Alibaba Cloud Luncurkan Energy Expert, Sebuah Solusi Manajemen Karbon

Telko.id – Alibaba Cloud meluncurkan Energy Expert. Sebuah Platform keberlanjutan disediakan bagi pelanggan global untuk mengukur, menganalisis, dan mengelola emisi karbon dari aktivitas bisnis dan produk mereka secara lebih baik.

Penawaran software-as-a-service (SaaS) juga memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan merekomendasikan penghematan energi guna membantu pelanggan mempercepat perjalanan keberlanjutan mereka.

Inisiatif ini sejalan dengan janji netralitas karbon Alibaba, yang diresmikan tahun lalu. Perusahaan telah memelopori konsep “Cakupan 3 +” dan telah berjanji untuk berbagi teknologi hemat energi dengan pelanggan dan mitra bisnisnya, guna menyatukan mereka dalam upaya kolektif mereka untuk mengurangi jejak karbon.

“Energy Expert dirancang untuk membantu perusahaan mencapai tujuan dalam menetralitasi karbon mereka melalui teknologi canggih dan solusi yang efisien,” kata Chen Lijuan, General Manager of Product and Solutions di Alibaba Cloud.

Chen pun berharap inovasi Alibaba Cloud yang telah terbukti ini dapat membantu pelanggan global kami untuk mencapai target net zero mereka melalui tindakan yang berwawasan luas dan praktik keberlanjutan yang terinformasi.

Energy Expert membantu pelanggan mengotomatiskan proses penghitungan dan pelaporan karbon di level perusahaan serta produk, dan mendapatkan statistik dampak keberlanjutan secara real time agar pelanggan dapat membuat keputusan yang tepat.

Teknologi ini memungkinkan pelanggan untuk mengidentifikasi sumber emisi karbon mulai dari aktivitas bisnis sehari-hari hingga siklus produk mereka, berdasarkan standar PAS 2060 dan ISO 14064 mengenai netralitas karbon.

Pelanggan juga dapat mengukur jejak karbon mereka melalui model perhitungan yang telah dibuat sebelumnya dengan memanfaatkan set data faktor emisi publik dan set data milik Energy Expert. Selain itu, tekonologi ini juga memberikan visibilitas ke dalam pola emisi karbon secara real-time dan kemajuan kinerja keberlanjutan melalui visualisasi di dasbor dan laporan online.

Selain itu, solusi ini menyediakan analitik mutakhir tentang efisiensi energi dan prakiraan emisi melalui model AI berbasis pembelajaran mendalam yang dihosting di Alibaba Cloud. Untuk membantu pelanggan meminimalkan dampak lingkungan mereka secara keseluruhan, Energy Expert juga menawarkan rencana pengoptimalan yang dapat ditindaklanjuti dengan rekomendasi yang menyeimbangkan pertumbuhan bisnis dan dampak lingkungan.

Ini mencakup peningkatan penggunaan energi bersih, mengurangi konsumsi listrik yang berlebihan selama masa sibuk, dan mengoptimalkan rantai pasokan mulai dari pengadaan bahan hingga pengiriman produk.

Energy Expert juga bekerja dengan organisasi industri yang diakui di seluruh dunia seperti TÜV Rheinland untuk menyediakan akuntansi dan sertifikasi jejak karbon online yang otoritatif, membantu pelanggan dengan mudah memvalidasi dan mengomunikasikan kemajuan penghematan energi mereka kepada para pemangku kepentingan.

Di Tiongkok, inovasi tersebut telah dipakai sejak Februari tahun ini. Sejauh ini, Alibaba Cloud telah melayani lebih dari 2.000 perusahaan di Tiongkok, menghasilkan penghematan energi lebih dari 2 juta kilowatt jam per hari, atau pengurangan 400.000 ton emisi karbon dioksida sejak Februari.

Energy Expert juga memainkan peran kunci dalam langkah-langkah keberlanjutan yang diterapkan di kantor pusat Xixi Alibaba di Hangzhou.

Dengan gagasan penghematan energi yang diusulkan – seperti kontrol cerdas sistem pendingin udara dan pemasangan panel energi surya di atap mampu menghasilkan 1,2 juta kilowatt jam listrik per tahun – solusi tersebut telah membantu mengoptimalkan efisiensi energi di kantor pusat, mengurangi konsumsi daya sebesar 30% selama waktu tidak sibuk dan menghemat 17% penggunaan energi AC di musim panas. (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0