spot_img
Latest Phone

Huawei Watch D2, Bisa Pantau Tekanan Darah 24 Jam

Telko.id - Huawei resmi menghadirkan Huawei Watch D2 di...

Yuk Bikin Galaxy Z Flip6 Jadi Stand Out dengan Flipsuit Case

Telko.id - Huawei resmi memperkenalkan Huawei MatePad Pro 12.2-inch,...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

Tecno Spark 20

ARTIKEL TERKAIT

TikTok dan Gramedia Kembali Gelar Kampanye #SerunyaMembaca

Telko.id – TikTok dan Gramedia kembali mengadakan kampanye bertajuk #SerunyaMembaca. Kampanye ini juga diselenggarakan seiring dengan meningkatnya jumlah konten edukasi yang hadir di TikTok, termasuk konten seputar rekomendasi buku bacaan.

Selain itu juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk mendorong semangat membaca masyarakat, TikTok juga menggandeng Taman Bacaan Pelangi, organisasi sosial yang fokus mendirikan perpustakaan anak di daerah terpencil di Indonesia Timur, untuk memperluas akses terhadap bahan bacaan melalui program donasi buku.

Ketertarikan terhadap buku dan kegiatan membaca di Indonesia masih menjadi salah satu tantangan yang masih dihadapi masyarakat Indonesia. Namun, riset yang dirilis oleh Perpustakaan Nasional pada tahun 2021 menunjukkan adanya peningkatan pada indeks kegemaran membaca masyarakat Indonesia.

 Hal ini juga terlihat di TikTok, di mana konten rekomendasi buku bacaan menjadi salah satu kategori konten yang paling diminati oleh komunitas TikTok. Melalui sajian konten edukatif yang dikemas secara ringan dan menghibur, komunitas TikTok dapat menemukan rekomendasi ragam buku bacaan menarik untuk memperkaya diri mereka.

Selaras dengan fenomena ini, kampanye #SerunyaMembaca ingin meningkatkan semangat membaca serta mengedukasi komunitas TikTok serta masyarakat luas akan serunya menimba ilmu melalui medium buku.

“Beberapa tahun belakangan ini, kami melihat peningkatan yang cukup pesat pada kategori konten edukasi, termasuk konten rekomendasi buku. Partisipasi aktif dari pengguna TikTok mengenai konten buku pun juga terlihat melalui tagar #SerunyaMembaca yang telah berhasil mengumpulkan dua miliar views,”  jelas Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

Oleh sebab itu, Tiktok dan Gramedia pun kembali menyelenggarakan kampanye #SerunyaMembaca untuk menyediakan wadah bagi komunitas TikTok agar mendapatkan inspirasi buku bacaan yang bermanfaat.

Selain itu, TikTok juga ingin memperlihatkan bahwa membaca juga bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan untuk dilakukan, khususnya bersama komunitas TikTok.

Kevin menekankan bahwa kampanye #SerunyaMembaca ini sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan.

“Kami sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Gramedia dan menggandeng Taman Bacaan Pelangi untuk bersama menyebarkan semangat baca sekaligus memperluas akses ke buku bagi masyarakat Indonesia,” tutup Kevin.

Kampanye #SerunyaMembaca yang diselenggarakan mulai tanggal 6 Juli hingga 13 Juli 2022 ini diharapkan dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat dan minat baca dari masyarakat Indonesia melalui sejumlah program.

Program tersebut antara lain Tantangan #SerunyaMembaca yang mengajak para pengguna untuk berbagi inspirasi seputar buku, termasuk rekomendasi buku dan fakta menarik tentang pustaka, dengan harapan dapat menginspirasi komunitas TikTok.

Lalu ada TikTok LIVE yang menghadirkan ruang diskusi seru melalui akun TikTok resmi Gramedia bersama para penulis ternama dan figur publik, antara lain RJLS, Luvita Ho, dan Dinda Mulia dengan pembahasan seputar buku, penulisan, dan membaca.

Dalam kampanye ini jug ada Program donasi buku di 10 cabang Gramedia dan perpustakaan Taman Bacaan Pelangi untuk mengundang partisipasi masyarakat dalam memperluas akses baca di Indonesia.

Di mana, hasil donasi, termasuk 1.000 buku persembahan Gramedia, akan didistribusikan melalui Taman Bacaan Pelangi ke Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

Misi untuk menginspirasi masyarakat ini juga dibawa oleh Gramedia melalui literasi buku, seperti yang disampaikan oleh Raja Tubagus Wijaya Kusuma, Marketing & Communication Manager Gramedia.

“TikTok sebagai sumber inspirasi lewat konten-konten edukasinya, menjadi salah satu alasan Gramedia untuk kembali bekerja sama untuk kampanye #SerunyaMembaca,” ungkapnya.

Hal itu juga sejalan dengan tujuan Gramedia untuk meningkatkan literasi dan memberikan kemudahan akses tanpa batas pada dunia pengetahuan di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan teknologi, TikTok menjadi salah satu platform yang tepat untuk membantu mewujudkan tujuan iniSemangat untuk membuka akses literasi ini menjadi penggerak utama Taman Bacaan Pelangi dalam partisipasinya di kampanye #SerunyaMembaca ini.

“Peningkatan akses buku yang menjadi cakrawala hidup masyarakat adalah tujuan utama Taman Bacaan Pelangi sebagai organisasi yang fokus pada peningkatan literasi dan minat baca anak-anak yang berada di sekolah dasar, khususnya Indonesia Timur,” jelas Widodo, Project Manager, Taman Bacaan Pelangi.

Kampanye #SerunyaMembaca ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2022 dan dapat diakses melalui tagar #SerunyaMembaca di aplikasi TikTok atau melalui tautan berikut ini. Berbagai konten edukasi yang seru dan menghibur lainnya juga dapat diakses melalui tagar #SerunyaBelajar yang baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU