Telko.id – Gojek, penyedia layanan on-demand dari Grup GoTo (BEI: GOTO), hadirkan inovasi paket berlangganan bernama Gojek PLUS.
Lewat inovasi ini, pengguna dapat menikmati jaminan diskon di setiap transaksi untuk beragam layanan di Gojek seperti transportasi, pesan-antar makanan, pengiriman barang/paket hingga belanja kebutuhan harian. Gojek PLUS hadir dengan 3 pilihan paket dengan jaminan diskon hingga Rp12.000 di tiap transaksi.
Pengguna dapat berhemat hingga hampir Rp25 juta dari setiap pembelian paket hanya dengan Rp200an per hari.
“Paket berlangganan Gojek PLUS merupakan salah satu wujud strategi Grup GoTo untuk memperluas jangkauan dan daya tarik ke segmen pengguna yang lebih luas, khususnya segmen konsumen yang lebih berhati-hati dalam pengeluaran (budget conscious),” kata Gede Manggala, Vice President of Regions Gojek, dalam peluncuran Gojek Plus hari ini (07/05).
Baca juga : Gojek Perluas GoTransit ke Solo – Yogyakarta
Selain ‘Pasti Dapet Diskon’ tiap bertransaksi di layanan GoFood, GoRide, GoCar, GoSend, dan GoMart, Gojek PLUS juga berlaku untuk melakukan perjalanan dengan GoTransit, solusi multimoda pertama di dunia yang menggabungkan layanan ride-hailing dan transportasi umum dalam satu transaksi.
Ini menjadikan Gojek PLUS paket berlangganan hemat dengan ragam layanan yang komprehensif di layanan on-demand.
Gambar 1: Skema paket berlangganan Gojek PLUS
Ignatius Satrio, Head of Marketing Food & Ads Gojek memaparkan, “Di Gojek, kami senantiasa mencari cara agar tetap relevan dengan kebutuhan pengguna yang semakin berhati-hati dengan pengeluaran budget. Oleh karena itu, kali ini, kami berinovasi dengan Gojek PLUS untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan jaminan diskon di tiap transaksi pada semua layanan.”
Sebelumnya, Gojek telah menghadirkan beragam layanan transportasi dan pesan-antar makanan dengan opsi harga hemat. Animo yang kami dapat sangat positif.
Terbukti, opsi hemat di layanan transportasi terus diperluas ke lebih banyak kota dan berhasil mendorong peningkatan nilai transaksi bruto (GTV) produk tersebut sebesar 20% dengan sekitar 40% diantaranya merupakan pengguna baru atau pengguna yang kembali aktif bertransaksi.
Sementara itu, paket berlangganan di layanan pesan-antar makanan, GoFood PLUS, mencatat pengguna yang berlangganan bertransaksi 3x lebih sering dari yang tidak berlangganan.
“Inilah yang mendasari kami untuk terus memperluas manfaat paket berlangganan harga hemat ke semua layanan di Gojek,” imbuh Ignatius.
Paket berlangganan Gojek PLUS kini menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan hariannya dengan harga hemat. Survei PricewaterhouseCooper berjudul Global Consumer Insights Pulse Survey (2023), kenyamanan menjadi alasan utama (51%) mengapa konsumen mendaftar program berlangganan.
Temuan ini diikuti oleh efektivitas biaya (47%), rutinitas gaya hidup (42%), kebutuhan yang dipersonalisasi (41%), dan memungkinkan mereka untuk mencoba produk baru (41%). Studi yang sama juga menunjukkan kebiasaan belanja konsumen di era pasca pandemi, di mana mereka mencari produk dengan harga yang lebih rendah.
Theresia Nadya – Head of Marketing Transport and Logistic Gojek menjelaskan bagaimana Gojek semakin lekat dalam keseharian masyarakat.
“Mulai dari bangun hingga beristirahat di malam hari, Gojek menawarkan solusi untuk mempermudah hidup. Kami juga melihat bagaimana profil dan kebiasaan tiap pengguna Gojek tidak terbatas menggunakan satu layanan saja, namun kombinasi dari beragam layanan seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoSend,GoMart, dan GoTransit.”
Paket berlangganan Gojek PLUS hadir dengan pilihan berlangganan 14 hari, 30 hari atau 90 hari. Manfaat jaminan diskon di setiap transaksi dapat dinikmati misalnya untuk berangkat dan pulang sekolah, commuting atau memesan makan siang, hingga belanja harian bahkan mengembangkan bisnis social seller.
“Inovasi peluncuran paket langganan Gojek PLUS diharapkan memberikan kemudahan bagi pengguna, sekaligus memperluas basis pengguna. Artinya, semakin sering pengguna bertransaksi, semakin tinggi pula potensi pendapatan seluruh mitra driver dan mitra UMKM kami,” ujar Theresia Nadya.
Ia pun berharap, inovasi produk ini turut berdampak pada pertumbuhan bisnis yang positif dan berjangka panjang bagi mitra di ekosistem Gojek. (Icha)