spot_img

Strategi Samsung Hadapi Industri Ponsel Dalam Era Next Normal

Telko.id – Samsung sebagai salah satu brand global yang sangat berpengaruh dalam industri ponsel, memiliki berbagai strategi dalam menghadapi era baru ini. Samsung menyebutnya sebagai Next Normal. Lalu, seperti apa strategi yang akan diterapkannya ke depan?

TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics berbagai cerita tentang strategi Samsung tersebut.

Strategi Samsung
TM Roh – President and Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics

Menurut Roh, sejak dirinya mengambil alih kendali di Samsung Mobile enam bulan lalu, begitu banyak hal yang berubah. Apa yang tadinya biasa sekarang terasa luar biasa – pada saat Anda mengunjungi teman atau pergi keluar untuk makan.

Dia menganggap era baru ini sebagai “Next Normal” dan teknologi – terutama teknologi seluler – memiliki peran penting di dalamnya. “Hanya dalam beberapa bulan, kita telah melihat kehidupan berubah dengan cara yang tak terbayangkan. Pembelajaran jarak jauh, fitness di rumah, konser online, dan masih banyak lagi hal-hal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi,” ujar nya.

Sebagai pemimpin industri teknologi, Roh menilai bahwa Samsung memiliki tanggung jawab khusus – dan sekarang yang paling penting – adalah untuk membantu masyarakat terus bergerak maju. Kenapa? Karena begitu banyak orang mengandalkan Samsung untuk memberikan mereka cara baru dalam berkomunikasi, cara baru untuk bekerja, dan cara baru untuk terhubung.

Di Galaxy Unpacked musim panas ini, Roh menyatakan bahwa Samsung akan memperkenalkan lima perangkat baru yang menawarkan kekuatan. Perangkat ini mewujudkan visi Samsung untuk menjadi inovator pengalaman ponsel baru yang mengalir dengan baik dan terus menerus ke mana pun kami pergi. Perangkat ini menggabungkan kekuatan dengan fungsionalitas tanpa batas, baik ketika Anda sedang bekerja atau bermain, di rumah ataupun di luar rumah. Pada Next Normal, Anda akan memiliki kemampuan untuk untuk menjalani kehidupan sepenuhnya dengan perangkat yang ada di tangan Anda (dan di telinga Anda, serta  pergelangan tangan Anda.)

Saat memetakan masa depan Samsung Mobile, Roh menyatakan ingin berbagi strategi Samsung lewat tiga prioritas strategis yang menjadi fokusnya. Sebuah strategi yang jelas dan melihat masa depan, seperti yang selalu Samsung lakukan. Alih-alih bermain aman, Samsung akan mengambil risiko dan bergerak cepat. Alih-alih menunggu orang lain, Samsung akan menetapkan arah industri. Bahkan di masa-masa sulit ini, Roh menyebutkannya bahwa pilar-pilar ini akan menjaga fokus Samsung tepat di tempat yang seharusnya: yaitu kepada pelanggannya.

Inovasi yang Berarti

Strategi Samsung yang pertama adalah menciptakan setiap inovasi dengan tujuan yang jelas: untuk membuat hidup Anda menjadi lebih baik dan lebih mudah. Pada saat pandemi telah memberlakukan begitu banyak batasan pada kita semua, teknologi adalah jembatan menuju dunia yang lebih besar. Perangkat seluler telah menjadi satu-satunya cara bagi banyak orang untuk bekerja dari rumah dan tetap terhubung – mereka telah menjadi penyelamat sejati.

“Dalam enam bulan terakhir, kami telah berusaha menghadirkan yang terbaik pada lini produk kami dan berinvestasi besar dalam R&D. Kami telah menerapkan solusi baru dalam waktu singkat, untuk melakukan segalanya mulai dari meningkatkan teknologi video-chat hingga membantu pekerja garda depan tetap aman dalam melakukan tugasnya,” ungkap Roh menjelaskan.

Next Normal ini akan menjadi periode inovasi yang lebih berani. “Kami akan membuat teknologi seluler yang lebih personal, cerdas, bermanfaat, dan aman. Kami akan mengembangkan lebih banyak produk inovatif, seperti ponsel lipat kami yang terkemuka di industri. Dan saat kami meluncurkan berbagai perangkat Galaxy 5G di pasar yang lebih luas, teknologi ini akan memungkinkan begitu banyak pengalaman yang bahkan belum dapat kami bayangkan,” ungkap Roh menambahkan.

Dari ponsel lipat hingga teknologi 5G, Samsung memiliki lini dalam jumlah yang luar biasa, dengan beberapa hal yang telah dipersiapkan untuk tampil segera.  Bahkan Roh menyebutkan, dirinya sangat bersemangat memikirkan bagaimana orang-orang akan menggunakan teknologi Samsung ini untuk mengubah hidup mereka. Karena hanya dengan begitu, inovasi yang berarti akan terwujud.

Membuka Kolaborasi

Strategi Samsung kedua adalah Kolaborasi. Roh menyatakan bahwa kekuatan kelompok akan lebih kuat daripada sendirian. Beberapa bulan terakhir ini telah membuktikan kebenaran perkataan itu berulang kali. Kisah-kisah dari begitu banyak orang yang berkumpul untuk saling membantu benar-benar membangkitkan semangat, dan menunjukkan bahwa kebersamaan selalu menghasilkan sesuatu lebih besar daripada berjalan sendiri.

Hal ini memberikan apresiasi yang baru kepada kekuatan jaringan mitra Samsung yang luas. “Kami selalu percaya bahwa kami harus bekerja bersama, untuk menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan kami” ujar Roh optimis.

Lihatlah kolaborasi Samsung dengan Google, Microsoft, Netflix, dan Spotify, beberapa nama baru mitranya. Misalnya, kerjasama dengan Google untuk mengoptimalkan panggilan video sehingga pengguna dapat lebih mudah terhubung. Lalu, Samsung juga memperluas kemitraan dengan Microsoft sehingga smartphone Galaxy dan PC Windows dapat berbagi pesan, foto, dan pengingat kalender secara real-time. Kolaborasi ini hanya akan terus berkembang melalui kemitraan game dengan Xbox.

Samsung juga percaya pada kekuatan kemitraan karena ingin semua orang – termasuk perusahaan baru, pengembang, dan komunitas lokal – memiliki kesempatan untuk mencapai impian mereka. Program inkubasi start-up Samsung C-Lab dan Samsung NEXT hanyalah beberapa caranya untuk membantu wirausahawan di dalam dan di luar dari pembangunan, pertumbuhan, dan skala perusahaan.

“Di Samsung, kami akan terus membawa ide-ide terbaik ke pasar – dari mana pun asalnya. Bagaimanapun juga, kita benar-benar lebih kuat bersama,” ujar Roh menambahkan.

Ketangkasan Operasional

Strategi Samsung ke tiga adalah ketangkasan operasional. Menurut Roh, dalam dunia yang cepat berubah, ketangkasan sangatlah penting. Langkah cepat perubahan yang ditentukan oleh realitas baru telah mendorong kebutuhan akan ketangkasan operasional: kemampuan untuk memprioritaskan sumber daya dan menjadi efisien hari ini, sambil mengantisipasi tren dan bertindak secara meyakinkan untuk hari esok. Pandemi ini menjadi ujian yang berat. Hal ini berarti bertransformasi dengan cepat untuk menjaga komunitas lokal, mitra, dan karyawan kami, sambil tetap membangun ketahanan untuk pengoperasian di masa depan.

Ketangkasan ini juga yang memungkinkan Samsung menawarkan perangkat yang kuat, dan pengalaman yang terhubung, yang akan diperkenalkan di Galaxy Unpacked. Samsung melihat bahwa orang menginginkan – dan membutuhkan – perangkat yang dapat dioptimalkan untuk bekerja, bermain, dan multi-tasking untuk beragam gaya hidup. Komitmen Samsung terhadap inovasi, ditambah dengan ketangkasan operasionalnya, membuktikan bahwa Samsung dapat sepenuhnya menata kembali pengalaman yang lebih praktis.

Ketangkasan operasional juga menyebabkan perubahan mendasar dalam cara nya memberikan pengalaman ponsel yang dapat Anda percayai. Karena melindungi pelanggan adalah menjadi prioritas utama, Samsung juga menggabungkan keamanan di setiap lapisan perangkat Anda, mulai dari chip hingga aplikasi. Hari ini Roh menyatakan bahwa Samsung bangga bahwa dalam industri ini, Samsung menjadi yang terdepan, platform keamanan defense-grade Knox telah melindungi lebih dari satu miliar pelanggan di seluruh dunia.

Masa Depan Inovasi Ponsel

Singkatnya, ketiga prioritas strategis ini akan memandu Samsung Mobile melalui Next Normal dan selanjutnya. Prioritas ini akan memungkinkan perushaan ini untuk terus-menerus menemukan kembali diri untuk mewujudkan visi dalam memberikan pengalaman mobile yang baru dan inovatif kepada semakin banyak orang di seluruh dunia.

“Kami akan terus memperluas ekosistem Galaxy dan memberikan pengalaman yang membantu Anda melakukan lebih banyak hal dengan lebih sedikit usaha sehingga Anda dapat fokus pada apa yang benar-benar penting. Pada akhirnya, ini tentang menempatkan Andadi pusat pengalaman Galaxy sehingga Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya,” ungkap Roh.

Anda akan dapat melihat sendiri apa yang kami siapkan untuk Anda selanjutnya di Galaxy Unpacked pada 5 Agustus. Untuk pertama kalinya, kami akan menyiarkan langsung dari Korea Selatan – ini akan menjadi pengalaman virtual yang menarik. Kami menantikan untuk membagikannya kepada Anda! (Icha)

 

 

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles