Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

iVascular, Aplikasi Khusus Kesehatan Pembuluh Darah

Telko.id – Menyambut Indonesian Vein Month atau Bulan Kesehatan Vena Indonesia – Varises Indonesia Festival, Vascular Indonesia, memperkenalkan iVascular, platform yang fokus pada kesehatan vaskular (pembuluh darah).

Setelah pengalaman mendukung Kementerian Kesehatan RI pada penyediaan layanan telemedisin isolasi mandiri, Vascular Indonesia kemudian menambah layanan telekesehatannya  melalui iVascular.

Platform ini mengintegrasikan kelima rangkaian aplikasi Vascular Indonesia yang sudah ada sebelumnya, yaitu Varises Indonesia, AVShunt Indonesia, KakiDiabet Indonesia, Aorta Indonesia, dan Vascular Science Club.

Dalam pelaksanaan fungsinya, iVascular juga telah rutin melibatkan mahasiswa Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan fokus skill kesehatan digital.

Baca juga : Telehealth Percepat Reformasi Akses Kesehatan Hingga Pelosok

Plaform ini berfungsi sebagai platform promotif-preventif, kuratif, dan rehabilitatif dalam informasi, edukasi, komunikasi, dan konsultasi kesehatan khusus kesehatan pembuluh darah.

Sebagai platform dalam bidang kesehatan vaskular di Indonesia, iVascular lengkap dengan fitur artikel, insight, info event dan kesehatan, serta store yang bermanfaat bagi kalangan tenaga kesehatan dan pasien.

Penggunaan aplikasi telemedisin vaskular di Indonesia sangat penting mengingat banyaknya kasus penyakit vaskular yang terjadi di Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah penderita penyakit vaskular di Indonesia terus meningkat, sebanyak lebih dari 15% dari populasi umum. Faktor risiko seperti kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik semakin memperparah masalah ini.

“Dengan kemajuan teknologi kesehatan, peran iVascular dapat menjadi jembatan informasi dokter dan pasien yang bersifat preventif dan edukatif,” ujar Niko Azhari Hidayat, dosen Universitas Airlangga (UNAIR) sekaligus juga penggiat telemedisin.

Menurut Niko, iVascular berkolaborasi multistakeholder, antara lain Asosiasi Healthtech Indonesia (AHI), Asosiasi Telemedisin Indonesia (ATENSI), Forum Komunikasi Teknologi Informasi Kesehatan Nasional (FORKOMTIKNAS), European Society Vascular Surgeon (ESVS), dan Asian Society of Vascular Surgery.

Saat ini, iVascular tengah menjalani proses Regulatory Sandbox Kemenkes RI sehingga ke depan diharapkan iVascular bisa menjadi manfaat yang lebih luas.

Niko pun optimis startup besutannya dapat bermanfaat baik secara nasional. Tak berhenti sampai di situ, ia juga tengah berkontribusi dan berinovasi di skala global.

“Saat ini kami tengah merintis Vascular Overseas Indonesian Collaborations of Experts (VO!CE) yang merujuk pada inovasi telekesehatan global, kolaborasi dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia),” ujar Niko.

Ia pun berharap inovasi yang dikembangkan lewat VO!CE dapat mendunia dan berdampak positif pada dunia kesehatan khususnya kesehatan vaskular, dengan tetap berlandaskan nilai mulia TriDharma. (Icha)

Latest

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan...

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id - ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and...

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah...

Rekomendasi

Pakai AI, Indomilk Steril “Click to get Riil!” Bisa Video Call Dengan Ariel Noah

Telko.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“Indofood CBP”) melalui merek Indomilk Steril menghadirkan teknologi AI pertama di Indonesia yang akan membuat siapapun...

Hyundai Gelar Pesta Trade-In, Tukar Tambah Mobil Jadi Makin Mudah

Telko.id - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi mengumumkan penyelenggaraan Pesta Trade-in Hyundai di seluruh jaringan dealer Hyundai secara nasional. Keberlanjutan Pesta Trade-in Hyundai,...

Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side Solusi di Musim Panas

Telko.id – Musim panas seperti sekarang ini, sudah pasti membuat ingin makan atau minum yang dingin, Polytron PRS 510X, Kulkas Side by Side ini...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini