Canalys: Tahun 2019 Akan Ada Pengiriman 2 Juta Smartphone Lipat

Telko.id – Smartphonel lipat, tahun 2019 ini akan menjadi trend baru. Yang mengawali kehadiran smartphone lipat dipasar adalah Samsung dengan Galaxy Fold dan Huawei Mate X.

Jejak kedua brand tersebut nanti nya akan diikuti oleh banyak vendor lain. Hanya saja, tidak banyak yang akan melakukannya pada tahun 2019 ini. Tak heran, Canalys pun hanya memprediksikan 2 juta unit saja yang dikapalkan ke seluruh dunia.

“Smartphone yang dapat dilipat sekarang ini sedang dalam produksi massal, namun vendor tetap menaruh harapan pada angka yang realitis dala kinerja penjualannya. Tidak berlebihan,” kata Nicole Peng, Direktur Senior Canalys.

Nicole menambahkan “Samsung dan Huawei memang akan menjadi bagian terbesar dari smartphone pintar yang dikirm pada tahun 2019 ini. Tetapi angka pengiriman yang tinggi bukanlah prioritas kedua brand tersebut.

Tujuannya lebih pada menangkap kesadaran konsumen, dan setiap vendor ingin membuktikan bahwa mereka dapat mencapai kemajuan teknologi terbesar dengan desain industrinya yang baru. Maklum saja, teknologi layar lipat ini masih tergolong baru sehingga biaya produksi pun masih tinggi.

“Biaya adalah faktor kunci yang akan menghambat adopsi smartphone lipat ini,” kata Ben Stanton, Analis Senior Canalys menambahkan.

Misalnya, desain ‘lipat-keluar’, seperti yang digunakan pada Huawei Mate X ini akan lebih cocok digunakan pada smartphone lipat yang lebih murah karena produsen tidak perlu memasukan banyak kamera. Lalu, untuk layar ‘luar’ kedua, seperti yang dimiliki oleh Samsung, dan pada lipatan layar yang flexible tidak perlu terlalu ketat atau kencang. Kedua contoh itulah yang membuat smartphone lipat masih tergolong mahal.

Itu sebabnya, pada tahun 2019 ini, vendor yang menawarkan smartphone lipat masih belum terlalu mempengaruhi secara signifikan jumlah pengiriman secara global. Apalagi, para vendor harus memastikan kualitas dan data tahan dari produk ini pun cukup baik. Pasalnya, jika ada masalah atau kerusakan ‘gigi’ akan merusak faktor bentuk smartphone lipat, bahkan mungkin tidak lagi bisa digunakan.

Walau demikian, ada beberapa brand yang sudah siap-siap meluncurkan smartphone lipat. Seperti Xiaomi Mix Flex, Royale FlexPai dan Oppo Foldable Phone. (Icha)

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

TELKO TV

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0