BlackBerry Hentikan Layanan, Apa Alasannya?

Telko.id – BlackBerry hentikan layanan mulai besok, 4 Januari 2022. Yang dihentikan adalah layanan yang berjalan pada BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, perangkat lunak BlackBerry 10, BlackBerry PlayBook OS 2.1, dan versi sebelumnya. Pengumuman tersebut di sampaikan pada website resmi BlackBerry pada 22 Desember 2021.

Mulai besok juga perangkat yang berjalan layanan dan perangkat lunak lama ini melalui operator atau koneksi Wi-Fi tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1.

Tak hanya itu, BlackBerry hentikan layanan, termasuk infrastruktur ini juga akan berdampak pada fungsionalitas untuk aplikasi seperti Enhanced Sim Based Licensing (ESBL) / Identity Based Licensing (IBL), alamat email yang dihosting BlackBerry, BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry Blend, BlackBerry Protect (memungkinkan konsumen untuk mengunci, menemukan atau menghapus perangkat BBOS, BlackBerry 10 dari jarak jauh. Tidak ada dampak pada BlackBerry Protect baru yang merupakan solusi keamanan titik akhir berbasis AI).

Selama bertahun-tahun, memang BlackBerry telah mencoba berkali-kali untuk bersaing dengan Android dan iOS untuk mendapatkan kembali pangsa pasarnya yang hilang, dengan membawa BlackBerry 10 pada tahun 2013. Namun, pada tahun 2015, ia pindah ke Android itu sendiri, meluncurkan ponsel geser BlackBerry Priv untuk mengambil alih Apple dan Samsung. Namun, langkah itu hampir tidak menguntungkan perusahaan.

Sebelum BlackBerry hentikan layanan nya, perusahaan itu juga sudah berusaha dengan melakukan kerja sama dengan beberapa mitra atau pihak ketiga. Seperti salah satunya dengan Itu juga membawa mitra lisensi untuk mempertahankan nama mereknya dengan perangkat pihak ketiga, tetapi pengaturan itu juga tidak bekerja lama untuk BlackBerry, dengan salah satu mitra TCL. Sayang, kerjasama itu pun tidak mampu bertahan lama.

Pada Februari 2020, TCL memutusakan untuk tidak akan memproduksi ponsel untuk BlackBerry apa pun. lebih lama, dan pemegang lisensi lainnya juga tetap diam sejak Oktober 2018.

Sebuah startup dari Texas – OnwardMobility – juga telah menggoda pada tahun 2020 bahwa mereka akan meluncurkan ponsel BlackBerry 5G pada tahun 2021, tetapi tahun telah datang dan pergi dengan ponsel tersebut belum muncul.

Meskipun perkembangannya menyedihkan, itu tidak berarti akhir dari merek BlackBerry, dengan perusahaan saat ini bekerja pada pengembangan perangkat lunak dan layanan keamanan untuk banyak pemerintah dan perusahaan secara global. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0