spot_img
Latest Phone

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...

Garmin Venu 4 Resmi Dirilis, Bawa Wellness Adaptif ke Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Venu 4 di...

ARTIKEL TERKAIT

SMBC Indonesia Tech Connect 2025: AI Jadi Fondasi Masa Depan Sektor Keuangan

Telko.id – PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) kembali menggelar SMBC Indonesia Tech Connect pada 24 November 2025 di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Forum ini secara khusus membahas peran kecerdasan buatan (AI) dan inovasi teknologi terkini dalam mentransformasi industri keuangan dan pengalaman nasabah.

Michellina Laksmi Triwardhany, Wakil Direktur Utama SMBC Indonesia, dalam sambutannya menegaskan bahwa AI telah menjadi fondasi masa depan industri keuangan.

“SMBC Indonesia Tech Connect hadir dengan tujuan membuka ruang dialog yang inklusif mengenai perkembangan teknologi terkini di industri keuangan. Tahun ini, kami melihat fenomena kecerdasan buatan (AI), yang tidak lagi menjadi tren, tetapi fondasi masa depan industri keuangan,” ujarnya.

Forum ini akan menjadi ajang rutin SMBC Indonesia sebagai bagian dari visi menjadi bank pilihan utama di Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengungkapkan bahwa teknologi seperti AI telah mengubah cara lembaga keuangan dalam menjalankan operasional, meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan layanan, dan menciptakan produk keuangan yang lebih terpersonalisasi.

Dialog dalam SMBC Indonesia Tech Connect merefleksikan komitmen Perseroan dalam menyediakan layanan modern yang mendorong kemajuan sektor keuangan Indonesia.

Rangkaian kegiatan SMBC Indonesia Tech Connect meliputi Tech Sharing Session yang menghadirkan pemaparan dari para ahli teknologi mengenai tren AI dan digital banking.

Selain itu, Panel Discussion membahas tantangan dan peluang dalam adopsi teknologi di sektor keuangan.

Irwan Tisnabudi, Head of Digital Banking SMBC Indonesia, dalam sesinya mengungkapkan komitmen Jenius, perbankan digital dari SMBC Indonesia.

“Jenius, perbankan digital dari SMBC Indonesia, berkomitmen untuk membantu masyarakat digital savvy untuk mengelola keuangan dengan lebih mudah, cerdas, dan aman. Komitmen tersebut kami wujudkan dengan menghadirkan pengalaman perbankan yang lebih simpel dan relevan bagi nasabah melalui pemanfaatan teknologi terkini secara menyeluruh,” jelas Irwan.

Ia menambahkan bahwa melalui eksplorasi dan implementasi teknologi seperti kecerdasan buatan, dapat membantu mengakselerasi lembaga keuangan dalam menghadirkan solusi finansial yang adaptif dengan tetap mengutamakan kenyamanan dan keamanan.

Irwan turut menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi termasuk AI yang harus selalu sejalan dengan prinsip keamanan, etika dan privasi, sekaligus memberikan nilai tambah nyata bagi nasabah.

Implementasi Teknologi Terkini di Jenius

Beberapa contoh implementasi teknologi terkini dari Jenius meliputi penerapan Liveness Biometric dan Device Intelligence sebagai bagian dari Know Your Customer (KYC).

Teknologi autentikasi berbasis AI seperti ini dinilai penting untuk memperkuat keamanan digital di sektor finansial.

Selain itu, Jenius juga menggunakan Chatbot dengan integrasi teknologi dan manusia untuk pengalaman yang lebih dekat dan cepat, serta Marketing Automation untuk memberikan pendekatan melalui pemasaran yang lebih relevan dan personal bagi pengguna.

Pemanfaatan teknologi ini menjadi bukti dari transformasi SMBC Indonesia untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang lebih baik untuk para nasabah, sekaligus memperkuat posisi Jenius sebagai solusi life finance bagi masyarakat yang digital-savvy.

Penggunaan beragam teknologi ini tidak hanya mengoptimalkan perjalanan konsumen pada aplikasi Jenius, tetapi juga mampu meningkatkan efektivitas dalam operasionalnya.

Irzan Raditya, Founder Kata.ai, turut mengungkap pandangannya mengenai perkembangan AI dalam industri keuangan.

“AI telah membawa perubahan besar dalam operasional lembaga keuangan, mulai dari analisis data hingga personalisasi layanan. Ekosistem teknologi Indonesia memiliki potensi besar, dengan perkembangan yang cepat, kesiapan regulasi, dan kolaborasi yang kian kuat antara pemain teknologi dan perbankan, saya optimis industri perbankan Indonesia bisa mencapai tingkat pemanfaatan AI yang lebih maju dan relevan dengan kebutuhan lokal,” papar Irzan.

Perkembangan AI di Indonesia semakin pesat dengan dukungan infrastruktur yang memadai. Beberapa perusahaan teknologi besar telah meluncurkan layanan AI yang dapat mendukung digitalisasi sektor keuangan, termasuk solusi yang ditawarkan oleh BigBox-AI Telkom untuk digitalisasi layanan keuangan.

Dukungan infrastruktur seperti pusat data hyperscale AI di Batam juga memperkuat ekosistem teknologi nasional.

Selain itu, kolaborasi antara penyedia layanan cloud dan perusahaan AI seperti Biznet Gio yang meluncurkan layanan AI bersama Kazee turut memperkaya pilihan solusi teknologi bagi industri perbankan.

Kolaborasi semacam ini memungkinkan lembaga keuangan untuk mengadopsi AI dengan lebih efisien dan terukur.

SMBC Indonesia Tech Connect menegaskan peran SMBC Indonesia sebagai mitra perbankan tepercaya yang mendorong pemahaman teknologi dan inovasi digital di sektor keuangan.

Perseroan berharap, ajang ini dapat membantu para pemangku kepentingan untuk beradaptasi, berkembang, dan berkontribusi terhadap kemajuan industri keuangan Indonesia.

Sebagai bagian dari grup SMBC, bank ini terus memperkuat posisinya melalui berbagai solusi keuangan inovatif dan komprehensif yang berpusat pada kebutuhan nasabah di berbagai segmen.

SMBC Indonesia menyediakan produk dan layanan seperti pembiayaan, produk untuk nasabah pensiunan, nasabah UMKM, nasabah perusahaan besar, layanan wealth management melalui Sinaya, serta layanan perbankan digital melalui Jenius. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU