spot_img

Disaksikan Jokowi, Indonesia Resmi Masuki Era 4G

Telko.id – Setelah melalui sekian banyak tahap ujicoba, gelaran 4G di pita 1800 MHz akhirnya secara resmi diluncurkan di tanah air. Lima operator penyelenggara jaringan internet cepat ini, meliputi Smartfren, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 serta Telkomsel menggelar kegiatan bertajuk Revolusi Digital 4G LTE hari ini, yang sekaligus menandakan resminya layanan 4G di Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung di Museum Gadjah, Jakarta ini, Presiden Joko Widodo hadir untuk meresmikan, ditemani oleh Menkominfo Rudiantara, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Menteri Polhukam Luhut Pandjaitan, Menteri PMK Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, serta jajaran direksi dari seluruh operator.

Kepada Presiden RI, Joko Widodo, Menkominfo Rudiantara melaporkan bahwa Indonesia telah menyelesaikan persiapan jaringan 4G LTE melalui proses refarming yang dimulai sejak April 2015 lalu. Dimulai dari kawasan Indonesia Timur, kemudian bergerak ke Barat dan berakhir di Jakarta.

Dengan hadirnya 4G LTE ini, diharapkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia dapat diakselerasi,” kata Menkominfo, Rudiantara.

Ia menambahkan, bahwa di ASEAN saat ini, Indonesia menempati peringkat keempat untuk urusan ICT, dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand berada di atasnya. Harapannya, dalam tiga tahun ke depan, yakni 2019, Indonesia akan bisa sampai ke posisi nomor dua di ASEAN untuk bidang ICT.

“Untuk membentuk ekosistem digital di Indonesia, perlu adanya percepatan pembangunan broadband yang merata di seluruh wilayah Indonesia serta melakukan pemberdayaan UKM menjadi pelaku aktif e-commerce dan memberikan dukungan penuh terhadap para developer muda,” tambah Rudiantara.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk melakukan video conference ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti pelaku UMKM di Palembang, blogger di Yogyakarta serta developer (pengembang) lokal di Surabaya. Dalam pesannya, Presiden menulis, “Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia.” [ak/if]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles