Telkomtelstra Dorong Industri Perbankan Hadapi Momentum Fintech

Telko.id – Perusahaan penyedia layanan Managed Solutions, Telkomtelstra mendorong pelaku industri perbankan untuk menghadapi momentum fintech di industri Tanah Air dengan turut menyediakan ekosistem IT pendukung di sektor keuangan digital.

Menurut studi McKinsey (2016), salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perbankan dalam menghadapi pertumbuhan fintech adalah dengan membangun ekosistem digital perbankan atau Fintech melalui digitalisasi secara end-to-end serta menyempurnakan pengalaman pelanggan dengan teknologi terkini.

Penggunaan infrastruktur teknologi informasi yang tepat dinilai akan membantu perbankan untuk mengoptimalkan produktifitasnya serta fokus dalam memenuhi pergeseran kebutuhan nasabah di tengah dunia digital yang kian meningkat.

Untuk melengkapi ekosistem IT pendukung di sektor perbankan digital, Telkomtelstra menghadirkan infrastruktur teknologi informasi dengan jangkauan jaringan yang luas serta kombinasi kapabilitas kelas dunia dan keahlian lokal yang memahami pasar Indonesia, sehingga para pelaku industri perbankan di Indonesia memiliki kesiapan yang mantap menghadapi fintech dan mampu menangkap berbagai peluang di sektor keuangan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, maraknya pertumbuhan start-ups fintech tidak hanya dinilai sebagai inovasi teknologi untuk metode pembayaran alternatif yang lebih praktis dan aman, tetapi juga sebagai salah satu solusi untuk mendorong inklusivitas keuangan di dalam negeri.

Keberhasilan penerapan fintech dengan infrastruktur teknologi informasi yang tepat akan mendukung perbankan untuk memainkan peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan lebih banyak masyarakat Indonesia melalui sektor keuangan.

Pada tahun 2015 saja, investasi di perusahaan fintech di Asia-Pasifik mengalami peningkatan sebesar empat kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi 4,3 miliar dolar AS. Sementara di awal tahun 2016, sektor ini menerima investasi sebesar 5,3 miliar dolar AS, mewakili 50% dari seluruh investasi pada kwartal pertama di Asia-Pasifik (Accenture FinTech and the Evolving Landscape, 2016).

Tidak hanya berfokus pada pengembangan teknologi untuk pembayaran ritel, kini investasi fintech telah tumbuh dengan diversifikasi yang beragam serta melibatkan berbagai elemen di sektor layanan keuangan, terutama industri perbankan.

Sebagai dampak dari pertumbuhan perusahaan rintisan (start-up) fintech yang pesat di Indonesia, para pelaku industri perbankan tidak lagi dihadapkan dengan persaingan antar perbankan, namun persaingan ini telah bertransformasi menjadi persaingan teknologi antar pelaku industri keuangan.

“Transformasi digital menjadi aspek yang sangat krusial bagi perbankan di Asia-Pasifik guna mengamankan profit serta menjaga pertumbuhannya di persaingan industri yang semakin ketat,” kata Telkomtelstra melalui keterangan resmi, Senin, (11/7).

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0