Telko.id – Bagi operator, memiliki pelanggan paskabayar memang menyenangkan. Pasalnya, dari sisi ARPU atau average rate per usage lebih tinggi ketimbang prabayar. Lalu, loyalitasnya juga lebih tinggi.
“Pelanggan paskabayar itu lebih loyal. Terbukti, rasio churn atau berganti nomor ke operator lain hanya di bawah 2 persen, sementara yang prabayar rasionya sekitar 15 persen hingga 20 persen. ARPU untuk pascabayar juga lebih besar, sampai Rp 200.000-an. Sementara yang pra bayar hanya sekitar Rp 36.000-an,” ucap Dian, Presdir/CEO XL Axiata menjelaskan.
Di sisi lain, dengan adanya trend penggunaan data yang semakin tinggi, masyarakat pun banyak yang tidak mau ‘ribet’ dengan harus mengisi pulsa, memperhatikan masa tenggang kartu dan kuota. Akibat dari trend tersebut memberikan dampak yang positif pada operator, di mana banyak juga masyarakat yang asalnya pengguna prabayar pindah ke paskabayar karena tidak perlu mengingat masa tenggang kartu maupun kuota.
Fenomena ini terlihat pada XL. Di mana, terjadi peningkatan jumlah pelanggan paskabayar cukup signifikan. Pada akhir tahun lalu, pelanggan paskabayar XL 400 ribu saja. Ketika lebih fokus menggarap pelanggan paskabayar, ternyata direspon dengan baik oleh masyarakat hingga terjadi kenaikan sampai 600 ribuan pelanggan.
“Pada sister company XL di Malaysia, yang paling tumbuh itu justru pelanggan pascabayar. Saya rasa Indonesia juga bakal ke arah sana. Target XL sampai akhir 2017, Mudah-mudahan bisa sampai 800 ribu pelanggan,” jelas Dian menambahkan.
Sekadar informasi, hingga akhir Juni 2017 lalu, pelanggan XL Axiata mencapai 50,5 juta pelanggan, sebanyak 582.000 di antaranya adalah pelanggan layanan pascabayar.
Untuk menjaga agar pelanggan tetap loyal, XL pun memberikan apresiasi berupa hadiah utama untuk para pelanggan setia yang memenangi Program Xtravaganza & FantAXIS periode 7 Mei – 4 Agustus 2017.
Jumlah pelanggan yang mengikuti program Xtravaganza dan FantAXIS periode ini tidak kurang dari 12,7 juta peserta. Hadiah bagi para pemenang dilakukan dengan pengundian setiap pekan di hadapan petugas dari Kementrian Sosial, Dinas Sosial, dan Kepolisian.
Pengundian dilakukan dengan sistem komputer yang terhubung dengan database pemenang. XL Axiata telah melakukan pengundian sebanyak 13 kali dengan total 90 orang pemenang, yang terdiri dari pemenang mingguan babak gratis dan 13 pemenang mingguan babak eksklusif. Selain itu juga telah didapatkan 4 pemenang Grand Prize dan pemenang M-Learning diakhir periode.
Hadiah bagi pemenang pada Xtravaganza & FantAXIS periode kedua ini berupa masing-masing 90 keping emas 5 gram untuk hadiah mingguan babak awal, 13 keping emas 20 gram untuk hadiah mingguan babak eksklusif. Hadiah Utama untuk babak awal berupa uang tunai Rp 60 juta dan emas 100gram. Hadiah Utama babak eksklusif uang tunai Rp 300 juta dan emas 500gram.
Sementara itu untuk babak M-Learning akan mendapatkan emas 10gram, uang 10 juta, HP Samsung c9 dan motor Yamaha Mio M3, dengan ketentuan 1 kategori hadiah untuk 1 pemenang.
Untuk kategori Babak Premium, pelanggan dari Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil meraih hadiah berupa 500 gram emas. Pelanggan dari Tangerang Selatan, Banten, meraih hadiah uang tunai Rp 300 juta. Sementara itu untuk Babak Gratis, pelanggan dari Brebes, Jawa Tengah, memenangi 100 gram emas, dan pelanggan dari Cilandak, Jakarta Selatan, memenangi uang tunai Rp 60 juta. Hadiah diserahkan oleh Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini dan anggota Direksi XL Axiata lainnya di Jakarta, 4 September 2017.
Saat ini, kuiz Xtravaganza & FantAXIS Sesi ke-3 sedang berlangsung mulai 5 Agustus 2017 lalu dan akan berakhir pada 2 November 2017. (Icha)