Netflix PHK 300 Staf Lagi Agar Bisa Fokus Kembangkan Bisnis

Telko.id – Netflix PHK 300 staf nya lagi diberbagai posisi tapi sebagian besar merupakan karyawan di AS. Setelah pada bulan Mei lalu melakukan aksi korporasi yang tidak popular itu dengan memmutus hubungan kerja 150 karyawannya, seperti yang dilaporkan oleh Variety.

Sebelumnya, Netflix kehilangan 200.000 pelanggan di kuartal pertama, dan kemungkinan akan mengalami kerugian lagi di kuartal kedua. Sejak pengumuman hasilnya pada pertengahan Mei, perusahaan telah kehilangan hampir 70 persen dari nilainya.

Netflix mengkonfirmasi berita PHK tersebut dan menyatakan bahwa perusahaan harus menjaga biaya sejalan dengan pertumbuhan pendapatan yang lebih lambat. Namun investasi akan terus berlanjut dalam bisnis itu sendiri.

Perusahaan mulai lebih fokus pada game. Perusahaan telah menandatangani kesepakatan eksklusif untuk game “Into the Breach’, yang akan tersedia pada 19 Juli untuk penggunaan seluler bagi pengguna iOS dan Android. Berita itu dilaporkan oleh Subset Games, pengembang game. Edisi fisik dari game tersebut Game ini baru akan dirilis akhir tahun ini dan sudah tersedia di PC, Switch dan Stadia.

Ke depan, menurut Co-CEO Netflix Ted Sarandos, yang berbicara di festival periklanan Cannes Lions pada hari Kamis (23/06), mengkonfirmasi bahwa masa depan raksasa streaming akan menyertakan iklan, seperti yang dikutip dari hollywoodreporter.com.

Padahal, sebelumnya Netflix telah lama menolak untuk ada iklan di layanan berlangganannya. Namun karena performa keuangannya di kuartal terakhir tidak baik-baik saja dengan adanya kehilangan 200.000 pelanggannya, maka perusahaan pun akan mengijinkan ada iklan. Program ini akan diberikan pada pelanggan yang mau harga berlangganan yang lebih murah tapi tidak keberatan untuk menonton iklan. Target nya adalah untuk dapat mendatangkan pelanggan baru.

“Kami telah meninggalkan segmen pelanggan besar, yaitu orang-orang yang mengatakan: ‘Hei, Netflix terlalu mahal untuk saya dan saya tidak keberatan beriklan,’” kata Sarandos pada hari Kamis, berbicara di panggung Cannes Lions dengan Sway pembawa acara podcast Kara Swisher.

“Kami menambahkan tingkat iklan; kami tidak menambahkan iklan ke Netflix seperti yang Anda kenal sekarang. Kami menambahkan tingkat iklan untuk orang-orang yang mengatakan, ‘Hei, saya ingin harga yang lebih rendah dan saya akan menonton iklan”.

Kehadiran Netflix di Cannes Lions — ini adalah pertama kalinya streamer menghadiri konferensi periklanan global — adalah tanda yang jelas bahwa perusahaan ingin merangkul industri iklan.

Sarandos mengkonfirmasi bahwa perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan mitra penjualan iklan potensial. Sarandos juga akan dihormati tahun ini dengan penghargaan Entertainment Person of the Year dari Cannes Lions.

Masih harus dilihat apakah tingkat periklanan baru akan membuktikan solusi untuk masalah pertumbuhan Netflix. Karena harga saham perusahaan telah merosot. Ada spekulasi yang berkembang bahwa streamer bisa menjadi target pengambilalihan.

Sarandos mengakui bahwa pembelian “selalu menjadi kenyataan, jadi kita harus waspada tentang itu” tetapi bersikeras bahwa Netflix dapat kembali ke pertumbuhan dengan sendirinya. “Kami memiliki banyak skala dan profitabilitas dan arus kas bebas untuk terus mengembangkan bisnis ini,” katanya.

Eksekutif Netflix menolak penurunan saham perusahaan baru-baru ini sebagai bagian dari pasang surut yang tak terhindarkan masih merupakan bisnis streaming online yang cukup muda.

“Kami telah melalui pengalaman di mana pasar terputus dari bisnis inti [kami] dan Anda harus membuktikan bahwa tesisnya masih berfungsi, dan akan berhasil dalam jangka panjang. Ada banyak ketidakpastian di dunia saat ini, dan jika mereka mendapatkan sesuatu yang mengguncang fondasi narasi, mereka menjadi gugup.”

Memperhatikan bahwa streaming masih “sekitar 10 persen dari apa yang dilakukan orang di TV,” Sarandos berpendapat masih ada “banyak ruang untuk tumbuh” untuk Netflix. (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0