Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

PANDI Sukses Tambah 150 Ribu Lebih Domain.id Tahun Ini

Telko.id – Pengelola Nama Domain .id atau PANDI telah menyelesaikan tugas mereka di tahun 2015 ini, dalam hal penyebaran penggunan domain .id di Indonesia. Tahun ini sendiri menjadi salah satu tahun kesuksesan mereka dengan berhasil meningkatkan pendaftaran nama domain .id sebanyak 60 ribu domain.

Sampi dengan saat ini, total PANDI telah berhasil mendaftarkan nama domain .id sekitar 151. 987 domain (sampai November di tahun ini). Namun, terdapat sekitar 30 ribu nama domain yang tidak diperpanjang bahkan dihapus penggunannya di tahun ini.

“Pencapaian di tahun 2015 ini ternyata cukup baik, jadi ada penambahan jumlah domain sebanyak 64 ribu selama sebelas bulan, tapi ternyata domain yang tidak diperpanjang dan dihapus juga mengalami peningkatan. sekitar 30 ribu nama domain yang dihapus, sehinga total penigkatan tahun ini hanya sekitar 30 ribu domain .id dan hal ini akan menjadi PR buat kami dari PANDI kemudian temen-teman registrar sebagai tonggak pemasaran untuk memperbaiki agar tahun depan lebih baik lagi,” ucap Sigit widodo, Direktur Operasional PANDI.

Dari total nama domain yang berhsil terdaftar di tahun ini, yang paling dominan sampai dengan saat ini adalah domain co.id dengan 66.700 pengguna, disusul oleh web.id dengan 23.111 pengguna, kemudian anythings.id dengan 19.781 pengguna dan sch.id dengan 14.860 pengguna. 9 nama domain sisa tidak menembus angka 10 ribu user di masing-masing domain dan total sampai dengan saat ini, PANDI sudah mendaftarkan sekitar 151.987 di tahun 2015.

Sejatinya PANDI tidak sendirian dalam menyebarkan nama domain .id, mereka dibantu oleh 12 regitrar yang senantiasa membantu mereka menyebarkan nama domain.id.

Sebagai informasi, Dari 12 registrar, sekitar 4 registrar yang sangat aktif dalam mendaftarkan nama domain, dari total 4 registrar tersebut setidaknya mereka menyumbang lebih dari 60% dari total keseluruhan pendaftaran nama domain di tahun ini. Registrar saat ini sudah terdftar sejak tahun 2012 lalu dan PANDI merasa sudah waktunya untuk membuka registrar baru pada awal februari mendatang.

Untuk tahun ini juga PANDI sedang mempersiapkan program sejuta nama domain mereka yang di gagas bersama dengan Kementrian Kounikasi dan Informasi. Program tersebut baru akan dimulai pada awal tahun depan, dengan bulan Januari sebagai awal pendaftaran dan mereka menargetkan pada bulan Februari atau Maret sudah ada sekitar 25 hingga 35 ribu nama domain .id yang terdaftar dan pada akhir tahun mencapai 300 ribu nama domain. [ak/if]

Latest

Layanan Purnajual realme Kini Tersedia Melalui WhatsApp

Telko.id - realme resmi meluncurkan layanan WhatsApp realme Support,...

Nokia Tuntaskan Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata di Indonesia

Telko.id - Nokia mengumumkan bahwa telah berhasil menyelesaikan proyek...

Akhirnya, Galaxy AI Bahasa Indonesia Hadir di Galaxy S24 Series

Telko.id – Akhirnya, setelah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, Samsung Electronics...

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024), Pas Buat Kerja dan Kreatif

Telko.id - Samsung Electronics Indonesia kini melengkapi jajaran tabletnya...

Rekomendasi

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini agar bisnis dibidang apapun tidak terlibas oleh jaman yang sudah masuk ke era teknologi digital....

Mudik Bersama Aspire Lite Special Edition 25th Acer Indonesia, Nyaman dan Asyik

Telko.id – Mudik untuk bersilaturahmi, biasa nya dilakukan satu tahun sekali, pas hari Raya Idul Fitri. Nah, kali ini Telko.id berkesempatan mudik berbekal Acer...

IMD Smart City Index 2024: Indonesia Perlu Perbaikan soal Kemacetan dan Korupsi

Telko.id – Berdasarkan hasil survei Institute Management and Development (IMD) terkait Smart City Indeks (SCI) 2024 menyebutkan bahwa Indonesia perlu perbaikan soal kemacetan dan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini