Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Lawan Bot Calo, Penting Bagi Masyarakat dan Pebisnis Industri Tiket Online

Telko.id – Lawan bot calo kini menjadi sangat penting bagi industry tiket online. Pasalnya, setelah pandemi, industri hiburan di Indonesia mengalami kebangkitan yang signifikan, khususnya dalam ranah industri musik.

Indonesia pun telah menjelma sebagai destinasi menarik untuk berbagai penyelenggaraan konser dan festival musik bertaraf internasional. Data dari Asosiasi Promotor Musik Indonesia mengindikasikan bahwa sepanjang tahun 2022, telah digelar sekitar 100 event festival musik, dan estimasi menyebutkan angka tersebut akan melonjak dua kali lipat pada 2023.

Sejumlah konser tersebut berhasil mencuri perhatian publik, terutama dengan tingginya permintaan tiket. Konser seperti Coldplay, sebagai contoh, mampu menghipnotis banyak masyarakat Indonesia.

Penjualan tiketnya pada bulan Mei saja, telah melampaui 70.000 tiket dalam waktu kurang dari 1,5 jam. Namun, keberhasilan ini juga berimbas pada keluhan tajam dari para penggemar yang terampas kesempatannya dalam memperoleh tiket akibat pembelian besar-besaran oleh calo.

Baca juga : Apple GPT, ChatGPT Hasil Kembangan Apple

Tak heran, setelah fase penjualan awal, tiket-tiket tersebut kembali dijual dan dihargai oleh calo dengan harga yang melambung tinggi. Jika dilihat lebih dalam, berbagai taktik canggih digunakan oleh para calo tiket Coldplay, termasuk penggunaan bot.

Bagaimana Para Calo Bot Bekerja?

Mengandalkan bot, para calo mampu membeli barang dengan harga ritel standar secara luar biasa cepat dibandingkan dengan pelanggan manusia. Barang-barang tersebut kemudian dijual kembali dalam tempo singkat di pasar sekunder dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Sejumlah bot yang dioperasikan oleh para calo juga memiliki kapabilitas untuk secara otomatis menjelajahi berbagai situs penjualan tiket (pre-bot), mengisi data pengguna untuk pembayaran yang lebih cepat (pengisian formulir otomatis), melakukan penyegaran otomatis pada situs web, atau bahkan mengakses data melalui API untuk mengotomatisasi berbagai aktivitas, termasuk mengirim spam, masuk ke akun, dan melakukan pembelian.

Bot calo beroperasi terstruktur

Pertama, membuat beberapa akun palsu atau mengakuisisi akun pengguna yang sudah ada, untuk membeli produk yang ditargetkan.

Dengan menggunakan skrip yang telah diprogram, bot mulai melakukan pencarian di bagian depan antrian segera setelah penjualan daring dimulai.

Otomatisasi ini memberikan kemampuan kepada penyerang untuk menambahkan jumlah produk hingga batas maksimum ke dalam keranjang belanja, yang jauh melampaui kapasitas pelanggan manusia.

Kemudian, bot menggunakan informasi kartu kredit yang diperoleh dari akun yang telah diinfiltrasi sebelumnya untuk menyelesaikan proses pembayaran. Hal ini mengakibatkan produk yang dicari tidak lagi tersedia untuk pengguna asli.

Lawan Bot Jahat: Deteksi dan Pencegahan

Penjual tiket online atau fast-moving goods yang beroperasi dalam dunia daring perlu mengambil langkah pencegahan terhadap ancaman bot calo.

Serupa dengan berbagai ancaman keamanan siber lainnya, tidak terdapat pendekatan tunggal untuk membasmi bot calo. Sebaliknya, terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan secara bersamaan.

Beberapa di antaranya adalah:

Mengimplementasikan Captcha, Menetapkan batasan pada jumlah permintaan koneksi masuk ke situs web, Melakukan pemblokiran manual terhadap penyedia hosting dan proxy yang umumnya digunakan oleh calo, Memvalidasi peramban (browser) dengan memastikan bahwa setiap peramban yang digunakan oleh pengguna sesuai dengan klaimnya

Solusi Manajemen Bot Tingkat Lanjut

Pendekatan paling komprehensif dalam menggagalkan bot calo adalah dengan menerapkan solusi manajemen bot yang tidak hanya mampu mengawasi aktivitas bot, tetapi juga mencegah bot agar tidak dapat mengakses situs web Anda. Sementara itu, solusi ini tetap memberikan kesempatan bagi pengguna yang sah untuk terus berinteraksi dengan bisnis Anda.

“Dengan variasi jenis bot dan ragam taktik yang digunakan oleh para calo, organisasi memerlukan pendekatan komprehensif dalam pengelolaan bot yang dapat membedakan antara lalu lintas yang berasal dari manusia dan bot, serta mampu mengidentifikasi bot yang bersifat konstruktif dan bermaksud jahat,” kata Yien Wu, Head of Sales, SSEA and ANZ at CDNetworks.

Yien menambahkan bahwa dalam berbagai sektor industri, manfaat dari penerapan solusi pengelolaan bot berbasis cloud sangatlah relevan untuk mendeteksi serta merespons serangan dan penyalahgunaan, termasuk praktik-praktik seperti skimming tiket, pengurasan konten, manipulasi inventaris, tindakan kekerasan dan usaha pengambilalihan akun, serta berbagai tantangan lainnya.

Penerapan deteksi bot yang tangguh menjadi esensial dalam memulihkan kepercayaan konsumen terhadap vendor tiket. Transparansi komunikasi, penetapan harga yang adil, dan implementasi sistem pembelian yang aman, perlu diterapkan sebagai langkah kolaboratif yang melibatkan pelaku industri dan pemerintah. Ini bertujuan untuk mewujudkan visi masa depan yang bebas dari gangguan bot. (Icha)

Latest

Xiaomi Masuk dalam Daftar ‘TIME100 Most Influential Companies’ 2024

Telko.id - TIME telah menetapkan Xiaomi sebagai salah satu...

Acer Swift Series Terbaru Hadir Bertenaga AMD Ryzen AI 300 Series

Telko.id - Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan...

Samsung Galaxy Tab S9 FE, Pas Buat Mahasiswa Dengan Segudang Aktivitas

Telko.id – Samsung Galaxy Tab S9 FE series optimalkan...

Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Telko.id - Lenovo LOQ 15IAX9I hadirkan laptop yang menyasar...

Rekomendasi

Bosch Indonesia Bagikan 2.000 Wiper Gratis Untuk Pengemudi Taksi Online

Telko.id – Bosch sebagai penyedia suku cadang otomotif berkualitas membagikan secara gratis 2.000 wiper Bosch Clear Advantage yang dilengkapi dengan teknologi Jerman berkualitas kepada...

Hyundai New PALISADE XRT Hadir Dengan Bluelink, Perjalanan pun Jadi Lebih Mulus

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia resmi memperkenalkan New PALISADE XRT, varian baru New PALISADE dengan tampilan eksterior yang semakin mewah, sporty dan berani. Tidak...

EZVIZ DB 2 Pro, Doorbell Cerdas Pas Untuk Kebutuhan Anda!

Telko.id – Tren permintaan sistem keamanan rumah kini semakin meningkat termasuk juga permintaan doorbell. Hal ini terbukti bahwa akan ada peningkatan permintaan doorbell hingga...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini