Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Indosat Ooredoo Ubah Strategi Ekspansinya, Seperti Apa?

Telco.id, Bandar Lampung – Sebagai salah satu pemain raksasa di industri telekomunikasi nasional, Indosat Ooredo memiliki berbagai strategi untuk mengembangkan lini bisnisnya. Salah satunya adalah dengan melakukan ekspansi di berbagai daerah.

Seiring perkembangan teknologi perangkat seluler dan meningkatnya ekonomi digital, strategi ekspansi dirasa masih kurang mumpuni untuk bersaing dengan operator seluler lain. Untuk itu Indosat mengubah strateginya, khususnya dalam ekspansi di luar Pulau Jawa. Seperti apa perubahannya?

“Modelnya kami tidak akan sporadis lagi seperti dulu, tapi akan fokus di daerah tersebut. Seperti di Lampung, tahun lalu saya berkeliling masih banyak daerah yang sinyalnya kosong atau hanya memancarkan 3G. Sekarang sudah hampir 90% daerahnya tercover 4G LTE,” ujar Joy Wahjudi, President Director & CEO Indosat Ooredoo, dalam acara Media Gathering di Lampung, Rabu (18/4/2018).

Khusus untuk wilayah Lampung, Indosat melakukan penambahan dan modernisasi jaringan sudah ada menjadi jaringan baru broadband yang menyelimuti seluruh wilayah Lampung. Jaringan baru broadband yang telah dibangun telah mencakup 15 kabupaten & 213 kecamatan, tersebar mulai  Bakauheni, Bandar Lampung, Metro, Sribawono hingga wilayah perbatasan.

Kendati fokus di daerah, Anak usaha Grup Ooredo ini tidak akan melupakan Pulau Jawa. Bahkan Joy memastikan Indosat tetap akan mengembangkan kualitas jaringannya di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta.

Jelas saja, karena Pulau Jawa masih menjadi pusat aktifitas bisnis dan berpotensi besar untuk perusahaan sektor telekomunikasi.

“Jawa ini salah satu pasar yang besar bagi Indosat. Pengembangan disini tak akan kami stop,” tukas dia.

Selain di Lampung, Indosat juga akan menambah jaringannya ke berbagai wilayah lain di Indonesia selama 2018. Namun Joy enggan menjelaskan daerah mana saja yang akan menjadi fokus pengembanganya.

Yang pasti, Indosat akan melihat kota propinsi yang besar di Indonesia untuk melakukan pengembangan. Pasalnya, tetap saja, dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini harus memikirkan konsekuensi dalam pergerakan bisnisnya, Dan, pola yang akan digunakan akan mirip dengan yang sudah dilakukan di Lampung ini.

Upaya intensifikasi bisnis ini rupanya cukup menguras belanja modal perusahaan. Pasalnya, untuk meningkatkan kualitas jaringan harus dilakukan peningkatatn jaringan, dengan mengganti hampir seluruh peralatan yang sudah ada.

“Untuk mendukung komitmen ini,  kami telah menambah belanja modal (capex) tahun ini menjadi Rp 8 Trilliun, dimana 80% diantaranya digunakan untuk investasi jaringan,” imbuh Joy.

Sayang, Joy tidak menjelaskan lebih rinci penggunaan Capex tersebut untuk pengembangan bisnis di luar Pulau jawa tersebut. Namun, jika dihitung, pengembangan bisnis di Pulau Jawa juga akan tetap besar karena memang persaingannya yang cukup tinggi sehingga jaringan Indosat pun harus tetap optimal.

Joy optimistis strategi barunya akan berbuah manis, karena bahwa pasar di luar Jawa masih sangat kompetitif. Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat daerah, yang kini makin aktif dalam dunia digital, turut menunjang tingginya permintaan ketersediaan sinyal 4G LTE. (Wahyu/Icha)

Latest

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Akhirnya, Galaxy AI Bahasa Indonesia Hadir di Galaxy S24 Series

Telko.id – Akhirnya, setelah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, Samsung Electronics...

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024), Pas Buat Kerja dan Kreatif

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia kini melengkapi jajaran tabletnya...

Rekomendasi

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar Pemberdayaan Masyarakat kembali menggelar SheHacks 2024. Tujuannya untuk menginspirasi perempuan Indonesia dalam...

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pada saat yang sama...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah mengubah dinamika pasar seluler Indonesia dan menjadikannya sebagai operator...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini