Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Lewat PTN, Kelas Pintar Bantu Siswa Biar Gak “Salah Jurusan”

Telko.id, Jakarta – Layanan PTN dari Kelas Pintar tidak hanya mendorong siswa agar lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Namun, supaya para siswa nantinya tidak kebingungan dan salah jurusan sehingga menyesal di kemudian hari.

Menurut Founder dan CEO Kelas Pintar, Fernando Uffie sudah cukup banyak penelitian yang memperlihatkan fenomena salah jurusan di kalangan siswa ketika mereka memilih perguruan tinggi.

Contohnya saja fakta dari hasil penelitian Indonesian Career Center Network pada tahun 2017. Pada penelitian tersebut ternyata 87% responden mahasiswa mengaku tidak memilih jurusan kuliah sesuai minat.

“Sementara pada awal tahun 2021 lalu, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menyebut kalau hanya 20% lulusan perguruan yang bekerja sesuai dengan program studinya,” ujar Uffie di acara peluncuran produk PTN dari Kelas Pintar di Jakarta pada Kamis (26/01/2023).

Baca juga: Kelas Pintar Terpilih Sebagai Mitra Pembangunan IKM

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh Group Head of Academic Kelas Pintar, Maryam Mursadi. Dalam mengembangkan layanan PTN pihaknya juga telah memperhatikan fenomena serupa di kalangan mahasiswa, sehingga berdampak pada kegiatan belajar di kampus tidak maksimal.

“Ada yang merasa salah jurusan, gak cocok sama jurusannya dan dampaknya mereka akhirnya berencana ingin berhenti kuliah,” ungkap Maryam.

Atas dasar itu, mengapa PTN dari Kelas Pintar tidak hanya menjadi pendamping belajar agar siswa lolos seleksi masuk universitas negeri saja. Tetapi juga untuk membantu mereka menentukan minat hingga jurusan yang sesuai dengan profesi yang dicita-citakan.

Caranya dengan melalui Tes Minat dan Kepribadian yang mampu menggambarkan karakter siswa, serta menghubungkannya dengan rekomendasi perguruan tinggi negeri dan jurusan yang sesuai.

“Kami membantu siswa untuk menemukan minat mereka untuk selanjutnya menentukan jurusan, universitas dan profesi sebagai goals-nya. Kelas Pintar berharap bisa meminimalisir kendala salah jurusan agar mereka bisa melakoni bidang profesi yang sesuai dengan program studinya,” harap Uffie.

Selain Tes Minat dan Kepribadian, terdapat pula fitur Live Class, Bank Soal, Try Out dan Laporan Pembelajaran yang membuat layanan ini semakin komprehensif.

“PTN merupakan satu-satunya solusi yang secara komprehensif memberikan pendampingan kepada siswa mulai dari mengenali minat, menentukan jurusan dan perguruan tinggi yang dituju, serta mendampingi siswa dalam keseluruhan proses untuk lolos ke perguruan tinggi negeri,” kata Uffie.

Baca juga: Kelas Pintar Kenalkan Versi Terbaru dari GURU

Sebagai informasi, PTN dari Kelas Pintar hadir dalam 2 pilihan paket yaitu Paket PTN seharga Rp 2.000.000 dan Paket PTN Plus senilai Rp 3.000.000. Khusus periode Januari 2023 Kelas Pintar memberikan diskon spesial 50% bagi siswa yang ingin berlangganan Paket PTN dan PTN Plus.

Potongan harga tersebut bisa didapatkan dengan cara mencantumkan kode kupon LEBIHYAKINPTN pada saat proses pembelian melalui situs kelaspintar.id.

Latest

Telkomsel Hadirkan Aplikasi Fita di IndiHome TV, Ini Tujuannya!

Telko.id - Telkomsel menghadirkan layanan aplikasi Fita melalui layanan...

Pembelian Tiket WCG 2024 Siap Dibuka, Ini Jadwal dan Harganya!

Telko.id - Turnamen esport internasional bergengsi WCG (World Cyber...

Huawei MateBook X Pro dan Huawei MateBook 14, Yuk Intip Spek Lengkapnya!

Telko.id -Huawei MateBook X Pro dan Huawei MateBook 14...

Galaxy Watch FE, Hadirkan Banyak Teknologi Pemantauan Kesehatan

Telko.id – Samsung hadirkan Galaxy Watch FE, tambahan terbaru...

Rekomendasi

Pembelian Tiket WCG 2024 Siap Dibuka, Ini Jadwal dan Harganya!

Telko.id - Turnamen esport internasional bergengsi WCG (World Cyber Games) 2024 siap digelar kembali di tahun 2024 ini. Kali ini, WCG 2024 menghadirkan beragam...

Bosch Indonesia Bagikan 2.000 Wiper Gratis Untuk Pengemudi Taksi Online

Telko.id – Bosch sebagai penyedia suku cadang otomotif berkualitas membagikan secara gratis 2.000 wiper Bosch Clear Advantage yang dilengkapi dengan teknologi Jerman berkualitas kepada...

Hyundai New PALISADE XRT Hadir Dengan Bluelink, Perjalanan pun Jadi Lebih Mulus

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia resmi memperkenalkan New PALISADE XRT, varian baru New PALISADE dengan tampilan eksterior yang semakin mewah, sporty dan berani. Tidak...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini