operator akan lebih efisien dalam hal perawatan. Penyebaran jaringan 4G pun saat ini sudah semakin meluas di Indonesia. Disinggung mengenai hal ini, Roberto Saputra, Direktur Smartfren membenarkan adanya kemungkinan hal ini. “Dengan hanya melakukan maintanance pada 4G saja, tentunya kami akan lebih efisien dalam hal perawatan,” ucapnya kepada tim Telko.id (17/2).

Namun, Ia juga menjelaskan bahwa saat ini mereka belum akan melakukan subtitusi terhadap teknologi 3G yang mereka miliki, Ia mengungkapkan bahwa masih banyak revenue Smartfren yang berasal dari jaringan EVDO mereka.

Sekedar informasi, Smartfren adalah operator 4G pertama di Indonesia yang akan meluncurkan layanan VoLTE dalam waktu dekat ini.

Alasan lain perlunya pengimplementasian VoLTE di Indonesia adalah dari segi kualitas, seperti diketahui layanan VoLTE menjanjikan kualitas suara yang Full HD, dengan menghilangkan berbagai macam noise yang timbul ketika melakukan panggilan telepon. Tidak seperti panggilan voice konvensional, layanan VoLTE juga dapat menghadirkan fitur video call dengan set up yang sederhana. Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan kuota data mereka yang terkuras, karena operator akan membebani pengguna dengan tarif pulsa biasa.

Pengguna juga tidak perlu khawatir ketika sedang melakukan pengunduhan data ketika sedang ada panggilan masuk. Pasalnya, pengguna masih bisa menerima panggilan melalui VoLTE tanpa khawatir kecepatan download mereka turun atau bahkan konektifitas internet mereka terputus, seperti halnya yang terjadi pada panggilan konvensional.

Pengguna juga dapat melakukan set up panggilan dengan lebih cepat. Tercatat, ketika Tim Telko.id melakukan pengujian VoLTE milik Smartfren, kami hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 detik untuk set up panggilan.

Di negara maju lainnya seperti India, pengimplementasian VoLTE sudah bukan isapan jempol belaka. Pasalnya pada Kamis(11/2), regulator telekomunikasi mereka telah merekomendasikan amandemen yang cocok di lisensi telekomunikasi untuk membuka jalan bagi sistem interkoneksi yang terjadi pada IP atau tingkat protokol internet antar operator berlisensi.

Namun, di Indonesia sendiri belum diberlakukan satuan tarif interkoneksi untuk layanan VoLTE. Hal ini menjadi hambatan sekaligus tantang bagi para operator untuk merealisasikan layanan VoLTE di masyarakat Indonesia.

Diharapkan, dengan Smartfren yang sudah berani meluncurkan layanan ini, akan ada keberanian dari operator lain untuk segera mengkomersialisasikan layanan VoLTE di Indonesia, serta akan banyak juga handset yang mendukung layanan ini dengan harga yang terjangkau dan sesegera mungkin di buat peraturan tarif interkoneksi.

Latest

Explore Galaxy S24 Series Lebih Worry-free? Ini 4 Tips Jitunya!

Telko.id – Pakai smartphone canggih, pasti juga ada ke...

WWF ke 10, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahan Akses Jaringan Broadband

Telko.id - Telkomsel turut menyukseskan pelaksanaan World Water Forum...

WWF Ke-10,  XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera 

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan...

Oppo A60 Hadirkan Ketahanan Tingkat Militer, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Telko.id - Hari ini, Oppo meluncurkan anggota terbaru dari...

Rekomendasi

PDKT Smartfren dan XL Axiata Semakin Serius, Akankah Berakhir Merger?

Telko.id – Rumor bahwa Smartfren dan XL Axiata akan merger sudah melanglang buana di dunia telekomunikasi sejak beberapa tahun belakangan. Akhirnya, 15 Mei 2024, terjadi...

Ini Manfaat, 4 Operator Indonesia Hadirkan Layanan API GSMA Open Gateway

Telko.id – Empat operator Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, dan Smartfren mengumumkan peluncuran tiga layanan Application Programming Interface...

Done, Teleglobal dan Kacific Selesaikan Mobile Backhaul Berbasis Satelit

Telko.id – Akhirnya, Teleglobal dan Kacific bisa menyelesaikan penyediaan mobile backhaul service berskala besar untuk operator telekomunikasi yang memiliki jangkauan luas di Indonesia. Kerjasama ini...