Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

HUB.ID Bantu Startup Tingkatkan Kredibilitas, Mudahkan Dapat Pendanaan

Telko.id – Setelah sukses menjalankan program HUB.ID Accelerator di tahun 2021 dan 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kembali berhasil menyelesaikan kegiatan serupa di tahun 2023.

Program HUB.ID ini Adalah kegiatan yang masih berfokus pada pengembangan dan peningkatan Startup lokal Indonesia melalui akses pendanaan serta kerja sama bisnis dengan memanfaatkan jaringan luas BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah.

Selama 3 (tiga) tahun berjalan, setiap tahunnya program HUB.ID Accelerator memfasilitasi Startup lokal Indonesia dengan sektor yang berbeda-beda guna memperluas fokus pengembangan dan peningkatkan Startup.

Di mulai dari tahun 2021 dengan 7 (tujuh) sektor Startup yaitu Agriculture & Aquaculture, Healthcare, Fintech, Logistics, Edutech, Tourism, and Smart City/Gov Solution.

Baca juga : Merah Putih Fund, Cara TelkomGroup Dukung Pendanaan Startup Nasional

Dilanjutkan di tahun 2022 dengan 5 (lima) sektor yaitu Financial Services, B2B/Enterprise Solution/Govtech, Logistics, SME Enabler, Agriculture & Aquaculture.

Serta di tahun 2023 masih mengangkat 5 sektor Startup yaitu Financial Technology, SME Enablers & Logistic, ESG Related, Agritech & Fisheries, dan juga Healthtech.

Setiap tahunnya jumlah Startup pendaftar program HUB.ID Accelerator terus bertambah, yang mana di tahun 2021 terpilih 43 Startup dan di tahun 2022 terpilih 24 Startup yang berkesempatan untuk dibina dan mengikuti rangkaian program HUB.ID Accelerator mulai dari Business Mentoring, Business Matchmaking, Networking Session, dan Demo Day.

Sedangkan di tahun 2023, dari 116 pendaftar terpilih 25 Startup untuk mengikutti rangkaian program yaitu Business Mentoring & Pitch Training, Business Matchmaking, Partner Day, IP Research Matchmaking, dan Networking Session.

Untuk tahun 2021, ada 7 startup yang mendapatkan pendanaan. Lalu pada program 2022, ada 8 startup yang memperoleh pendanaan,” ujar Damayanti Karina Putri, PIC Hub.id Accelerator di acara Alumni Talks di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Sedangkan pada tahun 2023, masih belum terlihat, ada berapa startup yang memperoleh pendanaan.

“Kalau di 2023 ini masih proses berjalan, kita akan terus ikuti startup dan kita akan baru tahu di 2024. Tapi, kita baru dapat info kalau salah satu satu startupnya mendapatkan pendanaan dan itu akan jadi KPI kita hub.id di 2023,” sambungnya Damayanti.

Dari rangkaian program yang berjalan di tahun 2021, HUB.ID Accelerator telah berhasil menjalankan 100 peluang kerjasama bisnis, 30 kerjasama bisnis, dan 2 investasi baru yang didapatkan oleh Startup Dagangan, HiPajak, FisLog, MyRobin, Chickin Indonesia, Educourse, dan Lister.

Sedangkan di tahun 2022, HUB.ID Accelerator telah berhasil menjalankan 138 Business Matchmaking antara startup dan perusahaan swasta maupun BUMN hingga pendanaan untuk Startup lulusan HUB.ID Accelerator yaitu PasarMIKRO, Grouu, Eratani, Ayo Kenalin, Looyal, Verihubs, Amoda dan Kecilin.

Pada kegiatan Alumni Talks yang dijalankan oleh Direktorat Ekonomi Digital di bawah struktur Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Jakarta (30/11), Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik 2 (dua) startup alumni HUB.ID Accelerator 2022 yaitu Amoda & Kecilin.id.

Kedua Startup alumni HUB.ID tersebut menjadi perwakilan Startup yang berhasil mempercepat pertumbuhannya yang bisa dilihat dari beberapa pencapaiannya.

Amoda sebagai perusahaan teknologi properti dan konstruksi yang memberikan solusi & efisiensi untuk bangunan individu dan bisnis di Indonesia, mulai dari UKM, dan perusahaan dengan pertumbuhan tinggi berhasil mendapatkan pendanaan awal (seed) yang dipimpin oleh East Ventures dan Living Lab Ventures.

Sedangkan Kecilin.id merupakan perusahaan rintisan Software-as-a-Service (SaaS) yang menyediakan teknologi kompresi pada model teknologi modern berhasil memperoleh pendanaan pra-seri A senilai US$ 4 Juta atau setara Rp60 miliar yang dipimpin oleh Mandiri Capital Indonesia (MCI) dengan investor lainnya yakni Provident Growth, BNI Ventures, dan investor lama yang kembali berpartisipasi yakni Arkana.

Robin Yovianto selaku CEO & Co-Founder dari Amoda menyampaikan dalam diskusinya bahwa dengan banyak berkembangnya Startup baru di Indonesia bukan menjadi sebuah kompetisi bagi Amoda, justru bisa membuka peluang kolaborasi dan kerja sama lebih banyak.

Bahkan dengan bergabungnya Amoda di HUB.ID Accelerator tahun 2022 sangat membantu meningkatkan kredibilitas Amoda di mata masyarakat dan investor, karena Startup yang terpilih di HUB.ID Accelerator pastinya di kurasi dengan sangat baik.

Sedangkan Bisma Manda selaku CEO & Co-Founder dari Kecilin.id mengungkapkan bahwa mental dan networking yang kuat menjadi hal yang krusial untuk Startup bisa maju dan berkembang memajukan Indonesia.

Dan dengan bergabungnya Kecilin.id dalam program HUB.ID Accelerator 2022 sangat membantu untuk menggapai mimpi-mimpi Startup yang tinggi dengan support-nya mempertemukan dengan mitra bisnis serta investor.

Harapannya dengan adanya kegiatan HUB.ID Alumni Talks kali ini dapat meningkatkan pemahaman pelaku bisnis Startup mengenai kegiatan HUB.ID Acceleator, mendorong para pelaku bisnis Startup untuk mengikuti kegiatan HUB.ID Accelerator, serta memfasilitasi pelaku bisnis startup untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman sekaligus promosi bisnisnya. (Icha)

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Start Up Jangjo Hadirkan Integrated Waste System, Apa Manfaatnya?

Telko.id - Start Up Jangjo memperkenalkan pengelolaan sampah Jangjo Zero Waste Integrated (JOWI) System. Sebuah system sangat efektif untuk mendukung sistem desentralisasi pengolahan sampah...

35 Startup, Terpilih Ikut Program Ekonomi Hijau GEN

Telko.id - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Bappenas akhirnya mengumumkan sejumlah start-up alias perusahaan rintisan untuk bergabung dalam program Ekonomi Hijau dari Greentech Entrepreneurs Network (GEN). Koordinator Ekosistem dan...

Gelar Speed-Dating LinkUp, Telkomel Ajak Startup Bangkit Kembali

Telko.id - Telkomsel melalui platform ekosistem inovasinya, T-Connext dan corporate accelerator Tinc, kembali membuka peluang kolaborasi demi pertumbuhan dan akselerasi ekosistem entrepreneur Indonesia melalui...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini