Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Mau Mudik? Ini 5 Tips Persiapan Mudik Agar Aman dan Nyaman

Telko.id – Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7% rakyat Indonesia. 

5 tips mudik Lebaran 2024

Jelang persiapan mudik lebaran 2024 ini, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

#1 Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Baca juga : Integrasi Tiktok Shop ke Tokopedia, Dipantau Empat Bulan Sebelum Diaudit!

Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor.

“Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia,” ungkap Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia.

Untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat istirahat dalam mobil saat berhenti di rest area.

“Jelang mudik Lebaran 2023 lalu, di Tokopedia penjualan kasur mobil melonjak lebih dari 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama di awal tahun 2023,” ungkap Rizky.

#2 Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

Tips Mudik lain adalah ketika pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi, perlu memastikan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik. Tapi ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan.

“Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronikmelalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat,” saran Rizky.

“Kemudahan dari fitur Top Up Uang Elektronik tersebut disambut dengan sangat positif oleh pengguna. Menurut data internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” jelas Rizky.

#3 Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik.

Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya. Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan.

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

Masyarakat dapat dengan lebih mudah mendapatkan berbagai jenis produk perawatan hewan peliharaan, termasuk untuk kucing, anjing, burung hingga ikan, lewat Tokopedia.

“Ada juga deretan penawaran menarik yang bisa membuat belanja kebutuhan hewan peliharaan menjadi lebih hemat, mulai dari Bebas Ongkir hingga diskon sampai 70%,” ucap Rizky.

Rizky melalui Tokopedia pun melihat permintaan masyarakat terhadap produk perawatan hewan peliharaan juga terus naik, misalnya saat jelang mudik Lebaran 2023 lalu.

“Penjualan pet feeder, dispenser makanan hewan peliharaan yang dapat diatur dengan smartphone, melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023. Sedangkan produk litter box kucing mengalami kenaikan penjualan lebih dari 1,5 kali lipat,” jelas Rizky.

#4 Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

“Tokopedia memiliki halaman khusus Tokopedia Farma untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan, mulai dari multivitamin dan obat-obatan yang sudah terkurasi, untuk dibawa saat perjalanan mudik Lebaran 2024 mendatang,” ungkap Rizky.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep yang dapat ditemukan lewat Tokopedia Garage dan Home Living Salebration.

Pastikan pula untuk membawa charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar pemudik bisa memanggil bantuan jika diperlukan.

#5 Siapkan keperluan perbekalan serta alat ibadah

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

Sebelum mudik, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan makanan dan minuman, termasuk daging, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi, dengan lebih cepat melalui Tokopedia NOW!.

“Setiap pesanan lewat Tokopedia NOW! akan dilayani dan dikirim langsung oleh mitra kurir dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dikonfirmasi,” ungkap Rizky.

Selain itu, agar ibadah sholat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas.

“Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” tutup Rizky. (Icha)

Latest

Telkomsel Bersama Tencent Cloud dan MCASH, Adopsi Palm Scanner, ini Targetnya!

Telko.id – Telkomsel bersama dengan Tencent Cloud dan MCASH...

Axioo Gandeng JKT48, Sasar Para Generasi Z

Telko.id - PT. Tera Data Indonusa, melalui brand laptop...

Indosat HiFi Perluas Jangkauan 100% Fiber Optik ke Kota Sekunder

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand Indosat HiFi perluasan...

Samsung Solve for Tomorrow Gelar Pelatihan Design Thinking, Ubah Ide Jadi Solusi

Telko.id - Samsung Solved for Tomorrow gelar pelatihan Design...

Rekomendasi

Warga DKI ini Bisa Bayar Pajak Daerah via Tokopedia

Telko.id - Tokopedia resmi meluncurkan fitur pembayaran Pajak Daerah untuk warga DKI Jakarta. Fitur ini memungkinkan warga DKI Jakarta membayar secara online beragam jenis...

Blibli Pertama kali Hadirkan Samsung Experience Lounge

Telko.id -  PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’ atau ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia melalui anak usahanya, PT...

Integrasi Tiktok Shop ke Tokopedia, Dipantau Empat Bulan Sebelum Diaudit!

Telko.id – TikTok Shop akhirnya bisa beroperasi lagi, namun dibawah Tokopedia. Tapi ini belum tentu selama nya, pasalnya pemerintah melalui Kementerian Perdagangan akan memantau...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini