spot_img
Latest Phone

Garmin Venu 4 Resmi Dirilis, Bawa Wellness Adaptif ke Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Venu 4 di...

Strava Integrasikan Kacamata Oakley Meta Vanguard AI untuk Aktivitas

Telko.id - Strava, aplikasi pendukung gaya hidup aktif dengan...

Garmin Run Indonesia 2025 Sukses, 7.000 Peserta Dukung Keberlanjutan

Telko.id - Garmin Run Indonesia 2025 sukses digelar di...

Deretan Wearables Terbaru Apple, iPhone 17 Bukan Satu-Satunya

Telko.id – Selain iPhone 17 Series, pada perhelatan Apple...

Apple Rilis iPhone 17 Series, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya

Telko.id – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 17 Series...
Beranda blog Halaman 993

Duh! Joy-Cons di Nintendo Switch Nge-Drift

Telko.id, Jakarta – Salah satu fitur unik dari Nintendo Switch adalah pengontrol Joy-Cons. Fitur ini merupakan serangkaian pengontrol yang dapat dilepas dan dilengkapi dengan berbagai sensor dan motor di dalamnya.

Namun, tampaknya, Joy-Cons belum memiliki kualitas terbaik karena menurut pengguna ada masalah. Menurut laporan Ubergizmo, para pengguna mengalami masalah yang dikenal sebagai drifting.

{Baca juga: Ada Fitur Rewind di Nintendo Switch Online}

Tampaknya ada sesuatu yang salah dengan Joy-Cons. Sebab, ketika pengguna tidak menyentuh joystickers, konsol akan bergerak. Hal ini telah coba dikonfirmasi dalam laporan oleh Gita Jackson dari Kotaku.

“Ketika saya berada di layar pertempuran, di mana tongkat di kanan Joy-Con mengontrol sudut atas kamera, sudut kamera perlahan-lahan akan melayang sampai langsung berada di atas kepala,” demikian katanya.

Jackson tidak sendirian dalam mengalami masalah ini karena anggota staf Kotaku lainnya telah mengkonfirmasi hal yang sama. Hal serupa dialami oleh gamer lain lewat unggahan di forum Reddit dengan lebih dari 25.000 tanggapan.

Sampai kini tidak jelas apa masalahnya. Namun, untuk sementara, Nintendo tampaknya menawarkan untuk memperbaikinya bagi para gamer jika bersedia mengirimkan alat pengendali tersebut ke perusahaan.

{Baca juga: Nintendo Switch Lite Dijual Murah, Ini Spesifikasinya}

Belum lama ini, Nintendo resmi punya konsol Switch baru dengan harga jual lebih murah. Namanya Nintendo Switch Lite. Harganya USD 200 atau sekitar Rp 2,8 juta di Amerika Serikat. Layarnya 5,5 inci dengan resolusi 720p. [BA/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Pekerja Wanita Lebih Berpotensi Tergusur Robot

Telko.id, Jakarta – Wanita dua kali lebih mungkin kehilangan pekerjaan karena robot daripada pria. Studi think tank London IPPR mengungkapkan, hampir dua pertiga (64 persen) pekerja wanita bidang industri di Inggris berisiko tinggi tergusur oleh robot.

Ada alasan kuat yang mengemuka. Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telko.id, Rabu (17/7/2019), wanita lebih mungkin bekerja dalam pekerjaan di bidang ritel dan administrasi . Dua pekerjaan itu sangat bisa digantikan oleh mesin.

{Baca juga: Rusia Mulai Gunakan Robot Sebagai Pembaca Berita}

Karenanya, IPPR menyimpulkan, satu dari 10 pekerja wanita berisiko tinggi keluar dari pekerjaan untuk digantikan oleh robot. Sebaliknya, hanya empat persen pekerja pria yang berada di zona bahaya. Angka itu jelas sangat berbanding terbalik.

Carys Roberts, kepala ekonom di IPPR serta penulis utama laporan, mengatakan bahwa pemerintah Inggris harus berbuat lebih banyak untuk memungkinkan perempuan mencari pekerjaan di bidang teknologi yang membutuhkan keterampilan tinggi.

“Pemerintah  serta perdana menteri baru  perlu terlibat sepenuhnya di ranah bisnis dan industri untuk mempercepat otomatisasi ekonomi Inggris. Dengan demikian, semua keuntungan bakal bisa diakomodasi,” kata Roberts dalam laporan IPPR.

Ia melanjutkan, perdana menteri baru harus memungkinkan perempuan bekerja untuk memimpin proses sehingga tidak dirugikan di tempat kerja. Ia juga perlu memastikan bahwa perempuan bisa mengakses pekerjaan baru yang baik pada masa depan.

{Baca juga: Para Pekerja di Jepang Tidak Takut Digantikan Robot}

Jika ternyata sebuah perusahaan gagal mencapai target 30 persen wanita menduduki kursi pimpinan pada 2020, maka undang-undang baru harus diperkenalkan untuk memaksa pembagian porsi 50:50 antara bos wanita dan pria pada 2025 mendatang. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

Tetris Effect Rilis 23 Juli 2019 untuk Semua Perangkat

Telko.id, Jakarta – Eksklusivitas PS4 dan PlayStation VR Tetris Effect akan segera berakhir. Tanggal rilis untuk judul ini telah dikonfirmasi untuk headset PC, HTC Vive dan Oculus Rift VR.

Game ini pertama kali dirilis untuk PS4 tahun lalu. Dianggap sebagai “versi akhir” dari game ini, Tetris Effect mampu menampilkan resolusi 4K atau lebih dengan frame rate yang tidak terbuka.

{Baca juga: Game Royale Battle Tetris Bakal Hadir di Ponsel}

Enhance Games dan The Tetris Company mengkonfirmasi hari ini bahwa Tetris Effect akan dirilis untuk PC, Oculus Rift, dan HTC Vive pada 23 Juli 2019 dan tersedia melalui Epic Games Store untuk PC Windows.

Versi PC dari game ini akan memiliki dukungan untuk monitor ultrawide serta menawarkan “permainan yang diperluas dan opsi grafis” yang mencakup volume dan ukuran partikel yang dapat disesuaikan serta penyaringan tekstur.

Menurut Ubergizmo, versi PC akan mendukung headset realitas virtual yang disebutkan di atas serta pengontrolnya masing-masing. Ini akan dirilis pada 23 Juli 2019 dan akan didistribusikan melalui Epic Games Store.

Beberapa waktu lalu, hanya beberapa minggu setelah ulang tahun ke-35, Tetris mendapatkan tampilan baru. Game royale battle Tetris akan hadir di ponsel.

N3TWORK dan The Tetris Company Inc. mengumumkan bahwa mereka telah bermitra untuk mengembangkan game Tetris yang dibuat untuk perangkat seluler di seluruh dunia.

Namun, game itu tidak akan tersedia di China. Yang jelas, game baru Tetris Royale akan menyertakan mode pertempuran ciri khas 100 pemain.

{Baca juga: Hore! Nintendo Hadirkan DLC Mode Offline untuk Tetris 99}

Pemain akan bersaing untuk mendapatkan tempat teratas di papan peringkat setiap musim. Kedengarannya memang sangat mirip dengan Tetris 99 untuk Switch. [BA/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Ubisoft Beberkan Judul-judul Game di Uplay+

Telko.id, Jakarta – Ubisoft akan meluncurkan layanan berlangganan game Uplay + pada akhir tahun ini untuk PC dan Google Stadia. Lebih dari 100 game akan dimasukkan dalam layanan tersebut.

Menurut laporan Ubergizmo, perusahaan sekarang telah memberikan informasi lebih lanjut tentang judul-judul game yang akan menjadi bagian dari layanan berlangganan ini.

{Baca juga: Hitman 2 Tambahkan New York City Jadi Lokasi Baru}

Beberapa game Ubisoft terbaik akan disertakan dengan berlangganan Uplay+, termasuk seluruh seri Assassin’s Creed, Far Cry, Prince of Persia, dan game Rayman.

Koleksi lengkap waralaba Tom Clancy juga akan hadir. Daftar lengkap tersedia di situs web Ubisoft. Yang jelas, berlangganan ini juga akan menawarkan beberapa rilis terbaru seperti Trials Rising.

Ada pula Tom Clancy’s The Division 2, dan Far Cry: New Dawn. Game yang ditawarkan sebagai bagian dari Uplay + akan menjadi edisi premium yang berarti akan memuat semua konten.

Harapannya, para pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik dengan permainan favorit mereka. Akses juga dijanjikan untuk game yang akan datang seperti Rainbox Six: Karantina.

{Baca juga: Ubisoft Rilis Game Baru Watch Dog 3? Ini Bocorannya

Mereka yang tertarik untuk berlangganan harus membayar USD14,99 per bulan ketika Uplay + diluncurkan untuk PC dan Stadia pada 3 September 2019. [BA/HBS]

Sumber: Ubergizmo

Tahun Depan, Mengetik di iPhone Cukup Lewat Pikiran

Telko.id, Jakarta – Neuralink, perusahaan komputer berbasis pikiran milik Elon Musk, bakal memungkinkan orang mengetik di iPhone hanya dengan memikirkan teks. Uji cobanya akan dilakukan berbarengan simulasi teknologi pembaca pikiran pada 2020 mendatang.

Dilansir The Next Web, dikutip Telko.id, Rabu (17/7/2019), dalam presentasi di Akademi Sains California, Amerika Serikat, Selasa (16/7/2019) waktu setempat, Musk menyatakan bahwa Neuralink juga punya rencana untuk menambah jumlah manusia dengan kecerdasan buatan.

{Baca juga: iPhone 2020 Dipastikan Punya Layar OLED Canggih}

Nantinya, perusahaan asal Amerika Serikat ini mengembangkan teknologi yang memungkinkan para pengguna mengetik di iPhone hanya lewat pikiran. Neuralink kini sedang mengembangkan prosesor berukuran sangat kecil yang akan menghubungkan otak seseorang dengan benang yang lebih tipis dibanding rambut.

Sensor Neuralink akan menempel di kepala manusia untuk menyampaikan informasi ke komputer mini yang terpasang di belakang daun telinga. Komputer itu disebut The Link. Menurut Presiden Neuralink, Max Hodak, seseorang butuh berlatih sebelum mengendalikan kursor.

Meski demikian, mereka tetap membutuhkan aplikasi pendukung di poinsel untuk menerima input informasi dari pikiran seseorang melalui The Link. Teknologi Neuralink bakal membantu para penyandang disabilitas fisik dalam mengetik pesan atau menulis menggunakan ponsel.

Pertengahan 2017 lalu, Musk kembali menyuntikan dana sebesar USD 27 juta atau sekitar Rp 360 miliar ke Neuralink. Dana tersebut bukan murni sepenuhnya datang dari kantong Musk. Sebagian dana berasal dari hasil penjualan saham perusahaan kepada 12 investor.

{Baca juga: Ini Dia Seri iPhone Paling “Berumur Panjang”}

Penjualan saham Neuralink dilakukan kali pertama pada 15 Agustus 2017. Proyek Neuralink dibentuk oleh Musk pada musim panas 2016. Tujuannya untuk mencari cara guna menghubungkan otak manusia ke mesin untuk menyimpan isi pengetahuan serta ingatan manusia. [SN/HBS]

Sumber: The Next Web

Resmi Diperkenalkan, Ini Harga Samsung Galaxy A80

0

Telko.id, Jakarta Samsung Galaxy A80 resmi dirilis di Indonesia. Mengusung kamera utama 48MP dan fitur kamera berputar, smartphone seri A ini dibandrol dengan harga Rp9.499.000 dan bisa dibeli dalam waktu dekat.

Menurut Head of Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, smartphone ini tersedia dalam 3 varian warna, yakni Phantom Black, Angel Gold dan Ghost White.

“Harganya Rp9.499.000 dan tersedia dalam 3 varian warna,” kata Denny dalam acara peluncuran di Jakarta, Selasa (17/07/2019).

{Baca juga: Usung Kamera Berputar, Samsung Galaxy A80 Resmi Dirilis}

Penjualan perdana Samsung Galaxy A80 akan diadakan pada tanggal 18 Juli hingga 21 Juli 2019 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta dan tanggal 25-28 Juli 2019 di Central Park Mall, Jakarta. “Silahkan datang dan dapatkan paket-paket menarik yang tersedia,” tutur Denny.

Samsung Galaxy A80 datang dengan membawa fitur rotating triple camera dan hadir untuk pengguna yang gemar melakukan interaksi secara live melalui sosial media.

Adapun resolusi kamera utama yang dibawanya adalah 48MP, lengkap dengan kamera ultra wide 8MP dan Sensor 3D Depth Camera, dengan model kamera berputar.

Denny menambahkan jika fitur kamera berputar ini adalah kali pertama hadir di seri A. Lewat fitur ini kualitas gambar atau video disebut-sebut bakal lebih bagus di segala sisi.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

“Ketika ambil foto depan dan belakang gak usah khawatir karena sama bagusnya,” kata Denny.

Ketiga kamera tersebut juga memiliki keunggulan masing-masing, misalnya 3D Depth Camera menawarkan fitur Live Focus Video sehingga konsumen bisa menambah efek bokeh ketika membuat video. Ada juga fitur Super Steady yang membantu pengguna untuk mengurangi guncangan pada saat merekam gambar. [NM/IF]

Usung Kamera Berputar, Samsung Galaxy A80 Resmi Dirilis

Telko.id, Jakarta Samsung Electronic Indonesia, resmi merilis Samsung Galaxy A80 ke tanah air. Dengan membawa fitur rotating triple camera, smartphone ini hadir untuk pengguna yang gemar melakukan interaksi secara live melalui sosial media.

Menurut Head of Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, Samsung Galaxy A80 memiliki kamera utama 48MP, ultra wide camera 8MP dan kamera Sensor 3D Depth Camera yang yang dibalut dengan rotating triple camera.

Denny menambahkan, fitur kamera berputar ini hadir pertama kalinya di seri A. Lewat fitur tersebut kualitas gambar atau video lebih bagus di segala sisi. “Ketika  ambil foto depan dan belakang gak usah khawatir karena sama bagusnya.” kata Denny di Jakarta, Rabu (17/07/2019).

{Baca juga: Samsung Juga Siapkan Ponsel Layar Tarik?}

Ketiga kamera tersebut juga memiliki keunggulan masing-masing, misalnya 3D Depth Camera menawarkan fitur Live Focus Video sehingga konsumen bisa menambah efek bokeh ketika membuat video. Ada juga fitur Super Steady yang membantu pengguna untuk mengurangi guncangan pada saat merekam gambar.

“Jadi ketika mengambil gambar atau video hasilnya tidak shaky atau goyah,” tambah Denny.

Samsung Galaxy A80 mengusung tampilan Infinity Display dengan layar berkualitas FHD+ Super Amoled 6,7 inci dan rasio layar 20 : 9. Dengan layar tersebut, smartphone ini memiliki kualitas visual yang lebih detail khususnya saat bermain game, streaming film ataupun menikmati konten visual lainnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Samsung Galaxy A80 dibekali chipset SoC Snapdragon 730G Mobile Platform dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Lengkap dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB, yang memungkinkannya menyimpan banyak foto dan video.

Perangkat ini juga memiliki baterai 3700 mAh dengan fitur Super Fast-Charging 25W sehingga bisa mengisi daya lebih cepat. “Performa smartphone ini lebih cepat karena karena didukung oleh chipset premium dan teknologi AI,” tutur Denny. [NM/IF]

Kontrak 5G Membuat Raport Ericsson Kuartal Kedua 2019 Cemerlang

0

Telko.id – 5G tidak lama lagi akan menjadi layanan komersial di beberapa negara. Ericsson cukup diuntungkan dengan kondisi pasar tersebut. Menurut Börje Ekholm, Presiden dan CEO Ericsson, performace kuartal kedua 20199 ini terjadi pertumbuhan penjualan organik sebesar 7%. Hal ini terutama didorong oleh penjualan di Amerika Utara dan Asia Timur Laut.

“Kami melihat momentum kuat dalam bisnis 5G kami dengan kontrak baru dan peluncuran komersial baru serta jaringan langsung. Hingga saat ini, kami telah menyediakan solusi untuk hampir dua pertiga dari semua jaringan 5G yang diluncurkan secara komersial,” ujar Ekholm dalam pernyataan tertulisnya.

Börje Ekholm, Presiden dan CEO Ericsson

Ekholm juga menambahkan, “Momentum 5G saat ini meningkat. Awalnya, 5G akan menjadi penambah kapasitas di wilayah metropolitan. Namun, seiring berjalannya waktu, inovasi baru yang menarik untuk 5G akan hadir dengan kasus penggunaan IoT, meningkatkan kecepatan, latensi, dan keamanan yang dapat disediakan oleh 5G. Ini memberikan peluang bagi pelanggan kami untuk memperoleh pendapatan baru karena memberikan manfaat tambahan bagi konsumen dan bisnis”.

Pada kuartal tersebut, marjin kotor tidak berubah YoY di 36,7%, dengan peningkatan dalam segmen Jaringan diimbangi dengan margin yang lebih rendah di Layanan Digital dan Layanan yang Dikelola.

Pada bisnis networks, pertumbuhan penjualan organik sebesar 11% YoY, didorong oleh investasi 4G dan 5G di Amerika Utara dan Asia Timur Laut serta peningkatan volume terkait dengan kontrak strategis. Sementara kontrak strategis akan menjadi margin accretive dalam jangka panjang, dampak pada profitabilitas jangka pendek adalah negatif.

Pada kuartal ini, Ericsson memiliki dampak negatif pada margin kotor dan mengharapkan dampak ini meningkat selama paruh kedua tahun ini. Selain itu, biaya yang terkait dengan perjanjian penyelesaian lisensi yang diumumkan sebelumnya berdampak negatif terhadap margin.

Meskipun demikian, marjin kotor meningkat menjadi 41,4% (40,2%) YoY terutama karena peningkatan pendapatan HKI. Untuk memastikan layanan Ericsson dapat memenuhi persyaratan pelanggan untuk pengiriman yang cepat dan gesit, maka perusahaan ini telah memutuskan untuk berinvestasi di lokasi produksi 5G yang canggih di AS untuk melengkapi rantai pasokan globalnya.

Dalam Layanan Digital, Ericsson terus melaksanakan rencana untuk mencapai margin satu digit rendah untuk tahun 2020. Peningkatannya tidak linier dan akan bervariasi antar kuartal. Penjualan organik di Layanan Digital turun sebesar -3% YoY sebagai akibat dari penurunan cepat dalam produk-produk warisan. Marjin kotor adalah 37,1% (42,6%).

Penurunan marjin kotor terutama didorong oleh perubahan gaya penjualan campuran. Hal ini bervariasi untuk setiap kuartalnya.

Untuk portofolio 5G dan Cloud, Ericsson cukup mendapat perhatian konsumennya. Itu sebabnya, mereka akan meningkatkan investasi litbang untuk memastikan kesiapan portofolio. Strategi BSS yang dibentuk kembali mendapatkan momentum dan kontrak ditandatangani dengan beberapa pelanggan baru pada kuartal tersebut. Pangsa bisnis berulang meningkat, Ericsson melacak memiliki 75% dari 45 kontrak kritis dan non-strategis yang ditangani pada akhir tahun dan kami memiliki program efisiensi biaya di seluruh Layanan Digital.

Dalam Managed Services, strateginya adalah untuk meningkatkan penawaran pelanggan dengan lebih mengandalkan otomatisasi, pembelajaran mesin dan AI, yang akan mengubah jangka panjang dan meningkatkan profil margin bisnis.

Margin jangka pendek dipengaruhi secara negatif oleh peningkatan investasi litbang. Penjualan organik [1] turun sebesar -6%, terutama dijelaskan oleh efek negatif dari ulasan kontrak pelanggan. Marjin kotor [2] turun menjadi 12,3% (14,0%) YoY, dipengaruhi secara negatif oleh waktu biaya.

Pertumbuhan penjualan organik di Emerging Business and Other adalah 24% didorong oleh pertumbuhan ikonectiv yang berkelanjutan. Pendapatan operasional meningkat YoY ke SEK -0,7 (-1.2) b. didukung oleh peningkatan laba di iconectiv dan divestasi MediaKind.

Di segmen ini Ericsson akan berinvestasi dalam inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan dan membantu menciptakan bisnis masa depannya. Kecuali iconectiv, portofolio ini masih dalam fase investasi awal.

Ericsson pun akan terus agresif untuk mendapatkan kontrak strategis dan penyebaran jaringan skala besar yang diperkirakan akan dimulai di beberapa bagian Asia. Secara bertahap, Ericsson menyakini  akan berdampak negatif terhadap margin dalam jangka pendek tetapi memperkuat posisinya dalam jangka panjang. Investasi teknologi dan pasar yang berkelanjutan, terutama dalam 5G, otomatisasi dan AI, merupakan hal mendasar untuk daya saing jangka panjang dan bagian penting dari strategi fokus kami untuk memperkuat bisnis jangka panjang kami dan jalur untuk mencapai target kami untuk tahun 2020 dan 2022. (Icha)

OJK Akui Sulit berantas Fintech Ilegal Di Indonesia

0

Telko.id – Tidak dapat dipungkiri, dengan kehadiran teknologi digital, industri keuangan pun bergeser menjadi industri finansial technologi yang dikenal dengan Fintech. Namun, untuk pengawasan dan pemberantasan Fintech ilegal sangat sulit dilakukan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa keuangan (OJK), Wimboh Santoso. “”Kalau ada yang nakal kami tutup, sudah ada 900 (yang ditutup). Tapi ditutup sore, pagi sudah  buka lagi,” kata Wimboh dalam seminar Mencari Format Fintech Yang Ramah Konsumen, Selasa (16/07/2019).

Padahal, saat ini OJK fokus dalam upaya perlindungan konsumen dan pemberantasan fintech ilegal dengan mengadopsi sistem pengawasan berbasis market conduct bagi industri P2P Lending.

Salah satu yang dilakukan adalah OJK mewajibkan perusahaan P2P Lending untuk menjadi anggota asosiasi yang sudah memiliki code of conduct untuk dipatuhi, seperti tingkat maksimum suku bunga yang diizinkan hingga bagaimana melakukan penagihan dengan benar.

Selain menegakkan market conduct, OJK juga melakukan tindakan preventif dan represif untuk memberikan perlindungan bagi pengguna fintech P2P Lending. Setidaknya, sampai saat ini, Wimboh menyatakan sudah menindak tegas 1.087 penyelenggara P2P Lending illegal dengan menghentikan kegiatan usaha mereka.

Total akumulasi pinjaman yang telah disalurkan mencapai Rp41,04 triliun atau naik 81,06% (ytd). Sementara itu, nilai outstanding pinjaman naik 64,93% (ytd) menjadi Rp8,32 triliun.

Angka tersebut dikontribusi dari jumlah penerima pinjaman yang naik 100,72% (ytd) sehingga jumlah penerima pinjaman per Mei 2019 mencapai 8,75 juta.

Perkembangan fintech, terutama Peer to Peer (P2P) Lending menurutnya tidak menyalahi aturan, tetapi harus ada etika yang diterapkan. Wimboh menegaskan jika pemerintah melarang perkembangan fintech, maka perkembangannya semakin tidak terkendali.

“Kalau kita larang, dia bisa sembunyi dimana saja. Fintech provider bisa dari luar negeri, mata uangnya juga bisa apa saja. Makanya perkembangan teknologi ini harus bisa dimanfaatkan,” katanya.

Untuk memitigasi risiko, OJK mengeluarkan ketentuan POJK 13/2018 yang mengharuskan fintech harus transparan dan terdaftar.

Produk dari fintech pun diharusnya bersifat continue sehingga tidak ada hit and run, dan perusahaannya harus berkembang untuk jangka panjang. Selain itu, fintech juga tidak boleh abusif terhadap konsumen dari bunga pinjaman hingga cara penagihan.

“Semua harus fair, pricing tidak boleh seperti rentenir, ini semua sudah ada di POJK kita,” tutup Wimboh. (Icha)

GO-FOOD Dukung Upaya Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Telko.id – Go-Food kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memenuhi keinginan makan sesuai selera tanpa harus keluar rumah. Setidaknya ada 400 ribu merchant di seluruh wilayah operasionalnya. Dengan jaringan yang semakin luas, GO-FOOD berkomitmen untuk terus memperluas dampak sosial salah satunya dengan mendukung upaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. GO-FOOD mendorong inisiatif yang secara aktif dapat dilakukan oleh seluruh ekosistemnya secara berkelanjutan.

Menurut data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan jumlah timbunan sampah secara nasional sebesar 175.000 ton per hari jika menggunakan asumsi sampah yang dihasilkan setiap orang per hari sebesar 0,7 kg. Dari sampah tersebut, 15% diantaranya berasal dari plastik sekali pakai yang berasal dari kemasan makanan dan minuman, kemasan consumer goods, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya.

Jadi, sangat penting bagi masyarakat untuk bisa mengendalikan penggunaan plastik yang berlebihan.

“Melalui inovasi terbaru GO-FOOD, kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama turut menyelamatkan lingkungan karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” ungkap Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer GOJEK Group.

Dua inisiatif utama yang dilakukan GO-FOOD meliputi adalah memilih untuk memesan alat makan sekali pakai dalam aplikasi.

Kedua, kini, dengan memanfaatkan teknologi di platform GO-FOOD, pelanggan bisa memilih alat makan secara opsional di daftar pilihan menu dengan biaya tambahan mulai dari Rp 1.000.

Ini merupakan cara GO-FOOD mengajak masyarakat sebagai pelanggan setia GO-FOOD dan mitra merchant untuk mulai sadar lingkungan dari hal kecil yang dekat dengan perilaku konsumsi sehari-hari. Untuk mengetahui mitra merchant yang bergabung dalam program ini, pelanggan dapat melihat daftarnya di halaman aplikasi GO-FOOD. Saat ini, sudah ada lebih dari 750 outlet yang bergabung dalam inisiatif ini di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Delivery Bag Untuk Pengemudi GOJEK

Dari sisi driver, GO-FOOD juga akan menyediakan tas pengantaran makanan khusus yang desainnya lebih disempurnakan dari tas yang kami berikan ke driver sejak tahun lalu. Tas pengantaran makanan terbaru ini didesain dengan pengaturan kompartemen lebih baik agar bisa digunakan untuk menyimpan dan membawa makanan dengan aman, praktis, dan nyaman, serta membuat para driver untuk tidak perlu menggunakan kantong plastik ketika mengantarkan makanan.

Dua inisiatif di atas merupakan solusi yang direncanakan akan lebih berkesinambungan karena secara nyata langsung  bisa dilakukan oleh merchant, driver, dan pelanggan sebagai pengambil keputusan dalam setiap transaksi GO-FOOD.

Sebelumnya, GOJEK secara aktif telah mendukung upaya pemerintah di berbagai daerah untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Di Bali, GOJEK bersama Pemerintah Kota Denpasar telah menginisiasi program pelatihan khusus yang melibatkan ratusan mitra merchant dengan menggandeng pemerintah dan organisasi peduli lingkungan lokal untuk membantu menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengurangi risiko penggunaan plastik sekali pakai yang berlebihan.

Inisiatif serupa juga telah dilakukan di Bandung. Melalui penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) bersama jajaran pemerintah kota untuk mendukung keberhasilan Program Bandung Smart City, GOJEK membagikan 10.000 tote bag kepada mitra driver sehingga mereka bisa secara langsung mengurangi penggunaan kantong plastik untuk mengambil dan mengantar orderan sehari-hari.

Untuk memberikan dampak yang signifikan, GO-FOOD tidak bisa berjalan sendiri. Karenanya, GO-FOOD sebagai pelopor upaya pelestarian lingkungan di industri layanan pesan-antar makanan menggandeng lembaga dan organisasi kredibel, diantaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta World-Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia, organisasi konservasi lingkungan independen terbesar di Indonesia.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati menyatakan, “Pemerintah telah mempunyai kebijakan pengelolaan sampah secara nasional dan mengakselerasi penerapannya untuk memastikan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan di daerah”.

Menurut Rosa, setidaknya ada 14 kota dan 1 provinsi (Bali) yang telah melarang penggunaan plastik sekali pakai. Oleh karena itu, KLHK mengapresiasi GO-FOOD sebagai aplikasi layanan pesan-antar makanan pertama di Indonesia yang mendukung upaya pemerintah untuk pengurangan sampah plastik dengan memberikan pilihan kepada konsumen GO-FOOD untuk tidak menggunakan alat makan sekali pakai.

Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik dan pihaknya sangat berharap semua pihak, produsen maupun konsumen dapat mengikuti jejak GOJEK untuk menjadi agen perubahan untuk hal ini.

“KLHK juga berkolaborasi dengan GOJEK untuk mendorong penggunaan delivery bag untuk pengemudi dalam layanan GO-FOOD. KLHK membantu melakukan komunikasi, informasi dan edukasi kepada para produsen penyedia makanan untuk tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai dan menggunakan delivery bag dalam pengiriman makanan pesanan konsumennya, sebagai upaya mendorong pihak terkait untuk mendukung kebijakan pengurangan sampah plastik,” lanjut Vivien.

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Kelautan dan Perikanan WWF-Indonesia, Imam Musthofa yang menyambut ajakan kolaborasi dari GO-FOOD.

“WWF-Indonesia mengapresiasi GOJEK yang terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan namun juga memastikan menjalankan praktik bisnis yang ramah lingkungan. Kami menilai langkah yang diambil GOJEK melalui layanan GO-FOOD dengan dua ‘fitur’ barunya yaitu memberikan pilihan untuk tidak memesan alat makan sekali pakai di dalam aplikasi dan pengadaan delivery bag untuk pengemudi GOJEK merupakan langkah tanggap dalam upaya mengurangi sampah plastik sekali pakai”,ujar Imam.

Sebagai dukungan terhadap GOJEK, WWF-Indonesia mengambil peran sebagai mitra pengetahuan (knowledge partner) dengan menyediakan sarana edukasi kepada merchant, driver, dan user untuk membangun kesadaran, perubahan perilaku, dan pada akhirnya membentuk kebiasaan peduli lingkungan dengan tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai.

Menurut hasil riset dari Alvara Research Centre yang berjudul “Perilaku dan Preferensi Konsumen Milenial Indonesia terhadap Aplikasi E-Commerce 2019” GO-FOOD mendominasi pasar pesan-antar makanan karena jauh lebih banyak digunakan oleh konsumen atau 71,7% dibanding kompetitor. Mayoritas milenial memilih GO-FOOD karena aspek kualitas layanan yang baik. Oleh karena itu, partisipasi merchant untuk membuat layanannya lebih bertanggung jawab secara lingkungan akan membuat pilihan kuliner mereka lebih diminati oleh pelanggan yang sudah sadar atas isu lingkungan ini.

GO-FOOD berkomitmen untuk selalu menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kuliner yang praktis dan nyaman lewat inisiatif dan inovasi teknologi.

“Kedepannya, kami sedang merancang lebih banyak inisiatif dan inovasi yang bisa mendorong masyarakat untuk peduli lingkungan melalui program edukasi bersama KLHK, WWF, dan partner lainnya. Pada dasarnya, kami juga terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak agar lebih banyak lagi masyarakat yang bisa turut berpartisipasi dan merasakan dampak positif yang dihadirkan ekosistem GOJEK melalui teknologi,” tutup Catherine. (Icha)