spot_img
Latest Phone

Oppo Campus Ambassador, Siapkan Talenta Muda di Bidang Teknologi dan Digital

Telko.id – Oppo Indonesia memperkenalkan program terbaru Oppo Campus...

Huawei Watch D2, Bisa Pantau Tekanan Darah 24 Jam

Telko.id - Huawei resmi menghadirkan Huawei Watch D2 di...

Yuk Bikin Galaxy Z Flip6 Jadi Stand Out dengan Flipsuit Case

Telko.id - Huawei resmi memperkenalkan Huawei MatePad Pro 12.2-inch,...

Oppo Pad Air2

Oppo Reno11 Pro (China)

ARTIKEL TERKAIT

Kinerja 2023 Tumbuh Positif, Ini Strategi DANA di 2024

Telko.id – DANA mencapai pertumbuhan posistif pada 2023 lalu, dompet digital ini pun sudah mempersiapkan strategi untuk menyambut 2024 ini. Seperti apa strateginya?

Strategi kedepan dompet digital DANA ini akan fokus mengembangkan pengalaman terbaik pengguna demi memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dan menempatkan peningkatan sistem keamanan di aplikasi DANA sebagai prioritas.

“Tingkat keamanan selalu menjadi prioritas DANA, menyadari bahwa tingkat keamanan aplikasi harus menjadi fokus kami sebagai penyedia layanan teknologi finansial. Kami akan terus berkomitmen untuk memastikan kerjasama antar pemangku kepentingan  tetap terjalin dengan baik demi upaya mewujudkan Indonesia cashless society,” ujar Adri Awwal, VP Product of DANA Indonesia.

Selain itu, strategi DANA sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan Quality of Service(QoS) atau kualitas layanan, Adri juga menyebutkan bahwa DANA juga senantiasa menjadi dompet digital yang relevan bagi para penggunanya sehingga dapat mendorong produktivitas pengguna terutama dalam aspek gaya hidup finansialnya.

Baca juga : Layanan Remitansi Dari Dana Mudahkan Pekerja Migran Kirim Uang

Kinerja 2023

Fokus pertumbuhan DANA sepanjang tahun 2023 adalah menjadi dompet digital kepercayaan pengguna melalui inovasi yang berfokus pada kemudahan layanan dan keamanan transaksi.

Peningkatan digitalisasi UMKM di Indonesia juga menjadi perhatian DANA dalam rangka memberdayakan UMKM untuk go digital.

 Tahun 2023 juga menjadi momentum bagi DANA untuk turut menyukseskan interkonektivitas sistem pembayaran antarnegara.

Memasuki tahun keenam melayani kebutuhan transaksi digital masyarakat sehari-hari, DANA melanjutkan komitmen dalam menjadi jembatan menuju inklusi keuangan melalui berbagai capaian dari hasil pengembangan fitur yang menempatkan pengguna di titik pusat inovasinya.

Pada tahun 2023, DANA mencatat jumlah penggunanya mencapai 170 juta atau meningkat 23 persen dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan positif ini tentu menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital oleh masyarakat, serta kepercayaan pengguna terhadap dompet digital DANA.

Kami mencatatkan pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan pada tahun dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272 persen. Sedangkan, fitur Kirim Uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147 persen di tahun 2023,” kata Adri.

Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang DANA hadirkan, tapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang ditawarkan.

“Dalam setiap pengembangan layanan keuangan digital DANA, kami selalu memulainya dengan mengobservasi kebutuhan pengguna saat ini,” kata Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia menjelaskan bahwa DANA selalu berfokus pada pengalaman pengguna dalam menghasilkan inovasi dan layanan produk.

Oleh karena itu, DANA memiliki dua layanan finansial spesifik untuk asuransi dan investasi. DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi terus kami kembangkan demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna.

Hasilnya, pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat.

Dengan menghadirkan produk teknologi finansial yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, DANA dapat semakin memperkuat posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat.

Selama 2023, DANA juga sukses menjalani berbagai program yang berfokus mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas.

Salah satunya adalah program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia, dan berkesempatan untuk megembangkan bisnisnya melalui program mentoring dan pendampingan SisBerdaya.

“Saya bersyukur bisa berpartisipasi dan bergabung di dalam program Sisberdaya yang diinisiasi oleh DANA. Manfaat yang dirasakan pun begitu signifikan, bisnis rumahan saya, Demero, mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan fasilitas layanan digital yang dikembangkan oleh DANA,” kata Mega Indah Septian, Owner Demero F&B Pemenang Sisberdaya.

Mulai dari pencatatan keuangan, pengeluaran, hingga kemudahan transaksi QRIS melalui DANA Bisnis dapat saya manfaatkan sebaik mungkin untuk mendorong hasil positif bagi bisnis yang saya jalani.

Di tahun 2023, DANA juga menorehkan sejarahnya sebagai dompet digital pertama yang menjadi peserta peluncuran implementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura.

Implementasi QR Cross Border ini menjadi wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia, serta menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN.

Inisiatif ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi digital lintas negara dan mengakses berbagai layanan keuangan digital yang tersedia. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU