Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Menkominfo Ajak Investor Bangun E-Commerce Indonesia

Telko.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara membuka peluang bagi investor untuk membangun E-Commerce Indonesia. ”Roadmap E-Commerce Indonesia sudah siap dan akan segera disahkan. Dimana untuk menunjang tujuh isu pada roadmap tersebut ada 30 inisiatif yang akan dilaksanakan dengan proyeksi sebesar USD 130 Milyar pada tahun 2020,” paparnya dalam US-Indonesia Investment Summit 2016 di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Roadmap eCommerce merupakan serangkaian lebih dari 30 inisiatif untuk mendorong berkembangnya e-Commerce dan bisnis digital di Indonesia. Inisiatif yang terdiri dari logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan siber, pajak, perlindungan konsumen, pendanaan dan investasi serta pendidikan dan SDM itu diharapkan akan menjadi pendorong kesuksesan eCommerce dan bisnis digital nasional.

Berkaitan dengan Roadmap E-Commerce tersebut, Rudiantara mendukung penuh lahirnya perusahaanstartup lokal dan ditargetkan paling tidak ada dua startup yang jadi unicorn seperti Go-Jek pada tahun ini. “Kita juga akan mengundang Plug and Play TechCenter ke Indonesia untuk berbagi ilmu tentang E-Commerce kepada perusahaan startup. Kita berupaya untuk membangun ekosistem E-Commerce Indonesia,” katanya.

Berkenaan dengan undangan pada investor untuk menanam modal di sektor e-Commerce tersebut, Rudiantara juga sempat menyampaikannya pada kunjungannya di Indonesia Bussiness Forum di Shanghai, RRT beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Menkominfo menyatakan bahwa “Pemerintah memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan investasi yang berguna bagi kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia dan UMKM yang akan memasuki dunia digital.”

“Indonesia siap mengembangkan e-Commerce. Roadmap e-Commerce yang akan segera ditetapkan pemerintah. Ada tujuh isu yang diidentifikasi sebagai pendorong kesuksesan untuk mencapai nilai USD130 Miliar e-Commerce Indonesia pada tahun 2020 yaitu logistik, infrastruktur komunikasi, keamanan siber, pajak, perlindungan konsumen, pendanaan, pendidikan dan SDM,” jelas Menteri Rudiantara.

Kementerian Kominfo telah mengembangkan porgram prioritas sebagai kunci untuk implementasi Roadmap e-Commerce, antara lain:
1. Mendorong Indonesia menjadi the Digital Energy of Asia.
2. Menciptakan Indonesia menjadi negara dengan digital economy yang terbesar di Asia Tenggara.
3. Mendorong pencapaian transaksi e-Commerce sampai USD130 Miliar pada tahun 2020.
4. Menciptakan 1000 Teknoprener nasional yang mumpuni dengan nilai perusahaan mencapai USD10 Miliar USD.

0906_Penyaluran Dana Kartu Indonesia Pintar (revisi)

Menteri Kominfo menyampaikan Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan investasi yang berguna bagi kemajuan ekosistem industri digital di Indonesia dan UMKM yang akan memasuki dunia digital. Di depan ratusan pelaku bisnis dari Tiongkok dan Indonesia, Menteri Kominfo menyampaikan salah satu faktor terpenting mendukung e-Commerce adalah infrastruktur komunikasi. “Pemerintah telah memulai pembangunan Palapa Ring untuk menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia dan terhubung internet,” paparnya.

Proyek Palapa Ring, menurut Menteri Kominfo, menargetkan kemampuan jaringan yang setara antara wiayah barat, tengah dan timur Indonesia. “Bandwidth wilayah Indonesia tengah dan timur kita dorong lebih setara dengan wilayah barat.  Kemampuan jaringan broadband yang menghubungkan pulau-pulau atau kota-kota adalah keharusan, keniscayaan. Kita bangun akses-akses broadband di kota-kita semuanya juga mendorong desa-desa menjadi broadband,” jelas Rudiantara.

Pembangunan akan disertai dengan upaya meningkatkan efisiensi agar masyarakat dapat merasakan layanan serta manfaat lebih. “Ini tidak hanya dikerjakan oleh operator telekomunikasi eksisting. Banyak wilayah-wilayah yang penyelenggara tidak berani masuk atau membangun jaringan broadband menuju ke sana, Pemerintah akan langsung intervensi membangun. Inilah program Palapa Ring yang juga menjadi sarana menuju akses Internet cepat dan murah ke rakyat. Masyarakat mendapat akses Internet yang broadband,” papar Menteri Rudiantara.

Komitmen Kemudahan Investasi
Indonesia Business Forum adalah forum yang difasilitasi oleh BKPM dan Kedutaan Republik Indonesia di Shanghai. Pelaksanaannya dikelola oleh INACHAM (Indonesia China Chamber of Commerce) dan CFLD (China Fortune Land Development) untuk membantu para pelaku usaha dari Indonesia dan Tiongkok meningkatkan nilai perdagangan dan investasi di Indonesia.

Pemerintah Indonesia, sebagaimana disampaikan Menteri Kominfo memberikan kesempatan investasi untuk e-Commerce (marketplace) sebesar-besarnya dengan memperhatikan ekosistem digital ekonomi nasional. “Jadi investasi asing dapat dibuka sampai dengan 49 persen dalam kepemilikan modal perusahaan untuk nilai investasi asing antara Rp10 Miliar sampai dengan Rp100 Miliar. Dan kepemilikan modal sampai dengan 100 % untuk nilai investasi di atas Rp100 Miliar. Sedangkan secara horisontal perusahaan startup yang nilai perusahaannya sampai dengan Rp10 Miliar, maka masuk kategori UKM,” jelasnya.

Menteri Rudiantara menjelaskan salah satu Program Utama Kemkominfo yaitu penciptaan 1000 startup digital. Penciptaan 1000 startup nasional itu bertujuan untuk mendorong investasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. “Pemerintah membuka diri untuk menjalin kerjasama dan investasi yang dapat membantu akselerasi pencapaian target program tersebut,” jelasnya.

Kebijakan itu telah ditunjukkan oleh pertemuan langsung Menkominfo dengan para Angel Investor yang berminat terlibat dalam program tersebut. “Kami juga telah melakukan inisiasi pembicaraan terkait pembangunan inkubator dengan skala besar di Indonesia oleh investor dari Tiongkok,” jelasnya. (Icha)

Latest

Samsung Beberkan Pentingnya Data Dibalik Kesuksesan Galaxy AI

Telko.id - Samsung mempelopori dalam pengembangan pengalaman premium dengan...

Apa Karaktermu! Yuk Sesuaikan Hapenya

Telko.id - Pssstt, tahu nggak, sih, kalau karaktermu sebenarnya...

Oppo A60, Bernilai TKDN 36% Bersertifikasi Standar Militer

Telko.id – Oppo Indonesia mengkonfirmasi bahwa Oppo A60 sudah...

Tutup Kampanye “Better life for all”, LG Distribusikan 3,000 Paket Makanan

Telko.id - LG Electronics Indonesia (LG) kembali melakukan aksi...

Rekomendasi

Warga DKI ini Bisa Bayar Pajak Daerah via Tokopedia

Telko.id - Tokopedia resmi meluncurkan fitur pembayaran Pajak Daerah untuk warga DKI Jakarta. Fitur ini memungkinkan warga DKI Jakarta membayar secara online beragam jenis...

Blibli Pertama kali Hadirkan Samsung Experience Lounge

Telko.id -  PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blibli’ atau ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia melalui anak usahanya, PT...

Mau Mudik? Ini 5 Tips Persiapan Mudik Agar Aman dan Nyaman

Telko.id - Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini