Cisco hijrah ke dunia digital dengan arsitektur jaringan DNA

Telko.id – Cisco sebagai perusahaan networking mengumumkan tentang Digital Network Architecture (DNA)  di Cisco Partner Summit 2016, San Deigo.

Perusahaan jaringan raksasa yang berbasis di Amerika Serikat ini sejatinya lebih berfokus pada perangkat seperti switch, router, dan perangkat keras terkait peralatan jaringan lainnya untuk perusahaan dan telekomunikasi. Cisco juga berencana untuk mengeksplorasi ranah teknologi baru seperti Software Define Network (SDN) dan Network Function Virtualization (NFV) serta analisis data.

Mengenai DNA, Cisco menyebut, teknologi ini adalah arsitektur perangkat lunak berbasis solusi bisnis digital berdasarkan pada otomatisasi, virtualisasi, analisis, managed services dan API terbuka yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan fitur keamanan, Internet of Things (IOT), mobile, dan strategi analisis meliputi bidang inti, WAN, access edge, kantor cabang serta keamanan.

DNA datang dalam keluarga Cisco ONETM Software, yang memungkinkan lisensi berbasis perangkat lunak, serta membantu dengan perlindungan investasi dan fleksibilitas termasuk platform otomatisasi dan aplikasi, berbagai layanan manajemen berbasis cloud, dan tentunya NFV.

Selain DNA, perusahaan yang telah berumur 31 tahun ini juga meluncurkan otomatisasi, kemampuan manajemen virtualisasi, dan Cloud untuk arsitektur dan telah memberikan pengaruh untuk pelanggan dan para pemimpin bisnis untuk membuat pergeseran ke bisnis digital.

“CISCO DNA menyatukan virtualisasi, otomasi, analisis, awan, dan programabilitas untuk membangun platform tersebut. Jaringan digital adalah platform untuk bisnis digital, “kata Rob Soderbery, SVP untuk Enterprise Produk dan Solusi di Cisco, seperti dilaporkan TelecomLead (4/3).

Cisco mengatakan, DNA dimulai dengan tersedianya APIC-EM Otomasi Platform yang mengotomatisasi instalasi peralatan dan jasa. Yakni sebuah aplikasi Plug and Play (PnP) yang menyediakan solusi terpadu bagi pelanggan jaringan perusahaan untuk mengotomatisasi cabang baru, yang didukung oleh Cisco switch Catalyst dan produk nirkabel dengan Base plug and play otomatisasi yang telah tersedia saat ini. Sementara versi cloud controlled akan hadir pada bulan Mei mendatang.

Cisco dan mitra channelnya akan mengirimkan peralatan untuk pelanggan, di mana mereka dapat dipasang oleh pengguna tanpa keterampilan teknis, dan hardware akan secara otomatis men-download petunjuk konfigurasi dan melakukan instalasi melalui Internet, untuk boot dan mengkonfigurasi VLAN tanpa intervensi manual.

Hadir juga IWAN yakni wide-area network automatic product yang juga merupakan produk software-defined (SD-WAN) berdasarkan definisi kebijakan relevansi sebuah aplikasi untuk bisnis, mengotomatisasi pengaturan WAN, dengan kebijakan, profil, otomatisasi, dan dibangun di otomatis pemecahan masalah.

Sementara APIC-EM controller dapat memperbarui QoS secara konsisten di seluruh jaringan dalam milidetik, hal ini sejatinya memungkinkan para profesional TI untuk memberikan pengalaman aplikasi yang berbeda. Quality of Service (Qos) dengan kebijakan otomatis akan tersedia pada akhir bulan ini.

Cisco menggunakan StealthWatch, yang merupakan bagian dari akuisisi raksasa jejaring Lancope pada tahun lalu, untuk urusi keamanan.

Di ajang yang sama, Cisco juga menghadirkan CMX Cloud dengan kemampuan penggunaan WiFi tracking pada jaringan, terutama untuk perusahaan dalam industri seperti ritel, perhotelan, kesehatan, pendidikan, dan bahkan instansi pemerintah.

Cisco menggunakan platform orkestrasi terpusat yang dapat dijalankan pada VNFs pihak ketiga, untuk mengelola, dan pemecahan masalah fungsi virtual dan fisik, platform ini berjalan pada Cisco Systems ‘ISR 4000, UCS, atau platform x86 standar. CISCO juga menambahkan routing, firewall, dan optimasi WAN.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0