Telko.id – Gaya hidup digital tidak mungkin cepat terwujud jika ekosistem nya tidak mendukung. Untuk itu, Telkomsel mengajak mitra reseller/outlet penjual pulsa untuk berjualan layanan konten digital melalui platform MKios yang saat ini sudah digunakan untuk layanan transaksi pulsa.
“Penjual Pulsa sebagai salah satu bagian terpenting dalam proses distribusi produk Telkomsel kini akan semakin memiliki beragam pilihan produk Telkomsel untuk ditawarkan kepada pelanggan dengan hadirnya fitur penjualan layanan voucher games online. Proses transaksi penjualan voucher games online ini juga dapat dilakukan semudah melakukan penjualan pulsa reguler,” kata Yetty Kusumawati, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, menjelaskan.
Voucher games online yang dapat dibeli melalui reseller penjual pulsa ini dapat dimanfaatkan pelanggan untuk melakukan pembelian in-game features yang ditawarkan pada fitur sejumlah games online dari games publisher yang telah melakukan kerja sama dengan Telkomsel, antara lain dari Perfect Games (contoh games online : Baby Saga, Unison League, dan Touch Me) dan Ngames (contoh games online : Dinasty War, Dinasty Rush, Romantic Diary, Wrath of God, dan War of Samkok).
Saat ini, Telkomsel memiliki sekitar 69 ribu mitra reseller binaan yang tersebar di wilayah operasional Jabotabek dan Jabar. Sebagian besar reseller tersebut merupakan penjual isi ulang pulsa dan produk kartu pra bayar Telkomsel.
Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, selain menjual layanan isi pulsa reguler dan kartu pra bayar, Telkomsel juga terus mendorong mitra reseller untuk menjual layanan produk broadband dan digital Telkomsel, seperti layanan isi ulang pulsa paket data/internet yang saat ini dapat diperoleh dengan harga mulai Rp. 5 ribu dengan kuota data hingga 15GB (semua jaringan ditambah kuota digital entertainment untuk video streaming, sesuai lokasi aktivasi), layanan aktivasi Nada Sambung Pribadi (bulanan) dengan harga special, dan kini penjualan voucher games online.
Yetty menambahkan, sejak mitra reseller Telkomsel memiliki akses untuk menjual pilihan paket broadband, antusiame serta adopsi pelanggan di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar berdasarkan jumlah transaksi terus meningkat, dimana tahun 2016 lalu pertumbuhan transaksi pembelian pulsa kuota data oleh pelanggan melalui mitra reseller MKios sekitar 9%, dibandingkan tahu sebelumnya, dengan wilayah Regional Jawa Barat mengalami peningkatan paling tinggi sebesar 19%.
Sebelumnya, untuk pelanggan yang memiliki hobby bermain games online, Telkomsel juga telah menyediakan akses pembelian in-game features yang ada di aplikasi Google Play Store melalui layanan #JajanOnline, yang mana transaksi cukup dilakukan dengan cara memotong pulsa secara langsung, tanpa harus menggunakan kartu kredit.
“Kami menyadari tingginya respon positif pelanggan di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang, dalam mengadopsi layanan broadband dan digital menuntut penetrasi yang lebih luas dari Telkomsel untuk menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk mengakses layanan tersebut. Dengan menggandeng mitra reseller berjualan layanan digital, diharapkan dapat mendorong penguatan ekosistem digital yang lebih matang dan merata. Terlebih di wialayh yang memiliki penetrasi penggunaan layanan digital yang tinggi, seperti lingkungan kampus, tempat hiburan dan pemukiman padat” tutup Yetty. (Icha)