spot_img

Awal 2016, Inggris Lelang Spektrum 2,3 GHz dan 3,4 GHz

Jakarta – Ofcom, selaku badan regulasi komunikasi Inggris telah mengkonfirmasi rencana untuk merilis pilihan frekuensi berkapasitas tinggi bagi penyedia layanan mobile broadband secara lelang pada awal 2016 mendatang.

Pada lelang tersebut, Ofcom akan memprioritaskan kepada mereka yang paling efisien dalam menggunakan spektrum dan juga tidak memblokir operator lain yang membeli blok spektrum yang berdekatan dengan spektrum tersebut.

Dilansir dari Telecoms, Selasa (27/10), pada awal 2016 nanti sebanyak 190 MHz spektrum berkapasitas tinggi akan tersedia di dua band yakni 2,3 GHz dan 3,4 GHz. Spektrum kapasitas tinggi ini sejatinya cocok untuk menampung arus data dalam jumlah besar.

Ofcom menyebutkan, hal ini akan menjadi sebuah kemajuan yang besar dalam kapasitas mobile broadband setidaknya sejak 2013 silam ketika mereka merilis tiga perempat dari spektrum untuk lelang 4G.

Ofcom juga akan bersikap adil dan transparan pada pelelangan ini, mereka mengusulkan untuk melelang spektrum sebanyak 10 MHz untuk frekuensi 2,3 GHz dan 5 MHz untuk frekuensi 3.4 GHz.

Sekedar informasi, di pasaran terdapat banyak handset mobile dari pemain besar seperti Apple iPhone 6, HTC Desire dan Samsung Galaxy yang sudah kompatibel dengan spektrum 2,3 GHz.

Sejatinya frekuensi tersebut saat ini digunakan untuk jaringan mobile broadband 4G berkecepatan tinggi di sepuluh negara di luar Eropa, termasuk Cina, India dan Australia.

Sementara itu, frekuensi 3,4 GHz saat ini sedang digunakan untuk broadband nirkabel berteknologi 4G di enam negara termasuk Inggris, Kanada dan Spanyol.

“Lelang ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa Inggris memiliki kemampuan nirkabel guna memberikan dan mendukung teknologi baru,” tutur Philip Marnick selaku Director Ofcom Spectrum Group.

Marnick juga menambahkan lelang ini merupakan bagian dari rencana mereka untuk memenuhi permintaan dengan menyediakan spektrum baru yang juga bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. [AK/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles