spot_img

Tahun Depan, Kominfo Umumkan Pemenang Palapa Ring

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkap tentang rencananya mengumumkan pemenang tender Palapa Ring. Seperti diketahui, proyek ini sejatinya telah tertunda selama 10 tahun lamanya dan hingga kini belum ada langkah yang nyata.

“Akhir bulan ini RFP (Registered Financial Planner) sudah keluar dan tinggal menunggu hasilnya saja,” ungkap Chief Ra saat ditemui dalam acara penghargaan Golden Ring Award yang berlangsung di Jakarta, Senin (16/11).

Palapa Ring sendiri merupakan sebuah proyek pembangunan serat optik yang akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan total kabel laut sepanjang 35.280 kilometer dan kabel darat sekira 21.807 kilometer.

Proyek ini nantinya akan menjangkau sekitar 57 Kabupaten di seluruh Indonesia.

Rudiantara menyebut, roadmap dari Palapa Ring sendiri adalah Indonesia bagian Barat hingga Mahulu, kemudian Indonesia Bagian tengah hingga Miangai dan Timur hingga Papua Barat.

Sampai saat ini, Proyek Palapa Ring telah memasuki tahap pra kualifikasi yang menghasilkan 8 perusahaan peserta tender yang dinyatakan lulus oleh panitia pengadaan.

Delapan perusahaan ini akan mengikuti tender di tiga paket yang ditawarkan yaitu pembangunan di wilayah Barat, Tengah serta Timur. Namun nampaknya hanya 6 perusahaan yang mengikuti kesemua paket tersebut.

Dari kedelapan perusahaan yang ikut serta, tiga diantaranya adalah para raksasa operator di Indonesia yakni, Telkomsel, XL, serta Indosat.

Chief Rudiantara menyebutkan dana USO nantinya akan digunakan untuk biaya  infrastruktur dari Palapa Ring tersebut yang akan memakan waktu sekiranya 15 tahun.

Ia juga menyebut, pada kuartal awal di tahun depan seharusnya sudah selesai tahap kualifikasinya. [ak/if]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles