Jobplanet.com Bertekad Kurangi Pengangguran Lewat Internet

Telko.id – Seiring dengan semakin berkembangnya internet serta kian lengkapnya ekosistem pendukung membuat segala sesuatunya beralih ke ranah digital. Hal serupa juga terjadi pada kolom pencarian pekerjaan. Biasanya, ‘info loker’ sering ditemui di berbagai surat kabar atau pamflet. Namun sekarang ini nyaris semuanya beralih ke ranah digital.

Jobplanet.com, sebuah situs lowongan pekerjaan teranyar juga hadir dengan diilhami oleh tren di atas. Hadir dengan menyediakan berbagai info lowongan pekerjaan, Jobplanet.com berniat untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja di Indonesia pada bulan Agustus 2015 adalah sebanyak 122,4 juta orang atau bertambah sebanyak 510 ribu orang jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun 2014.

BPS menyebutkan, jumlah penduduk bekerja pada Agustus 2015 adalah sebanyak 114,8 juta orang. Dengan begitu, sekitar 7,6 juta orang atau lebih dari 6% angkatan kerja adalah pengangguran. Meski demikian, tidak berarti sebanyak 114,8 juta orang yang telah bekerja sudah merasa puas dengan pekerjaan yang telah mereka miliki. Banyak pula dari mereka yang merasa terjebak pada karir yang kurang tepat atau lingkungan perusahaan yang tidak kondusif.

Di dalam Jobplanet, pencari kerja bisa mendapatkan berbagai informasi seputar dunia kerja dan ulasan mengenai seluk-beluk perusahaan, seperti ulasan tentang budaya dan suasana kerja di perusahaan, info gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja. Platform ini dikembangkan untuk menjadi sumber informasi dan referensi terpercaya bagi para pencari kerja dan karyawan yang ingin meningkatkan karir mereka.

Kemas Antonius, Chief Product Officer, Jobplanet di Indonesia menyebutkan, “Selama ini, informasi mengenai seluk-beluk perusahaan serta informasi soal gaji dan kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja amat sulit didapatkan oleh para pencari kerja. Informasi mengenai gaji terutama, dipandang sebagai hal yang bersifat rahasia dan kurang pantas untuk dibicarakan dengan orang lain. Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar para pencari kerja dalam menggapai karir yang mereka impikan, yang juga menyebabkan banyak calon karyawan salah langkah dalam melakukan negosiasi gaji atau gagal dalam tes wawancara kerja,” ucapnya.

Menurut keterangan pers yang diterima tim Telko.id, Jobplanet mulai beroperasi di Indonesia sejak bulan Agustus 2015. Hingga awal Desember 2015, komunitas ini telah memiliki sekitar 200.000 anggota dan telah mengumpulkan 80.000 ulasan dalam database-nya, yang terdiri dari ulasan mengenai perusahaan, info gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara.

Selain itu, Jobplanet juga telah mengumpulkan sekitar 20.000 perusahaan dalam database-nya. [ak/if]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0