Telko.id – Untuk menarik perhatian dan dapat meningkatkan jumlah transaksi, banyak platform eCommerce melakukan promosi melalui TV. Berdasarkan pengamatan dari Sigi Kaca Pariwara, Shopee dan Blibli Bersaing Ketat pada periode januari sampai November 2019. Seberapa besar yang dibelanjakan ke dua platform eCommerce tersebut?
Periode Januari – November 2019, Shopee bersaing ketat dengan Blibli dalam promosi iklan sektor e-commerce di televisi. Shopee berbelanja iklan televisi dengan total nilai Rp. 825,62 miliar menjadi urutan teratas dalam belanja iklan.
Posisi kedua, Blibli.com dengan jumlah belanja iklan mencapai Rp. 500 miliar. Untuk tema iklan, Shopee mengusung sejumlah tema seperti: Shopee X Gfriend, Shopee 11.11 Big Sale, Shopee 12.12 Birthday Sale, dan Shopee Liga 1 2019. Sedangkan, beberapa tema iklan Blibli di antaranya: Blibli Seru Ga Habis Habis, Blibli Hysteria Syok 11:11, Blibli 24 Jam Buat Kamu, dan Blibli Indonesia Open 2019.
Selain kedua nama tersebut, pada posisi ke-3 ada Traveloka dengan total belanja iklan Rp. 472,37 miliar. Posisi ke-4 adalah Misteraladin.com dengan total belanja iklan Rp. 429,63 miliar. Tempat ke-5 ditempati Tokopedia dengan jumlah belanja iklan Rp. 336,08 miliar.Secara keseluruhan industri e-commerce, periode Januari-November 2019, belanja iklan televisi sektor e-commerce tercatat mencapai Rp. 4,44 triliun. Angka ini ternyata turun sedikit 3,90% dibandingkan (year on year) periode sama 2018 yang mencapai Rp. 4,62 triliun. Dari sisi jumlah iklan televisi, periode tahun ini tercatat sebanyak 126.607 iklan atau turun 10,80% dibandingkan dengan periode Januari – November 2018.
Apabila membandingkan dengan belanja Iklan televisi industri ritel, periode Januari-November 2019 belanja iklan ritel tercatat mencapai Rp. 343,66 miliar. Angka ini merupakan penurunan tajam 33,59% dibandingkan periode sama 2018 yang tercatat Rp 517,50 miliar. Secara jumlah iklan, periode tahun ini tercatat 11.094 iklan atau turun 30,68% dari periode sama 2018 yang tercatat 16.004 iklan. (Icha)