Latest Phone

Oppo Pad Air2

Tecno Spark 20

Kurang Efisien Gunakan WiFi, Operator Diklaim Kehilangan USD18 Miliar

 

Jakarta – Penggunaan spektrum Wi-Fi yang lebih efisien dan manajemen gangguan yang lebih cerdas diklaim XCellAir – perusahaan penyedia solusi Quality of Experience berbasis cloud -tak hanya bisa menarik pelanggan baru, tetapi juga menghasilkan rejeki nomplok sebesar bagi operator seluler.

Tidak tanggung-tanggung, nominal sebesar USD17.9 miliar pun disebut perusahaan ini bisa diraih operator seluler jika mereka bisa melakukan kedua hal tersebut.

“Merupakan kepentingan operator untuk lebih mengontrol WiFi, terutama di lokasi di mana mereka ingin memberikan layanan lebih sebagai upaya menambah pelanggan,” kata Todd Mersch, co-founder XCellAir. “Tidak hanya itu masuk akal, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik pada pelanggan Anda, tetapi juga dapat mendatangkan pendapatan.”

XCellAir memberi ilustrasi mengenai betapa tidak efisien WiFi digunakan saat ini dengan menciptakan kembali sebuah penyebaran WiFi publik khas urban dengan menggunakan 250 titik akses di sekitar kantornya di Montreal, Kanada.

Analisis kinerja hotspot mengungkapkan bahwa 92% dari mereka tidak beralih ke saluran yang berbeda meskipun penurunan kinerja disebabkan oleh gangguan dari hotspot tetangga. Selanjutnya, rata-rata, dua saluran senilai bandwidth tetap tidak digunakan pada waktu tertentu, mengakibatkan sekitar 100 Mbps kapasitas yang belum dimanfaatkan.

XCellAir kemudian menugaskan Real Wireless untuk menggali potensi penghematan biaya dan kesempatan memperoleh pendapatan bagi operator seluler yang melakukan ketidakefisienan itu. Perusahaan riset itu menggambarkan perhitungan hipotesis pada operator seluler dengan pangsa 25% dari pasar.

“Kami sangat terkejut melihat berapa banyak keuntungan finansial yang bisa didapat dari itu,” kata Mersch.

Real Wireless menemukan bahwa lebih dari lima tahun, operator akan menghemat USD 71 juta dengan memberikan kapasitas dalam biaya lebih rendah.

“USD 303 juta lainnya pada dasarnya berasal dari kemampuan menghasilkan pendapatan baru,” kata Mersch.

“Sebagian besar persentase dari itu dapat menghasilkan lebih banyak pengguna sensitif” yang tertarik pada layanan seperti Voice over WiFi (VoWiFi). Ini akan memiliki efek meningkatkan pangsa pasar operator sebanyak 3% selama periode lima tahun, jelasnya.

Real Wireless mencontohkan 10 pusat keuangan dunia – London, Tokyo, Singapura, Hong Kong, Shanghai, Paris, Frankfurt, Beijing, Chicago, dan New York – yang menggabungkan penghematan biaya dan peluang pendapatan menjadi USD 17.9 miliar. Demikian dilansir dari Totaltele, Jumat (25/9).

 

Latest

Direktur Utama Telkomsel Tetiba Diganti, Ada Apa?

Telko.id – Tetiba Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel...

Keamanan Siber Strategi Kunci Hypernet Technologies di 2024

Telko.id – Keamanan siber menjadi strategi kunci Hypernet Technologies...

Uji Coba Satria-1 Sukses, Internet Pun Sudah terhubung

Telko.id - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi...

PodjokSehat, Cara AdMedika Ajak Lansia Karanganyar Jaga Kesehatan

Telko.id - Program PodjokSehat merupakan cara AdMedika sebagai salah...

Rekomendasi

Sharp AQUOS R8s Pro, Dibekali Sensor kamera 1 inch

Telko.id – Sharp kembali meluncurkan produk terbarunya di kelas flagship yakni AQUOS R8s series yang terdiri dari AQUOS R8s dan AQUOS R8s pro. Kedua smartphone...

Solusi Industri Pertambangan XL Axiata Sabet 2 Penghargaan

Telko.id – Solusi industri pertambangan dari XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS) meraih dua penghargaan sekaligus dalam dua event yang berbeda Untuk penghargaan...

Samsung Hadirkan Keluarga Fan Edition Terbaru, Apa Keunggulannya?

Telko.id – Samsung resmi menghadirkan keluarga Fan Edition atau FE di Indonesia yang terdiri dari Galaxy S23 FE, Galaxy Tab S9 FE dan S9...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini