Ruangguru Rambah Coding Anak-anak Dengan Akuisisi Startup Kalananti

Telko.id – Ruangguru baru saja akuisisi Kalananti. Sebuah startup penyedia pelatihan coding untuk anak-anak usia 5 hingga 12 tahun. Tidak dipublikasikan berapa nilai kesepakatan aksi korporasi ini.

Menurut Co-founder dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara, Kalananti memiliki kurikulum yang bagus. Pelatihan coding Kalananti pun dinilai berhasil mendapatkan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi.

“Jadi kami melihat coding adalah yang belum kami garap di Ruangguru dan itulah akhirnya kami mengakuisisi startup tersebut. Ke depannya, kami akan lebih banyak masuk ke vertikal bisnis lain di bidang pendidikan,” ujar Belva, dalam konferensi pers virtual, Senin (20/6/2022).

Menilik situs resminya, Kalananti menawarkan tiga program pelatihan coding, yaitu Coding & Innovation, Game Coding Bootcamp, serta Kalananti Holiday Program. Kalananti menggunakan medium video gim sebagai sarana pembelajaran seperti Roblox dan beberapa scratch games.

Para pengajar menerapkan pendekatan project based learning dalam meningkatkan kemampuan coding dan mengasah logika, serta mendorong anak membuat karya inovasi secara mandiri.

Akuisisi Kalananti menambah jumlah layanan pendidikan yang telah ditawarkan oleh Ruangguru, antara lain Tryout online (Ruanguji), Belajar privat dengan guru pilihan (Ruangprivat), Kursus online khusus anak usia 4-7 tahun (Ruangguru for kids), Kursus bahasa inggris online (English Academy), Konsultasi online soal pelajaran (Roboguru), Kursus online untuk peningkatan keterampilan kerja (Skill Academy), Aplikasi pelatihan untuk perusahaan dan lembaga (Ruangkerja) dan beberapa lainnya.

Pihak Ruangguru mengklaim layanannya diakses sebanyak 200 juta kali per bulan. Jumlah pengguna layanan Ruangguru disebut meningkat cukup signifikan, dari 25 juta pengguna pada pertengahan tahun 2021 menjadi 38 juta pengguna.

Ia pun berharap dengan mulainya anak-anak belajar tatap muka, Ruangguru semakin banyak digunakan. “Walaupun sekarang sekolah sudah tatap muka, Ruangguru banyak digunakan oleh murid yang ingin belajar. Kami pun berharap Ruangguru tetap banyak yang menggunakan karena ke depan akan banyak fitur-fitur baru yang akan kami luncurkan”.

Dari sisi kinerja keuangan, Ruangguru berhasil meraih profit pada tahun 2020. Total laba yang dibukukan Ruangguru mencapai US$1,8 juta (Rp25 miliar) dengan total pendapatan selama setahun sebesar US$63 juta (Rp893 miliar). (Icha)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0