Latest Phone

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 (China)

Tecno Spark 20C

NASA Siap Terbangkan Helikopter ke Mars

Telko.id, Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menerbangkan helikopter khusus ke Mars. Sebelumnya, NASA telah melakukan uji coba penerbangan helikopter tersebut di Jet Propulsion Laboratory.

Menurut laporan CNET, helikopter itu dirancang sebagai demonstrasi teknologi untuk memastikan performa kendaraan terbang saat melintasi Mars. NASA juga akan melihat kinerja helikopter dalam suhu tinggi di Planet Merah.

“Membuat helikopter terbang ke atmosfer nan tipis hanyalah sebagian dari tantangan. Kami harus menghilangkan dua per tiga gravitasi Bumi,” kata penguji Helikopter Mars, Teddy Tzanetos, dikutip Telko.id, Jumat (29/3/2019).

{Baca juga: Dua Pesawat NASA Hilang Misterius di Planet Mars}

Project Manager Jet Propulsion Laboratory NASA, Mimi Aung, dan tim helikopter mars telah melakukan serangkaian uji coba di Space Simulator. Ruangan tersebut bersifat vakum, mempunyai lebar sekira 7,62 meter.

Tim menciptakan ruang hampa yang bisa menyedot semua nitrogen, oksigen, dan gas-gas lain dari udara di dalam silinder raksasa. Tim akan menyuntikkan karbondioksida yang merupakan bahan utama atmosfer Mars.

Helikopter Mars akan diluncurkan pada Juli 2020 menggunakan roket United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station, Florida. Helikopter bakal sampai di Mars pada Februari 2021.

{Baca juga: NASA akan ‘Ngebor’ Isi Perut Mars, Mau Ngapain?}

Nantinya, rover milik NASA bertugas melakukan penilaian geologis dari lokasi pendaratan helikopter di Mars. Rover akan mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno dan menilai sumber daya alam serta bahaya bagi penjelajah. [SN/HBS]

Sumber: CNET

Latest

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN

Telko.id - Sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan Ibu...

Oppo Watch X Unik, Ada Fitur Dukung Olahraga Badminton

Telko.id - Oppo resmi meluncurkan jam pintar flagship terbaru...

4 Alasan, Huawei FreeBuds Pro 3 Pas Buat Teman Keseharianmu

Telko.id - Hari ini, Huawei resmi meluncurkan Huawei FreeBuds...

Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan...

Rekomendasi

Ini Strategi Bisnis GoTo Untuk 2024

Telko.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (“GoTo” atau “Perseroan”), menyelenggarakan paparan publik untuk memaparkan perkembangan terbaru Perseroan untuk tahun 2024. Paparan tersebut mencakup...

EDGE2, Data Center 23 MW Siap Beroperasi di Jantung Kota Jakarta

Telko.id - PT Ekagrata Data Gemilang ("EDGE DC"), penyedia pusat data (data center) hari ini meluncurkan fasilitas keduanya di pusat kota Jakarta, yang dikenal...

Bose Open Earbuds, Tak Perlu Putus Dari Dunia Luar!

Telko.id – Bose Open Erabuds dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan generasi muda saat ini yang hobi mendengarkan musik saat melakukan aktivitas lain, seperti saat bekerja,...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini